Ayu Galuh Anggraini

Tips: traveling saat musim dingin ke Korea

In My Tips, Seoul - Korea, WOW Korea Supporter Indonesia on December 16, 2013 at 3:05 pm

Ini sebenarnya tips yang umum bagi kita yang orang dari negara api (baca: tropis) jika berkunjung ke negara dengan 4 musim contohnya Korea. Pertama kali traveling saat musim dingin, saya masuk angin, mimisan, dan juga sempat demam tinggi karena badan kita yang biasa kena sinar matahari tidak biasa dengan serangan hawa super dingin. Belum lagi jika suhunya minus-nya dibawah 10 dan turun salju.

Traveling saat musim dingin itu memang menarik, karena di Indonesia tidak ada salju kecuali kalian mendaki gunung Jayawijaya di Papua sana. Kita juga bisa maen ski, ice skating, timpuk-timpukan bola salju, atau perosotan pake toboggan. Buat kita yang narsis, kapan lagi bisa foto unyu pake syal dan winter coat yang lucu dengan background salju dimana-mana kalo ngga waktu musim dingin. hehe…

Musim dingin di Korea berbeda dengan musim dingin di Hongkong atau Macau (buat yang sering ke sana), ataupun Taiwan. Angin dingin di Korea sangat kuat, dan lebih dingin daripada di Jepang (walaupun dua negara ini bertetangga). Menurut artikel yang saya baca, angin dingin itu berasal dari Siberia, sehingga musim dingin di Korea bisa menjadi sangat ekstrim. Semakin ke utara, suhu-nya akan semakin dingin loh. Ini tantangan buat kita yang berdarah panas ini. Nah, agar kita bisa bertahan hidup di Korea sewaktu musim dingin, berikut ini saya bagikan tips yang mungkin berguna untuk traveler semua.

1. Pemanas ruangan

Pilihlah penginapan yang memiliki fasilitas pemanas ruangan baik itu yang berbentuk mirip air conditioner (AC) atau kipas angin berpemanas. Lebih baik lagi jika menginap di penginapan yang memiliki sistem ondol. Apalagi kalo menginap di Hanok, lebih keren lagi. Selain lebih hangat dan juga menginap di hanok itu bikin lebih sehat. Memang biasanya yang bersistem ondol akan lebih mahal karena bayar listriknya pun mahal (ondol modern). Kalian harus merasakan dinginnya lantai kamar kalo winter, kayak ada ribuan jarum yang siap kamu injek. Brrrr….

source

Kamar dengan sistem ondol
source

2. Beli hot packs/ 핫팩

Bentuknya sekilas mirip koyo, tapi seperti ada butiran-butiran di dalamnya. Jadi tinggal di goyang-goyang lalu siap dipake. Panas yang dikeluarkan oleh si hot pack itu bertahan sekitar 3-4 jam saja. Lumayan untuk menghangatkan badan ya. Ada juga penghangat tangan elektronik yang bisa dibeli dengan harga 40.000 won

hand warmer

Electronic hand warmer
source

3. Gunakan baju dan jaket khusus winter.

Jangan coba-coba deh pake baju seadanya dan jaket tipis kalo kamu gak mau liburan di RS gara-gara kena hypothermia atau kamu bakal dikira orang sakti atau juga malah orang yang gangguan kejiwaan gara-gara keliaran di jalan pake baju yang tipis. Berikut fashion items wajib-nya:

  • Jaket khusus winter (saya sarankan yang ada tudung kepala-nya yang berfungsi untuk menahan angin dingin), atau coat khusus winter (beda loh dengan bahan kainnya coat biasa, lebih baik yang ada lapisan furing-nya karena lebih hangat).
  • Tutup kepala (biasanya berbahan wool)
  • Penghangat telinga (kalo beli di Korea harganya start 5.000 won)
  • Kaus kaki (수면양말)/celana yang hangat (khusus winter ada lapisan bulu-bulunya)
  • Long John
  • Syal (harganya start 10.000 won jika akan beli di Korea). Ini penting karena badan akan lebih cepat sakit jika leher tidak diproteksi dengan baik. Bonusnya, kamu akan terlihat keren seperti di drama Korea ^_^
  • Penutup hidung dan mulut (bentuknya seperti masker, tetapi berbahan lebih tebal).
  • sarung tangan khusus untuk winter (bukan yang biasa dipake buat naek motor >_<)

