Korea Halal Restaurant Week 2016

Sebagai pejalan muslim, apabila sedang melancong biasanya ada beberapa hal yang harus kita pikirkan. Apalagi kalau negara yang kita datangi adalah negara yang penduduknya adalah mayoritas non muslim. Hal itu tentunya akan menjadi tantangan tersendiri. Seperti bagaimana kita beribadah nantinya, dan juga bagaimana soal makanan yang akan kita makan nantinya.

halal-korea

Nah kali ini saya diundang oleh Korea Tourism Organization bersama Mas Barry Kusuma, beberapa media seperti Kompas, Sindo dan Tribun, dan juga beberapa travel agent untuk merasakan dan melihat sendiri beberapa restaurant yang aman dikunjungi oleh muslim dan kita bisa memakan makanan yang terhidang disana tanpa rasa khawatir akan ke-halal-annya. Event ini berlangsung selama 40 hari saja di Korea dimana kalian bisa menggunakan coupon book yang tersedia di kantor KTO di Indonesia atau juga yang di Korea.

Di Korea sendiri, ada beberapa macam klasifikasi restaurant yang bisa kita kunjungi, yaitu:

  • Halal Certified Restaurant, dimana restaurant ini sudah bersertifikat halal dari KMF (Korea Moslem Federation);
  • Self Certified Restaurant, dimana restaurant ini dikelola oleh muslim atau juru masaknya adalah muslim dan menyatakan sendiri kalau restaurantnya menjual makanan yang halal;
  • Muslim Friendly Restaurant, dimana restaurant ini hanya menjual beberapa menu halal atau semuanya halal, dan bisa saja menjual alkohol;
  • Pork Free; dimana restaurant ini menjual menu berbahan daging tetapi tidak menjual sama sekali yang berbahan daging babi. Menu makanannya bisa saja tidak halal tapi mereka tidak menggunakan produk babi dan turunannya.

Jadi beberapa hari kedepan saya akan update mengenai restaurant yang kami datangi, khususnya di Seoul dan sekitarnya.

Happy traveling!

One Comment Add yours

  1. Lucy says:

    Ditunggu kabar makanan halalnya lagi mba AYU

Leave a comment