Mari Makan di “Makan”

Hujan, dingin dan perut keroncongan adalah kombinasi maut yang paling sering terjadi kalau kita berjalan-jalan ke Korea di bulan November. Rombongan kami (Halal Tourism Famtrip) dijadwalkan untuk mengunjungi daerah Itaewon yang tentu kalian mengenalnya sebagai surganya makanan halal.

Berhubung disana jalannya tidak terlalu lebar, kami harus turun di depan Seoul Central Mosque dan berjalan kaki ke restoran yang dituju. Restoran ini adalah restoran halal yang paling saya suka dan amat saya rekomendasikan untuk dikunjungi kalau kamu ke Seoul, khususnya ke Itaewon.

Jadi sebelum kesana, saya sudah “ngomporin” teman-teman lain yang kemarin sudah kenyang dengan makanan vegetarian kalau restoran ini berbeda dengan yang lainnya dan walaupun menjual menu makanan Korea tapi sudah pasti terjamin halal.

Dengan sedikit berlari, saya memasuki restoran itu untuk kesekian kalinya dengan perasaan bahagia. “MAKAN” namanya. Simple dan mudah diingat ya? Apalagi kadang pegawai yang bertugas adalah orang Indonesia, jadi kalau mau order tinggal ngomong pakai bahasa Indonesia, ngga pake mikir lagi. Serasa di negara sendiri..

Makan restoran ini dimiliki oleh seorang Korean Muslim bernama Abu Bakr (ini nama muslimnya ya) dan mulai menjalankan bisnisnya sejak bulan Maret 2015. Nama “Makan” ini diperolehnya dari seseorang Korean Muslim yang familiar dengan muslim di Asia tenggara. Beliau sering menanyakan kepada Pak Abu Bakr, “Sudah makan?” dan dijawab “Makan..makan”.

Bapak Abu Bakr ini juga bilang kalau ia memilih berbisnis kuliner halal karena ia melihat banyak turis muslim yang butuh makanan halal namun makanan halal tersebut tidaklah mudah didapat di Korea.

20161114_112934
bagian dalam restaurant yang selalu penuh pengunjung

Restoran ini tidak cukup besar, sehingga saya sarankan untuk reservasi terlebih dahulu, atau harus antri.Tersedia juga wifi yang bisa diakses dengan gratis. Hanya saja resto ini tidak menyediakan toilet sehingga kalian harus pergi ke gedung lain atau ke masjid.

Rombongan kami langsung memesan beberapa menu. Saya sendiri karena duduk berempat jadi sepakat memesan beberapa menu berbeda dan di sharing sehingga semua bisa mencicipi enaknya makanan di sini yang tersaji dengan aneka banchan yang juga enak.

20161114_113317
harganya standar dan yang pasti enak
20161114_115246
Menu kami yaitu ojingo, samgyetang, bulgogi dan tteokgalbi

Untuk menuju kemari mudah saja, karena letaknya tidak jauh dari masjid Itaewon. Kalau posisi kamu dari dalam masjid, keluar gerbang belok kekiri. Kira-kira sekitar 10 meter di sebelah kanan akan terlihat nama “Makan”. Untuk jelasnya bisa klik di sini. Jangan lupa mampir ya? Pasti ketagihan deh ^^

Happy traveling!

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. nyonyasepatu says:

    Yg pasti liat fotonya jd pengen

  2. samgyetang adalah makanan sehat yang harus di coba kalau pergi ke negara korea.. hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s