Nah, bagi yang tidak punya jaket/winter coat bisa mensiasati dengan menggunakan baju berlapis-lapis, misalnya lapis pertama long john, lalu baju biasa, sweater lalu jaket. Jangan takut badan kamu nantinya bakal kayak lontong atau lepet kalo difoto, daripada beku? Biar tetep kelihatan keren, padu padannya diperhatiin ya (berasa kayak fashion advisor). Pake jaket kemana-mana yah jangan lupa, biarpun ke toilet sekalipun.

4. Gunakan sepatu yang hangat/ winter boots

Sepatu yang digunakan saat winter harus tertutup, hangat, dan nyaman. Jangan lupa harus anti selip. Jalanan yang bersalju bisa jadi sangat berbahaya, atau kamu diharuskan jalan di jalanan yang bersalju sangat tebal. Kalo bahan sepatu-nya tidak solid, dinginnya salju akan menembus bahan sepatu dan sampai ke kulitmu. Dengan sukses kamu akan menderita dan bisa mati rasa. Winter boots di Korea harganya tidaklah mahal asal tau tempat beli yang murah dan mudah. Sila baca tulisan saya disini.

5. Bawa obat-obatan pribadi

Ini penting sekali, karena bisa jadi kalau kamu disana akhirnya harus tumbang (sakit), kamu bisa tetap mengkosumsi obat-obatan yang biasa kamu minum di tanah air. Apalagi mungkin kamu takut susah cari obat yang cocok di Korea karena kendala bahasa atau takut dengan ke-halal-an bahan obat-nya. Saya biasanya membawa minyak kayu putih, balsem, tolak angin merk apa saja dan juga (kadang) obat batuk. Selain itu saya juga bawa obat diare, pusing dan obat sakit gigi. Karena kalo kena dingin biasanya kalo gak demam, pusing, ya sakit gigi. Obat diare dibutuhkan karena kadang perut gak cocok dengan salah satu bahan makanan yang kita makan. Satu lagi, minum vitamin yah, supaya daya tahan tubuh meningkat dan tidak gampang jatuh sakit.

Tambahan lagi, sediakan pelembab untuk bibir, dan body lotion. Angin dan salju yang dingin akan membuat kulit menjadi kering dan rapuh. Secara tidak sadar sebenarnya kulit kita sedang “terbakar” oleh hawa dingin. Akibatnya bibir menjadi pecah-pecah dan luka, kulit juga seperti dirobek-robek. Dalam kasus saya, pulang ke Indonesia, jari tangan luka semua seperti luka kena parutan kelapa. >_<

Untuk yang sudah punya penyakit alergi dingin, asma, dan penyakit serius lainnya, mohon pertimbangkan lagi traveling ke Korea saat musim dingin. Jika sudah terlanjur, bersiaplah dengan segala macam obat yang dibutuhkan jika (mudah-mudahan tidak) terjadi sesuatu disana yang terkait kesehatan anda.

6. Persiapkan itinerary cadangan

Kalau baru pertama kali traveling saat winter, berikan waktu bagi tubuhmu untuk beradaptasi. Jangan memaksakan diri dengan berwisata outdoor jika ternyata badan kita berkata sebaliknya. Segera ubah itinerary anda dengan aktivitas indoor yang juga tidak kalah mengasikkan. Supaya tidak menghabiskan waktu, lebih baik persiapkan itinerary cadangan yang sudah dibuat sebelumnya di tanah air. Misalnya ke Lotte world theme park, bersantai di jimjilbang dan aneka bang lainnya, atau juga ke cafe-cafe unik yang bertebaran di Korea.

source

Lotte world indoor ice skating ring
source: KTO

7. Banyak makan

Perbanyak makan Chiggae (찌개), Juk/bubur (죽), dan  Guk (국). Ketiganya adalah jenis makanan korea yang dimasak dengan cara direbus dan juga berbentuk sup, jadi cocok kalo jadi santapan di musim dingin. Sudah kedinginan tetapi cari resto susah, mampir saja di Pojangmatcha (포장마차) yang bisa kamu temui dengan mudah dan juga harga makanannya murah. Saya jadi terbayang odeng yang hangat dan kuah-nya yang lezat. Yummy!!!

8. Know how to protect your kids from cold

Ini khusus orang tua yang traveling saat musim dingin dengan membawa anak. Saran saya be a wise parents. Kenapa? Karena kekebalan tubuh anak-anak dan orang dewasa berbeda, begitu pula dengan kecepatan beradaptasi terhadap lingkungan dan cuaca. Membawa serta keluarga (anak) itu memang menyenangkan, tetapi perhatikan juga kesehatan buah hati anda. Apalagi yang membawa balita. Selain baju hangat, balita anda juga butuh penghangat lainnya misalnya jaket tambahan yang bentuknya seperti sleeping bag atau stroller khusus dengan penghangat atau juga dengan penutup tambahan (plastik) untuk mencegah anak anda kedinginan. Kalau anak anda sudah kedinginan jangan memaksakan diri mengajaknya jalan ya. Remember, winter is cruel for babies

3146.img_0171

9. Travel Insurance

Pernah suatu ketika saya traveling ke ski resort di Australia, ada salah satu penumpang di bus saya terlihat kesakitan. Ternyata saya lihat tangannya luka, pelipisnya juga mengucurkan darah. Rupanya saat snowboarding, dia tergelincir. Untung luka-nya bisa dibilang ringan. Kemungkinan terburuk-nya adalah patah tulang. Mau senang-senang malah berakhir di ruang operasi. Amit-amit yaa…

Nah, itulah gunanya membeli asuransi khusus untuk traveling. Untuk menghadapi kejadian yang tidak menyenangkan, apalagi saat musim dingin biasanya yang paling sering dilakukan adalah olah raga ski, skating, snowboarding, dan lain sebagainya. Semuanya beresiko cedera. Asuransi traveling juga berguna saat anda misalnya kecopetan, bagasi hilang, sakit mendadak. Perhatikan sebelum membeli asuransi, apa saja yang di cover dan tidak.

10. Have fun!!!

Mumpung sedang di Korea yang bersalju, bersenang-senanglah. Jangan bengong saja menghabiskan waktu di dalam kamar karena takut kedinginan. Kalau semua saran saya di atas sudah terpenuhi dan anda dalam kondisi oke, jangan ragu-ragu lagi. Ambil jaketmu dan let’s get lost in Korea!

yup, it's me

yup, it’s me

Happy traveling!

  1. itu hot packs beli dimana? kalau kamu ke korea lagi mau dong dibeliin yang lucu!!!
    Btw, boots susah banget nyari buat aku karena betis gede banget.

  2. haloo… nyasar disini dari mbah google, gara2 nyari instruksi cara pake handwarmer yang direbus… hehe… btw, salam kenal yaa….

  3. aaah mau kesana november ini, bawa kiddos pulak.. manfaat sekali inih, tq..

  4. aq november 27 mba, sampai 1 desember… sudah salju blm ya..?

    • Tahun kemarin nov akhir turun salju tapi tentu saja belum terlihat indah yaa.
      Tapi saat ini tidak bisa ditebak kapan pastinya turun salju, kadang maju kadang mundur. Climate change ^^

  5. sip sip, tq ya mba info nya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: