Susahnya kebelet pipis di Turki 

Apa yang penting buat perempuan saat traveling?

Buat saya, toilet adalah jawabannya. Selain buat pipis, kegunaan pergi ke toilet adalah buat dandan. Benerin jilbab, bedakan, pasang gincu supaya fotonya keren dengan muka yang kinclong.

Buat saya pribadi, selama traveling semakin sering ke toilet lebih baik. Apalagi sejak saya pernah menderita penyakit batu ginjal dan harus operasi serta didakwa kalau saya kurang minum dan hobi nahan pipis (padahal kenyataannya sebaliknya), saya harus rajin ke toilet.

Celakanya adalah saat toilet itu susah dicari dan harus bayar. Seperti di Turki. Saat lagi kebelet-kebeletnya, saya lari lah ke masjid terdekat (biasanya kan di masjid selalu ada toilet). Benar saja, ada. Tapi turun dulu pakai eskalator. Saat tiba di depan.. eeeeh taunya harus masukin koin 1 lira ke mesin baru pintunya bisa muter (model palang pintu ala transjakarta). Sampai di dalam masih antri lagi karena nungguin toilet dibersihin sama ibu-ibu yang pakai baju putih ala suster di RS.

Uniknya, kalau pipis di Turki (mostly), kita disediakan semacam kaya gelas kecil buat nadahin air dari kran buat cebok. Hahaha..

Nah itu di pengalaman saya di toilet perempuan ya. Kalau soal toilet laki-laki saya meneketehe alias tidak tahu.

Lain lagi saat di Grand Bazaar (tempat belanja paling guedeeee, paling tua dan paling mahal se-Istanbul). Saat lagi asik ngeliatin barang yang cantik dan cakep (haha), saya kebelet pipis lagi. Arrrghh.. sambil ngibrit liat petunjuk arah, sampailah ke toiletnya.

Tempatnya nyempil. Masukin koin lagi 1 lira. Lalu bisa masuk ke dalam. Nah uniknya toilet yang saya masuki ini kaya rumah. Masuk ke lorong, ada kelambu-kelambunya. Sampai bingung ini mana toiletnya. Dan taraaa.. toiletnya cuma ditutupin kelambu dan bisa dilihat di foto kalau satu teko kecil buat nadahin air. Pipis dengan nuansa teraneh yang pernah saya alami.

IMG_7318

Tips pipis di Turki:

  1. Sediakan uang koin 1 lira
  2. Ngga mudah cari toilet di Turki. Jadi selagi ketemu maka pipislah.
  3. Kalau mau hemat, masuk resto yang ada toiletnya. Tapi ngga ada jaminan itu gratis ya. Karena ada juga yang narik bayaran 1 lira
  4. Kalau ngga mau bayar 1 lira, jangan minum banyak-banyak biar ngga sering-sering pipis
  5. Nahan pipis berbahaya loh. Resiko tanggung sendiri.
  6. Toilet umumnya banyak yang versi jongkok dan harus sabar muter kran buat nadahin air. Disana sepertinya belum ditemukan benda bernama ember
  7. Buat cewe jangan masuk toilet cowo. Fokus fokuuss!!!
Advertisements

2 Comments Add yours

  1. annienugraha says:

    Ini masih mending. Toilet terparah sepanjang gw ngukur jalan itu di Cina. Boro2 ngasih air buat cebok, tissue aja gak ada. Jadi akhirnya cari akal. Masukin air ke botol air minum yg lemes botolnya, trus tutupnya dilobangin. Jadi pas mau cebok botol tinggal dipencet-pencet dan air pun muncrat keluar.

    1. ayuavenue says:

      Cina jangan ditanyaaa.. mau motoin aja dah mual mbaaak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s