Makan kepiting mentah di Korea itu….

“Mbak, kalau nanti freetime di Korea kita makan makanan yang kita tidak pernah makan sebelumnya yuk!” Ujar saya ke Mbak wulan yang merupakan salah satu partner jalan-jalan saya ke Korea kali itu. 

Sambil mendata wish list makanan Korea yang diincar, pikiran saya melanglang buana mengingat salah satu acara favorit masak memasak di salah satu channel tv yang judulnya “Mother’s touch Korean side dishes” yang salah satu episodenya menampilkan aktris Kim Soo-mi membuat Ganjang gejang dan membuat air liur saya seketika meluap.

Saat di Korea, setelah maju mundur beli di pasar saat blusukan (padahal kita sudah berhenti lama di tokonya sambil disenyum-senyumin ahjumma yang jual). akhirnya kami memutuskan untuk makan di resto saja yang berlabel halal di Myeongdong, Seoul. Ya, tepat sekali! Namanya Busan Jib.

ganjang gejang
Ini penampakan ganjang gejang yang dijual di Pasar
ganjang gejang ayu
ini penampakan yang kita beli
daftar menu ganjang gejang
harganya lumayan yah. Saya beli yang small (dan itupun patungan dengan mba wulan hahaha)

Ketika terhidang di meja saya saling memandang dengan mba wulan. Antara miris kepitingnya kecil dan harganya mahal terlebih lagi ini mentah. Glek… 

Bismillahirrohmanirrohim…. akhirnya saya mengambil sepotong kaki kepiting dan memasukkannya dalam mulut sambil berdoa semoga enak. Ternyata beneran seenak itu. Tidak ada bau amis dan rasa daging kepitingnya lembut dan manis. Saus nya cocok sekali dimakan dengan nasi. Tidaklah heran kalau makanan ini termasuk jenis makanan yang bikin nambah nasi dan nambah lagi. Lebih enak lagi kalau nasinya dimasukkan ke cangkangnya dan diaduk-aduk bercampur dengan telur kepitingnya. Masya Alloh….

Ganjang gejang (간장 게장) merupakan sebuah ragam dari jeotgal, makanan laut yang difermentasi garam dalam hidangan Korea, yang terbuat dari kepiting mentah segar yang dimarinasi dalam ganjang atau dalam saus yang berbahan dasar bubuk lada. Rasa manis yang muncul dari saus disebabkan oleh buah apel yang juga dimasukkan sebagai salah satu bahan campuran sausnya. Sungguh enak. 

ganjanggejang_broth-590x375
Source: maangchi.com

Kalau pandemi ini sudah selesai dan anak saya sudah agak gedean, saya akan ke Korea lagi Insya Alloh dan mau makan ganjang gejang lagi dengan porsi agak banyakan biar puas (nabung dulu tentunya) hahahaha… 

yuk ikutan coba juga!

Leave a comment