Ayu Galuh Anggraini

10 Café Unik di Seoul, Korea

In Seoul - Korea on November 27, 2013 at 2:14 pm

Ketika pertama kali berkunjung ke Seoul, saya melihat dimana-mana ada café. Saya asumsikan orang Korea suka minum kopi. Berdasarkan rekomendasi seorang teman di Korea, saya harus mencoba minum Ice Americano. Buat saya yang lidahnya Indonesia banget, minum kopi hitam dengan es itu diluar kebiasaan, pasti bikin perut sebah. Tetapi ternyata setelah dicoba, enak!!

Café-café yang menjamur di setiap ruas jalan di Korea menunjukkan bahwa café sudah menjadi bagian hidup masyarakat Korea. Sesuai dengan tulisan saya sebelumnya tentang “15 hal yang harus dicoba saat traveling ke Korea”, kali ini saya akan membahas tentang aneka macam café unik yang bisa kamu coba disana. Let’s go!

1. HELLO KITTY CAFE (헬로키티 카페)

Ini menurut saya adalah cafe yang paling sering dijadikan tujuan wisata ketika seseorang berkunjung ke Korea. Disini kamu bisa minum kopi atau latte di ruangan yang didekorasi penuh dengan pernak-pernik Hello Kitty (HK) dan semua serba pink tentunya. Mulai dari waffle berbentuk HK, tiramissu, kursi, meja, hiasan dinding, hingga taburan cokelat di atas minuman yang kamu pesan, semua Hello Kitty. Menurut saya, HK cafe yang ada di Hongdae yang paling terkenal ya. Untuk menunju ke sini kamu hanya perlu menumpang kereta Seoul Subway Line 2 (hijau) stop di Hongik Universiy station keluar melalui exit 9. Selanjutnya bisa ikuti peta dibawah ini:

HK cafe mapLokasi HK cafe ini tidak hanya di Hongdae loh, tetapi ada banyak yaitu di daerah shinchon, Incheon Airport (dekat departure gate 24) dan di Samcheondong.

2. CAT CAFE

Ya! Kamu benar, ini adalah cafe kucing. Pasti pecinta kucing seperti saya akan suka berada disini. Ada banyak cafe kucing di Korea, mulai dari daerah Hongdae, Myeongdong, bahkan Gangnam. Biasanya kalau di daerah itu ada cafe kucing maka ada orang berkostum garfield yang joget-joget untuk menarik perhatian pengunjung.

Syarat untuk bisa bercengkrama dengan kucing-kucing lucu disini adalah kamu harus membeli minuman yang mereka jual. Memang harganya sedikit lebih mahal dari minuman yang dijual di cafe biasa (sekitar 7.000 won). Ada beberapa aturan yang ditetapkan oleh pengelola cafe untuk menjaga supaya kucing-kucing tersebut tidak stress seperti tidak boleh mengangkat kucing, tidak boleh memberi mainan selain mainan yang disediakan disana, dan lain sebagainya. Tapi melihat kucing-kucing gemuk yang sedang tidur aja sih saya sudah senang ^_^

catcafe

3. HANBOK CAFE

Sebenarnya ini bukan murni cafe, tetapi juga studio foto. Terletak di Insadong, tidak jauh dari Tapgol Park, ada studio foto bernama Goguan. Disini kamu bisa memakai aneka macam hanbok dan bergaya ala bangsawan Korea. Istimewanya disini adalah selain tersedia aneka macam hanbok untuk dewasa dan anak-anak, aksesoris pelengkap-nya pun tersedia sesuai dengan kostum yang kita pilih. Paket stardart-nya adalah 20.000 won untuk kostum dan foto sepuasnya dengan kamera kamu sendiri. Jika kamu membayar lebih, kamu bisa dirias dan ditata rambutnya sesuai dengan hanbok yang kamu gunakan dan difoto dengan fotografer profesional.

Saya pribadi suka sekali melihat setting ruangan yang bisa kita gunakan untuk berfoto. Cantik sekali. Cafe-nya menyediakan 8 macam teh yang bisa anda coba. Selain itu ada ruang kaligrafi dimana kita bisa menulis nama kita dengan huruf hangul di kertas tradisional Korea. Untuk info lengkapnya bisa mengunjungi laman goguan studio yang bisa diakses dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Cina dan Melayu.

goguan maphanbok cafe4. PALACE CAFE

Cafe ini bernama asli 공주가 사는 궁전같은 카페, yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia versi saya adalah cafe yang seperti istana tempat tinggal puteri. Memang interiornya seperti di dalam istana, lebih tepatnya istana kerajaan di Eropa. Mewah, kuno tapi nyaman. Foto-foto terkait cafe ini bisa dilihat di blog ini tetapi dalam bahasa Korea. Kapan lagi yah minum kopi atau teh ala puteri raja? hehehe… Nah, bagi yang berminat kesini, cafe ini terletak di wilayah Hongdae. Untuk mempermudah sila lihat peta berikut.

palace cafepalace cafe hongdae5. MUSTOY CAFE (무스토이)

Ini bukan sekedar cafe biasa, tetapi juga menjadi tempat untuk mengasah kreatifitas kamu. Cafe yang (juga) berada di wilayah Hongdae ini menawarkan konsep yang lain daripada yang lain. Hasil browsing saya di website-nya membuat cafe ini menjadi salah satu cafe yang wajib saya kunjungi. Di cafe ini kamu bisa melukis di boneka keramik (namanya mustoy) yang didesain khusus dan bentuknya lucu. Lukisannya seperti apa ya suka-suka kamu. Seru kan? Simak deh gambar berikut yang saya ambil dari website mustoy. Pengen kan? Sama deh kita.. ^_^

mustoy6. DOG CAFE

Tidak mau kalah dengan kucing, anjing juga ada cafe-nya loh. Disini kamu bisa menikmati bermain dengan anjing-anjing yang lucu sekaligus relaksasi. Cafe ini ramai pengunjung setiap hari-nya. karena sepertinya tempat ini cocok untuk penyayang anjing dan juga orang yang ingin punya anjing tetapi terhalang banyak hal. Ada banyak cafe anjing di Korea, namun yang paling terkenal adalah Bau House Dog Cafe yang (lagi-lagi) terletak di area Hongik University alias Hongdae. Jangan lupa belikan snack juga untuk anjing-nya yah. Peta untuk ke Bau House Dog Cafe bisa klik disini.

dog cafe7. SHEEP CAFE

Pasti kalian akan mengernyitkan dahi atau malah langsung browsing karena penasaran seperti apa sih cafe yang ada domba di dalam ruangannya? Let me tell you, those sheeps are cute! Really-really cute!! Saking lucunya habis nulis ini saya kepikiran untuk memelihara domba. Di Hongdae, cafe domba ini bernama “Thanks Nature Cafe” (양카페). Domba-domba ini bisa kamu beri makan dan bebas diambil fotonya. Lokasi cafe-nya tidak jauh dari exit 9 Hongik University Subway Station dan juga konon makanan dan minuman disini enak-enak karena menggunakan bahan-bahan berkualitas. Hmmm… saya harus coba juga nih.

thanks nature cafe

thanks nature cafe's sheep

8. PRINCESS DIARY CAFE

Nama cafe-nya mirip dengan judul film yah? Disini kamu bisa minum cafe sambil mencoba aneka macam gaun, mulai dari gaun pengantin dengan aneka macam model hingga hanbok yang mewah. Biaya yang akan kamu keluarkan akan disesuaikan dengan jenis gaun yang kamu pilih, kisaran harganya sekitar 15.000 – 40.000 won. Tetapi kalau kamu hanya mau minum dan foto-foto disana kemungkinan hanya menghabiskan sekitar 12.000 won. Lokasi cafe ini dekat dengan Ehwa Women University Station. Mudah kok mencarinya, tinggal ikuti map yang saya sediakan disini yah.

princess diary cafe 1Princess Diary Cafe

9. SAJU CAFE

Saju adalah ilmu meramal Korea yang menurut beberapa orang hasilnya sangat akurat.  Untuk mendapatkan hasil yang akurat, biasanya para peramal membutuhkan tanggal dan waktu kelahiran (hingga ke menit-menitnya kalo bisa). Biasanya di awal, kamu akan dilihat sifat dan sejarah hidupmu, kemudian baru ke hal-hal seperti kapan diterima kerja, kapan menikah dan kapan punya anak.

Untuk menggunakan jasa para peramal di saju cafe biasanya biaya yang akan kamu keluarkan sekitar 20.000 hingga 40.000 won. Tergantung dari tipe ramalan yang kamu mau dan biasanya lamanya sekitar 1 jam per sesinya. Lebih baik lagi kalau kamu membawa teman yang bisa bahasa Korea, tentunya akan lebih oke lagi penjelasannya. Ada 3 saju cafe di Seoul yang alamatnya sebagai berikut:

  • Sharp Saju Cafe > 25-2 Chungmuro 1(il)-ga, Jung-gu, Seoul, South Korea
  • Sotdae Saju Café, 2/F Hanyang Sangga, 660-8, Sinsa-dong, Gangnam-gu (강남구 신사동 660-8 한양상가 2층); +82 2 514 7179, 11 a.m.-2 a.m
  • Saju Café Eros offers Japanese and English readings. 56-77, Daehyeong-dong, Seodaemun-gu (서대문구 대형동 56-77); +82 2 363 1810, ₩3,000-₩10,000 won, 11 a.m.-11 p.m.

saju cafe

10. I’M CAMPER CAFE

Ini sebenarnya bukan cafe tetapi lebih mirip ke resto. Uniknya adalah kita bisa makan dengan suasana ala perkemahan. Ada banyak tenda di dalam ruangan, kemudian perlengkapan-perlengkapan perkemahan lainnya. Menu makanan yang ditawarkan pun lebih banyak yang dimasak dengan cara dipanggang. Memang makanan yang dimasak kalau kita sedang berkemah. Untuk menuju kesini gunakan Seoul Subway Line 6 (cokelat) dan berhenti di Sangsu Station exit 3 atau 4.

camping cafe tentcamping cafe

Masih banyak lagi cafe-cafe unik yang bertebaran di Seoul. Well I think Seoul is the most attractive city in the world and know how to entertaint all of us.

Happy traveling!

  1. ajaib. itu cafe yang isinya hewan apa gak pada bau ya?

  2. […] Misalnya ke Lotte world theme park, bersantai di jimjilbang dan aneka bang lainnya, atau juga ke cafe-cafe unik yang bertebaran di […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: