Ayu Galuh Anggraini

15 hal yang harus dicoba saat traveling ke Korea

In Jalan-jalan, My Tips, Seoul - Korea on October 21, 2013 at 7:07 pm

Kadang saya mendapatkan pertanyaan dari traveler yang ingin ke Korea tetapi tidak tahu disana harus kemana dan ngapain aja. Biar ada sedikit gambaran, saya akan share beberapa hal yang bisa kamu coba dan bahkan saya boleh bilang harus dicoba kalau kamu traveling ke Korea.

1. Berfoto dengan Hanbok

hanbokHanbok adalah baju tradisional Korea dimana bentuknya simple namun anggun kalau dipakai. Khususnya hanbok untuk perempuan dengan warna-warna cerah yang cantik. Ada banyak tempat menawarkan Hanbok experience dimana kita bisa berfoto dengan menggunakan aneka pakaian tradisional Korea tersebut. Harganya pun bervariasi. Kalau kamu adalah budget traveler, jangan sedih, ada kok tempat dimana kamu bisa hanbok experience dengan gratis.

  • Seoul Global Culture & Tourism Center. Lokasinya di lantai 5 M Plaza Myeongdong. Detailnya bisa lihat disini dan untuk yang bingung ke M Plaza, peta-nya bisa disimak disini
  • Kantor Pusat KTO di Seoul. Detail lokasi dan event-nya bisa disimak disini

2. Mencoba street snack

Ini yang selalu saya rekomendasikan kepada semua traveler yang tanya kepada saya tentang Korea. Street snack di Korea juara enaknya. Harganya pun tidak mahal. Malahan menurut saya, daripada makan makanan di resto, mending jajan makanan di Pojangmacha asal harus pilih yang lingkungannya bersih. Biasanya pojangmacha yang ramai itulah yang paling enak makanannya. Tinggal sabar saja antrinya. Makanan favorit saya adalah odeng (yang berbahan ikan), heottok (pancake korea yang isinya gula merah + bubuk kayu manis), gyeranbang (kue telur) dan dakkochi (sate ayam ala Korea). Gak puas kalo makan cuma satu, pasti pengen nambah deh. Trust me!

3. Go hiking!

Namsan walking trail's viewIngin liburanmu berbeda dari yang lain? Take my advice. Daripada ke Namsan Tower naik bus atau cable car, coba deh jalan kaki menyusuri Namsan walking trails. Pemandangan indah sepanjang jalan akan membuat perjalananmu tidak terasa membosankan. View-nya indah banget di segala musim. Serasa sudah jadi warga Seoul loh kalau kamu jalan kaki disini. Saya sudah mencobanya dan ingin mencoba lagi di lain musim. Sepertinya musim gugur atau musim semi adalah waktu yang pas. Setuju gak?

4. Bersantai di Cheonggyecheon stream

Nah, yang ini saya terinspirasi dari foto-foto Summer di Seoul. Duduk-duduk di sepanjang Sungai Cheongyecheon sambil baca buku, dengerin musik, leyeh-leyeh atau ngobrol bareng temen sepertinya menyenangkan. Kaki kita bisa dicelupkan ke air. Refreshing banget kan? Sayangnya saya ke Seoul waktu winter dan gak mungkin celupin kaki ke air, bisa-bisa beku kakinya. hehehee… Tapi kalau ada kesempatan lagi kesana, saya harus coba! Harus!!!! *gak sante*

5. Melihat rainbow fountain di Banpo Bridge

Nah, yang satu ini ada waktu khususnya loh. Jadi kalau kalian ingin melihat pertunjukan yang indah ini ala Jandi dan Ji hoo di drama Korea Boys Before Flowers, kamu harus berkunjung antara bulan April hingga Oktober. Itu juga ada jam-jam khususnya. Info lengkapnya bisa disimak disini yah. Untuk pecinta fotografi, saya sarankan untuk mengambil foto pertunjukan paling malam alias jam 9 malam, karena langitnya sudah gelap jadi warna pelangi-nya bisa lebih terlihat.

6. Menginap di Hanok

Hanok adalah rumah tradisional Korea yang jumlahnya tidak banyak. Nah, saat ini banyak Hanok bisa kita sewa untuk tempat menginap selama kita di Korea. Namun karena langka, harga yang dipatok pun agak mahal untuk budget traveler. Tetapi tidak ada salahnya dicoba karena kapan lagi kita bisa merasakan tinggal di rumah tradisional Korea. Harga per malam menginap di Hanok sekitar 50.000-600.000 won. Tidak hanya menginap saja, tetapi ada program-program khusus yang ditawarkan oleh pengelola Hanok untuk para tamu-nya. Nah ini yang merupakan salah satu nilai plus tinggal di penginapan ini. Korea Tourism Organization memberikan beberapa rekomendasi penginapa hanok yang bisa kita pilih. Selengkapnya bisa disimak disini atau disini.

