Bingsoo, pelepas dahaga musim panas ala Korea

Kalau ke Korea yang paling bikin saya kangen adalah kulinernya. Setiap kaki melangkah maunya belok kanan dan kiri mampir buat jajan. Traveling nyaman perutpun kenyang. Nah, kebiasaan orang Korea kalau makan harus ditutup dengan hidangan pencuci mulut alias dessert. Salah satu favorit saya adalah bingsoo.

Bingsoo atau kalau di Indonesia biasa kita sebut bingsu adalah makanan ringan / makanan penutup yang sangat populer di Asia Timur terutama selama musim panas. Jajanan ini terdiri dari serutan es dan dicampur dengan berbagai bahan seperti susu kental manis, sirup buah, aneka buah-buahan seperti stroberi, buah kiwi, dan pisang, potongan kecil tteok, potongan jelly kenyal, dan serpihan sereal, keju dan bahkan potongan kue. Varietas paling populer adalah patbingsu yang dibuat dengan kacang merah manis (dikenal sebagai 팥, (dibaca pat)).

20200806_104607
Strawberry matcha bingsoo

Walaupun populer di musim panas, akan tetapi bingsoo cocok juga dimakan di musim lainnya. Saya pun pernah makan bingsoo di musim dingin jam 11 malam dan ternyata restonya ramai sekali. Jenis dan topping bingsoo juga bervariasi sesuai dengan musim di Korea. Sebagai contoh kalau musim panas yang populer adalah melon bingsoo dan semangka. Sedangkan saat musim dingin yang populer adalah strawberry bingsoo. Resto favorit saya untuk makan bingsoo adalah sulbing yang punya sekitar 490 gerai di seluruh Korea

20200806_104634
Strawberry Chesse cake bingsoo

20200806_104658

Buat saya satu porsi bingsoo cocoknya dimakan berdua, karena porsinya yang jumbo. Harganya tergantung jenis dan toppingnya. Biasanya yang standar adalah 10.000 KRW – 15.000 KRW. Tapi harganya sesuai lah ya dengan rasanya. Enak dan bikin nagih. Jadi kalau ke Korea nanti, jangan lupa cobain makan bingsoo ya!

Happy traveling!

 

Leave a comment