Ayu Galuh Anggraini

Tetap Eksis di Korea dengan WiFi-Korea

In Seoul - Korea, WOW Korea Supporter Indonesia on May 5, 2015 at 1:00 pm

Kalau liburan pasti pengen selalu update segala macam social media yang kita punya dan juga bisa terus berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia. Nah buat yang traveling ke Korea, biasanya problemnya adalah bagaimana supaya tetap eksis tapi dengan biaya yang tidak bikin kurus dompet. Pilihan koneksi yang dipilih ada 5 macam:

  1. Menggunakan fasilitas roaming dengan SIM Card Indonesia. Caranya dengan mengaktifkan data roaming yang sistemnya tergantung dari provider masing-masing. Jadi sebelum berangkat, sila menanyakan ke customer service tentang bagaimana mengaktifkan roaming tersebut dan juga berapa biayanya.
  2. Membeli SIM Card di Korea. Kita bisa membeli SIM Card di Korea baik secara online (sebelum berangkat) atau offline (ketika sudah di Korea) dengan kartu khusus wisatawan. Nantinya saya akan bahas di blog ini di tulisan selanjutnya.
  3. Mengandalkan WiFi dari penginapan. Kalau yang satu ini irit sekali ya, tapi minusnya adalah kita tidak bisa langsung update dan juga jika butuh harus cari WiFi gratisan.
  4. WiFi gratisan yang bisa kita akses di lokasi-lokasi wisata, di restoran dan cafe maupun di pusat perbelanjaan yang menyediakan free WiFi. Tapi tentu saja tidak bisa diakses semau kita karena penggunanya banyak orang sehingga koneksi lambat sekali.
  5. Sewa WiFi portable. Ada banyak penyedia layanan sewa WiFi Portable atau yang biasa disebut “egg”, baik di bandara, di penginapan-penginapan, maupun kita sendiri yang menyewa melalui penyedia layanan sewa egg ini.

Nah, terakhir kali ke Korea Maret lalu, saya membutuhkan koneksi internet yang oke disana, bisa dipakai banyak orang dan gak pake mahal. Setelah mencari dan browsing sana sini sambil membanding-bandingkan akhirnya saya menemukan website ini yang menawarkan layanan sewa portable WiFi dengan harga yang tidak terlalu mahal. Sebagi perbandingan, sewa WiFi egg di Incheon Airport membutuhkan biaya KRW 8.000 sehari dan deposit (yang langsung dipotong dari kartu kredit kita) sebesar 200.000 KRW. Lumayan mahal ya? Saya semakin yakin ketika melihat review WiFi-Korea yang bagus dari banyak travel blogger lain.

Bagaimana cara sewanya?

Berhubung masih mencoba, saya jadinya tidak berani spekulasi. Akhirnya saya memutuskan untuk datang sendiri ke kantor mereka untuk langsung menyewa beberapa egg. Lokasinya mudah sekali di jangkau dan terletak di area yang menjadi tujuan wisata populer di kota Seoul yaitu di Insadong. Kita hanya tinggal naik kereta menuju ke Anguk Station dan keluar melalui exit 6. Berjalanlah lurus ke depan hingga perempatan (lurus menuju gyeongbokgung, kanan ke Bukchon dan ke kiri Insadong). Tepat di sebelah kiri ada sebuah toko roti dan melongoklah ke atas, dimana kamu bisa melihat banner WiFi-Korea disana. Naiklah ke lantai 3 melalui pintu kecil yang sama dengan pintu ke kedai teh (ada papan petunjuknya).

cara menuju ke kantor WiFi-Korea

cara menuju ke kantor WiFi-Korea

ini dia kantornya

ini dia kantornya

Kantornya kecil tapi orang-orangnya ramah dan menyenangkan. Berhubung saya tidak memesan sebelumnya karena masih bingung sistemnya jadi saya diminta mengisi form di link ini khusus bagi penyewa yang memesan egg dan langsung diambil di kantor WiFi-Korea. Karena langsung diambil di tempat maka untuk deposit saya bayar dengan cash. Deposit ini besarnya 100.000 KRW dan akan dikembalikan begitu kita akan mengembalikan egg yang kita sewa. Sebaiknya kita harus reservasi terlebih dahulu sebelum menyewa karena kalau kaya saya yang dadakan kesana, belum tentu kebagian wifi egg.