7. Menginap di Jimjilbang

Jimjilbang adalah tempat pemandian umum di Korea dan juga spa. Tempat ini ada hampir di semua drama Korea. Sempatkan mampir kesini dan pakai handuk di kepala yang dibentuk ala rambut princess leia di star wars lalu makan telur rebus sambil selonjoran atau tidur-tiduran rame-rame bareng teman. Nah, yang ini lagi-lagi saya belum coba. hi hi

8. Pasang gembok cinta di N-Seoul Tower

Namsan's Love LockIni saya rekomendasikan untuk yang pergi kesana bareng pasangan ya. Buat yang jomblo jangan iri dan dengki. Jadi bawa gembok sendiri atau beli di toko di Namsan Tower (lucu-lucu loh kalau beli disana) lalu tulis namamu dan pasanganmu dan pasang gembokmu dengan ribuan gembok cinta yang sudah terpasang lebih dahulu disana. Tradisi ini konon supaya cintamu abadi seperti gembok yang terkunci (kecuali berkarat ya). Saran saya sih jangan buang kunci-nya yah, selain untuk menjaga lingkungan, kali aja kamu pengen copot lagi gemboknya karena sesuatu hal (ehm). >_<

9. Berkenalan dengan orang Korea

Berinteraksi dengan warga lokal adalah salah satu hal yang saya lakukan setiap traveling. Begitu pula saat saya ke Seoul. Mereka ramah-ramah loh asal kita tau bagaimana cara bersikap. Kalau tidak tahu bahasa yang digunakan untuk orang yang lebih tua sebaiknya bilang kalau tidak bisa bahasa Korea. Salah berucap nanti malah bikin tersinggung. Jadilah apa adanya, pelajari kata sapaan standar seperti “halo”, “selamat pagi”, “selamat malam”, “terima kasih” dalam bahasa Korea. Kalau kamu beruntung, kamu bisa dapat guide gratis dan juga dapat info destinasi wisata yang hanya warga lokal yang tahu.

10. Berkunjung ke cafe-cafe unik

Sebut saja Hello Kitty cafe, cats cafe, dog cafe, coffee prince cafe, shoes cafe, costume cafe (yang ini kamu bisa pakai kostum khusus yang disediakan untuk pengunjung). Biasanya cafe-cafe dengan tema-tema unik ini terletak di wilayah Hongdae atau Gangnam.

11. Menyeberang ke Nami Island dengan Zip wire

Nah yang ini khusus untuk adrenaline junkie seperti saya dan tidak disarankan untuk yang phobia ketinggian karena kamu akan menyeberang via seutas kabel dari ketinggian 80 meter. Lupakan ke Nami naik ferry seperti traveler lainnya. Siapkan budget sekitar 38.000 won dan kamu bisa menggunakan fasilitas ini. Tertarik mencobanya? Baca ulasannya disini yah.

12. Bersepeda menyusuri Hangang Park

bicycle-date

Lagi-lagi saya terinspirasi drama Korea dalam membuat tulisan ini. Seperti adegan dalam “A Gentleman’s Dignity”, kamu bisa menyewa sepeda seharga 3.000 won (one person bike) dan 6.000 won (two person bike) per jam. Kalau dari hasil browsing view yang oke adalah waktu musim semi saat bunga pohon cherry sedang mekar. Rekomendasi jalur sepeda dari KTO bisa kita lihat disini.

13. Ikut kursus membuat Kimchi

Traveling sambil belajar. Nah, ini salah satu kursus memasak singkat yang bisa kamu ikuti di Korea. Jadi begitu pulang ke tanah air, ada satu keahlian baru yang dibawa. Bisa dibuat bisnis juga kan? Kamu  bisa datang ke Seoul Kimchi Academy. Untuk 5 jam kursus biayanya adalah 30.000 won, atau 45.000 won untuk Kimchi + tteokbokki. Detailnya bisa disimak disini. Bisa juga ke Chongga Kimchi World (종가집 김치월드) sesuai rekomendasi KTO.

14. Berfoto di KPop artist’s management.

Buat penggemar KPop. Rugi ke Korea kalo ngga foto di kantor management artist seperti S.M. Entertainment, JYP, YG Entertainment. Banyak kok panduan menuju kesana, saya yakin masing-masing fanbase sudah punya peta-nya. Semua terletak di wilayah Gangnam-gu.

15. Belanja sampai pagi.

Korea itu seperti Mecca for shopaholic, khususnya Seoul. Seperti iklan Psy Wiki Korea, kita bisa saja belanja celana jeans jam 2 pagi. Tinggal siapkan stamina dan isi dompet tentunya. Oleh sebab itu, saya sarankan kalau ke Korea lebih baik packing light. Bawa baju seperlunya saja karena saya yakin kamu akan belanja disana. Saya yang gak terlalu doyan belanja alias super tahan godaan aja tetep luluh lantak melihat barang-barang yang super duper cute disana. Kalau ngga inget budget bakal belanja habis-habisan disana.

Semoga bisa menginspirasi ya, untuk traveler yang ingin ataupun akan ke Korea dan Seoul khususnya. Remember, travel with your own style.

Happy traveling!

  1. […] café sudah menjadi bagian hidup masyarakat Korea. Sesuai dengan tulisan saya sebelumnya tentang “15 hal yang harus dicoba saat traveling ke Korea”, kali ini saya akan membahas tentang aneka macam café unik yang bisa kamu coba disana. Let’s […]

  2. 1 won berapa rupiah Yu?

  3. […] teman saya yang sangat kritis yaitu Ailsa, yang membaca tulisan saya sebelumnya tentang “15 hal yang harus dicoba saat traveling ke Korea“. Salah satu poin di tulisan itu adalah tentang menginap di Hanok. Sebagai salah seorang […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: