Ayu Galuh Anggraini

Turkish Street Food: Balik ekmek

In Istanbul - Turki, Jalan-jalan, kuliner on January 2, 2015 at 2:23 pm

Ini jajanan yang paling enak (menurut saya) dan harus dicoba kalau berkunjung ke Turki. Jadi ceritanya, saya akan berkunjung ke The Yildiz Palace yang letaknya di pinggir laut. Cukup naik tram saja dari penginapan dan jalan kaki sekitar 10 menit. Istananya memang indah, tapi sayangnya sedang tutup. Cerobohnya saya tidak cari tahu dulu jadwal buka istana ini.

Yıldız Sarayi Müzesi

Yıldız Sarayi Müzesi

Tapi kita masih diperbolehkan untuk masuk ke lokasi sampai pintu gerbang utama saja. Lumayan lah buat sejepret hingga sepuluh dua puluh jepret (hehehe). Sudah puas, kembali pulang dan mencari lokasi lain yang bisa dikunjungi. Nah, saat perjalanan pulang, perut lumayan keroncongan. Maklum udara dingin itu tidak bersahabat buat yang ingin kurus karena rasa lapar dua kali lebih cepat datang mengganggu konsentrasi. Kepala ini isinya dimana tempat makan terdekat, atau dimana lokasi camilan terdekat.

Jelang memasuki area BEŞİKTAŞ Fast Ferry Station, hidung saya ini mendeteksi makanan enak di depan sana. Langsung deh semangat jalan kakinya. Benar saja, orang berkerumun seperti semut mengerubungi selai strawberry. Langsung saya mengisyaratkan ke abang penjual (yang cakep) pesan satu roti sandwichnya.

itu roti saya lagi dipanasin. Nyam...

itu roti saya lagi dipanasin. Nyam…

Potongan ikan yang dipanggang. enaaak

Potongan ikan yang dipanggang. enaaak

Namanya balik ekmek alias roti ikan alias roti sandwich isi ikan. Kombinasinya adalah roti yang sudah dipanggang, diisi oleh salad (rajangan daun letus, bawang bombay dan tomat), ditambah dengan fillet ikan yang dipanggang (katanya sih ikan makarel), terakhir diberi perasan lemon dan taburan cabe bubuk. Harganya cukup 5 lira saja. Makanlah selagi hangat ya. Saya jadi pengen buat sendiri di rumah ^^

Note:

Penjual roti ini bisa ditemukan juga di sekitar Eminönü dan juga di Kariköy Fish Market

Happy traveling and eating

  1. Lima lira itu berapa rupiah?

  2. hmmmm yummy…. salam perkenalan ya bu ^_^

Leave a Reply