Sedangkan jika ingin membayar dengan kartu kredit atau paypal bisa mengisi form yang ini dan kita bisa memilih opsi apakah kita akan ambil sendiri, atau dikirim ke lokasi yang kita inginkan seperti dikirim ke hotel, guesthouse maupun hostel (asal ada front office-nya), atau di Incheon Airport dengan biaya USD 5. Khusus untuk pengiriman ke lokasi yang kita mau, kita harus melakukan pemesanan dan pembayaran 2 hari sebelum kedatangan kita di Korea. Kalau mengisi form, jangan lupa hari sewa dimulai saat kita ambil/ menerima pocket wifi dan hari terakhir saat wifi dikembalikan masih terhitung sewa. Ketentuan lengkapnya bisa dilihat di bawah ini:

Enaknya pakai WiFi yang paket mana ya?

Ada 2 macam WiFi egg yang mereka sediakan sesuai kebutuhan kita, yaitu:

  1. Everywhere Speed Pack (ESP). Biaya sewa per harinya sekitar 4000 KRW dengan kuota 700MB.
  2. Urban Data Pack (UDP). Biaya sewa per harinya adalah 3000 won dengan kuota unlimited.

Saya pribadi memilih menggunakan ESP karena walaupun kapasitasnya 700MB tetapi bisa digunakan di luar kota Seoul dan sinyal di Nami Island dan area pegunungan bisa diterima dengan baik. Sedangkan berdasarkan review orang yang menggunakan UDP, sinyal UDP suka timbul tenggelam dan tidak bisa digunakan di Nami Island, Gyeongju, dan juga Jeju. Satu egg bisa digunakan oleh 5 gadget sekaligus. Jadi pilih yang benar-benar sesuai kebutuhan ya.

Cara menggunakan WiFi-Korea

Untuk mengaktifkan layanan ini mudah saja kok. Pastikan dahulu baterai wifi egg yang kamu sewa terisi dengan penuh. Kemudian tekan tombol power wifi sebentar hingga lampu indikator menyala. Kalau sudah menyala semua, saatnya menyalakan wifi di gadgetmu dan cari namanya sesuai dengan yang tertulis di wifi egg yang kamu sewa dan masukkan passwordnya yang juga tertulis di wifi egg.

Kuota habis?

Selama menggunakan WiFi-Korea saya tidak mengalami hambatan kecuali kuota habis (karena saya menggunakan ESP dan sharing 4-5 gadget). Jadi wajar kalau suatu waktu ternyata lampu menyala merah (sinyal bermasalah atau kuota habis). Untuk mensiasati ini kalau kita pilih yang ESP adalah:

  • Bikin perjanjian dengan teman, berapa orang yang terhubung dalam satu egg atau berapa gadget yang boleh mengakses wifi-nya. Kalau hanya berdua misalnya ya gak bakalan cepat habis kuota 700MB dalam sehari kecuali streaming Youtube seharian.
  • Sharing foto itu membuat kota cepat habis, jadi kalau mau sharing foto di WA ditahan dulu sebelum balik ke penginapan. Jadi bisa pakai WiFi gratis dari penginapan. Kalau upload di FB atau Path boleh saja tapi jangan sering-sering.
  • Matikan auto updates di gadget kamu. Ini penting karena kalau ngga dimatikan, android akan secara otomatis mengunduh aplikasi yang butuh di update.

Mau diskon?

Review ini saya tulis tanpa ada benefit apa-apa yang diberikan oleh pihak WiFi-Korea kepada saya. Murni karena ingin memberikan info bagi pembaca blog ini yang ingin ke Korea dan bingung harus menggunakan apa untuk tetap eksis di dunia maya saat traveling ke Korea. Bagi pembaca blog ini yang ingin memesan WiFi-Korea dan ingin mendapatkan diskon bisa klik link REFFERAL ini dan pilih Ayu Avenue di kolom refferal (sebagai tanda kalau anda mendapatkan info dari saya) dan langsung dapat diskon 10%.

wifikorea 5Kalau ada pertanyaan seputar WiFi-Korea bisa langsung membuka websitenya di www.wifi-korea.com atau bisa kirimkan pertanyaan dalam bahasa Inggris ke sini atau tanya saya langsung ya? Insya Alloh akan saya jawab berdasarkan pengalaman saya.

Happy traveling!

  1. Sangat menantikan cara “Membeli SIM Card di Korea.” Semoga bisa cepat posting ya sis….
    Happy travelling!

  2. semoga bisa secepatnya ke korea dan menggunakan tips ini..

    salam kenal kak🙂

  3. Kak,,, sim card korea yg bisa d pake wisatawan merknya apa kak… weekend ini sy k sn ,. Dan pst butuh inet … hihihi
    Thanksss

  4. Numpang nanya itu 700mb perhari yah? Apa persewa? Agak gak ngerti hahaha thank youuu need balasan asap

  5. Kak mau tanya dong, kan metode pembayarannya bisa pake paypal tanpa account kan, nah nanti balikin depositonya gimana kak?

    • Nanti uangnya akan dikembalikan bbrp hari setelah wifinya dikembalikan. Atau misal dikembalikan sendiri bisa minta uangnya secara cash ke petugasnya.

      • Ada pengalaman minta refund nya cash?

        Thanks

      • Klo cash datang langsung kesana waktu pengembaliannya juga di form tulis kembalikan sendiri. Supaya jelas sebaiknya email lebih dahulu dan sampaikan kondisi yang diinginkan ke wifi-korea

  6. Hallo. Aku mau nanyak. Klw ambilnya di bandara. Ntr ambilnya di bagian mana yaa? Thnkhyou 😊

  7. hai..mau tanya. apakah hrs pesen dulu wifi nya? ktnya takut kehabisan ya? bukanya jam brp sampai jam brp mba? tq

  8. Hai… mau tanya. apakah harus pesan dulu wifi nya mba? bukanya jam brp sampai jam brp ya mba? TQ

  9. jika menggunakan wifi gratis,apakah harus menggunakan simcard dr korea juga?

    • Kalau beli sim card Korea milik provider Olleh KT itu bs akses wifi gratis dengan nama: olleh wifi. Sedangkan public wifi gratis dari pemerintah bisa diakses tanpa ada syarat apa-apa.

  10. Maaf mau tanya, setelah pemesanan dan pengiriman ke incheon, dimana kah bisa saya ambil ya alat ini?

  11. mereka pick up dan returnya di incheon available tiap hari tiap jam ga ya?

    • Sesuai perjanjian yaa. Klo pesan duluan baru bs pick up kalau ngga pesan gbs. Kalau retur juga sesuai dengan perjanjian kapan. Failed retur sesuai perjanjian kena charge lagi yang dikurangkan dr depositnya

  12. Haloo mau tanya kalau kita pesennya online tp bayar cash bisa?

  13. Hi..mba ayu, mau tanya itu kode referral nya masih berlaku ga klo nanti aku pakai di bulan oktober 2016?

    Thank you

  14. keren banget, thanks informasinya kak..

  15. Mau tanya, apakah wifi pocket nya bisa digunakan kalau HP saya masih menggunakan network 3g? Karena saya baca kalo wifi pocketnya menggunakan network 4g lte. Terima kasih.

  16. Hai mba Ayu… Aku pake referral code nya ya mba🙂. Thank you so much, so helpful

  17. Hi Mba Ayu,
    mau tanya donk soal pocket wifinya itu kalo mau pick up di Incheon Airport harus Business Days ya?
    Sabtu gak bisa ya? soalnya di Form nya kok ada tulisan “My pick up time is at least two full business days (Monday to Friday) from now.*”
    ini harus dichecklist, padahal aku rencananya ambilnya hr Sabtu dan pick up timenya kan bukan dlm 2 hari ke depan.
    Btw aku pake Refferal codenya Mba Ayu yah..hihihiii
    Pls dijawab yahh Mba..thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: