Ayu Galuh Anggraini

Senangnya Ketinggalan Pesawat di Doha (Bagian 2)

In Qatar - Doha on April 16, 2015 at 12:59 pm

Setelah saya menghubungi sanak saudara kalau ketinggalan pesawat, saya cari lokasi nyaman untuk tidur yang tidak terlalu kelihatan orang dan bisa mengisi ulang baterai segala macam gadget yang saya bawa. Sambil tiduran saya iseng-iseng browsing apa ada kegiatan lain yang bisa saya lakukan selama saya terjebak di Airport keren ini. Website yang saya buka pertama kali adalah wikipedia untuk mencari apakah orang Indonesia bisa keluar dari bandara ini menggunakan Visa biasa atau bisa menggunakan VoA. Taunya sih, tetap harus menggunakan Visa. Laman lain yang saya buka adalah Tripadvisor, dan tidak sengaja saya klik laman kesekian dan muncul kata-kata yang membuat saya melonjak bahagia.

Free Doha City Tour

Saya cermati kata per kata yang seseorang itu tulis. Lalu saya segera mencari info yang dibutuhkan. Saya pun mendatangi help desk dan bertanya apakah saya bisa ikut free city tour karena saya tidak punya tiket. Petugas lalu menyuruh saya untuk kembali esok hari dan mencetak tiket tanpa gate, kemudian saya harus kembali tepat waktu dan jangan terlambat lagi. *langsung deh jingkrak-jingkrak kesenengan*

Keesokan harinya, setelah membersihkan badan (inilah pentingnya bawa tisu basah banyak-banyak) dan pasang deodorant (gak mandi hahahaha), saya langsung cetak tiket dan menuju tempat pendaftaran tour yang ternyata hanya berupa meja sebiji di tempat yang “nyelempit” dan jarang orang yang memperhatikan. Berhubung kepagian dan karena terlalu semangat jadi saya dan suami menunggu agak lama dan ternyata hanya sekitar 8 orang saja yang ikut serta dan kebetulan ada yang satu flight dengan saya ke Istanbul. Hurray!!!!

meja pendaftaran free tour

meja pendaftaran free tour

Proses pendaftaran

Cara ikutan free tour ini mudah sekali loh:

  1. Kamu harus menggunakan maskapai Qatar Airways, dan di luar itu tidak bisa ikutan free tour ini
  2. Masa transit di HIA adalah 5-12 jam antara jam 4-19 waktu setempat.
  3. Sistemnya “first come frist served” jadi gak bisa booking online atau pesan duluan buat ikutan. Begitu kursi udah penuh langsung ditutup pendaftarannya.
  4. Ada 4 kali tur dalam sehari, yaitu jam 8am, 10am, 1pm, 7.30pm. Pendaftaran dibuka dua jam dari jam tur yang saya sebutkan sebelumnya. Jadi kalau mau ikut tur harus diperhatikan masa transit dan juga bisa ikut tur yang jam berapa.

Serahkan paspor dan bukti tiket pesawat kepada petugas dan nanti petugas yang akan mencatat semua data-datamu. Kemudian setelah selesai, kamu akan mendapatkan selembar kertas yang akan digunakan sebagai bukti keikutsertaan. Selanjutnya si mbak petugas ini akan memintamu menunggu hingga jam batas akhir pendaftaran ditutup.

Selembar kertas berharga

Selembar kertas berharga

Kemudian kamu akan diantarkan untuk menuju loket imigrasi, untuk mendapatkan stempel di paspor tanda kamu keluar dari HIA dan menikmati alam bebas di Doha (sementara loh yaa sementara). Waktu itu loketnya sepi dan gak ada antrian. Si mbak petugas Doha Tour ini mendampingi kami hingga kami bertemu dengan tour guide dan diantar untuk masuk ke dalam mobil van yang sudah disediakan.

Saya pun mendapatkan teman baru dari Malaysia bernama perempuan bernama Chen. Chen traveling sendirian ke Israel dan sayangnya sampai sekarang kami tidak pernah kontak lagi, padahal saya sudah memberinya kartu nama. Chen, where are you? I have lots of your picture in my laptop. ^^

Setelah duduk manis, tour guide memberikan kami penjelasan singkat tentang HIA yang dibagi dua yaitu Aiport khusus Raja dan Airport orang biasa. Selain itu diberikan penjelasan singkat tentang sejarah Qatar dan juga penduduknya. Seringnya sih tour guide kami suka curcol tentang kehidupan pendatang dan penduduk asli yang bagaikan bumi dan langit baik dari segi pendapatan dan perlakuan buat mereka.

Guide kami yang lucu dan juga sering curcol tapi juga pintar karena penjelasannya bagus dan tidak membosankan

Guide kami yang lucu dan juga sering curcol tapi juga pintar karena penjelasannya bagus dan tidak membosankan

Selama tour dikasi air mineral yang harganya katanya lebih mahal daripada bensin.

Selama tour dikasi air mineral yang harganya katanya lebih mahal daripada bensin.

Lokasi yang dikunjungi mana saja? Bersambung lagi yaa… ^^

  1. Lebih banyak minyak daripada air ya.

  2. Wah, menarik sekali, pengen ikut ah 2 minggu lagi, kebetulan naik Qatar Airways ke Istanbul transit di Doha. Tidak perlu bayar visa on arrival kan? Terimakasih sharing pengalaman nya😀

Leave a Reply

