Ayu Galuh Anggraini

Taipei Shop Spot: Shilin Night Market (士林夜市)

In Jalan-jalan, kuliner, Random Things of Me, Shopping Spot, Taiwan - Taipei on September 8, 2014 at 1:06 pm

IMG_0676

Shilin Night Market merupakan salah satu tempat berbelanja dan kuliner yang terbesar dan terpopuler di Taipei. Letaknya pun mudah dicari, karena tidak jauh dari MRT Jiantan Station – Tamsui Line (Red Line) yaitu sekitar 50 meter (mungkin ya). Tinggal jalan kaki lima 10 menit sampe deh. Mengunjungi Shilin Market ini merupakan tujuan utama saya hari itu karena sebagai seorang perempuan, wajib tau dimanakah letak lokasi belanja yang hits, termasuk jajanannya (karena sudah kelaparan). Hehehe..

Tak perlu penanda khusus kalau kita sudah sampai di Shilin Market karena kita bisa melihat kerumunan orang yang bagaikan semut mengerubungi gula. Belum saja masuk area utama saya sudah mampir ke toko-toko yang berderet dan dipenuhi pengunjung. Sampai-sampai saya harus ditarik suami karena tidak bisa fokus. Shilin market ini lengkap sekali, mulai dari fashion items, makanan dan barang-barang lainnya. Tetapi yang diutamakan dijual di Shilin market ini adalah street food. Jadi menu makanan lengkap jarang ditemukan.

Terdistraksi sejak awal. Oh Tuhan selamatkan dompetku

Terdistraksi sejak awal. Oh Tuhan selamatkan dompetku

chiken and tofu shilin market

Saya beli ayam gorengnya yang besar, kemudian dipotong-potong dan diberi bumbu sesuai yang saya mau. Belum apa-apa sudah kenyang

Jualan jamur dan produk-produk berbahan jamur

Jualan jamur dan produk-produk berbahan jamur

Disini saya juga bertemu dengan beberapa orang pahlawan devisa dan diajak foto bersama. Berasa artis deh ya. Saya tertarik membeli payung anti badai alias kena angin kencang dia gak bakalan rusak. Tapi ya gitu deh… belum sempat memilih suami sudah manggil-manggil (hihihi). Berhubung masih niat mencoba jajanan lainnya, saya membeli cumi goreng raksasa. Sama seperti ayam, cumi goreng itu dipotong-potong dan diberi saus mayo serta bumbu perasa lainnya. Sebenarnya, yang terkenal disini selain ayam goreng adalah:

  • Oyster omelet (蚵仔煎)
  • Stinky tofu (臭豆腐)
  • Oyster vermicelli (蚵仔麵線)

Tetapi berhubung masih ada kandungan oink oinknya jadi saya tidak mencobanya, kecuali oyster omelet yang sudah dicoba tapi gak difoto karena keenakan makan. Nah untuk minumannya, jangan lupa memesan pearl milk tea dan juga minuman telur katak (frog egg). Eits.. jangan stress dulu, bukan telur katak beneran loh. Itu hanya kiasan saja karena jelly-nya bulat-bulat dan agak bening mirip telur kodok. Ada juga kue yang bentuknya seperti kelamin pria. hahaha… Hayo siapa mau beli?

Ini enak bangeett, renyah, tidak alot dan harganya ramah di kantong

Ini enak bangeett, renyah, tidak alot dan harganya ramah di kantong

namanya saja yang seram tapi ini aman kok, karena bukan telur kodok beneran

namanya saja yang seram tapi ini aman kok, karena bukan telur kodok beneran

Ini telur puyuh dipecahin satu-satu lalu digoreng dalam cetakan takoyaki, kalau sudah matang ditusuk ala sate dan diberi saus mayo atau saus cabe atau hanya bubuk cabe saja

Ini telur puyuh dipecahin satu-satu lalu digoreng dalam cetakan takoyaki, kalau sudah matang ditusuk ala sate dan diberi saus mayo atau saus cabe atau hanya bubuk cabe saja

kue yang penuh sensor itu...

kue yang penuh sensor itu…

Perut sudah mulai penuh terisi dan nafas sudah mulai berat, saya memutuskan pulang (tapi muter-muter dulu). Nah ternyata warga Taipei ini hobi memelihara anjing, sebab banyak sekali toko pakaian untuk anjing dan segala pernik-perniknya. Selain itu ada stan manisan yang warnanya merah. Saya ngeri sih mau makannya, karena warnanya menyala sekali. Ketika akan kembali ke MRT, saya ambil jalan sedikit memutar. Saya melewati banyak sekali lapak-lapak permainan seperti di pasar malam Indonesia. Ada permainan lempar kelereng, pancing-pancingan, lempar gelang-gelang. Bagi yang berhasil kena sasaran tentu saja mendapatkan hadiah. Tetapi saya melihat ada penjual snack yang aneh. Susu goreng. Setelah dicoba, rasanya legit dan tidak biasa. Susah jelasinnya ya.

IMG_0677

Toko pakaian doggy

Manisan berwarna merah, dan laris

Manisan berwarna merah, dan laris

Ini belum ada di Indonesia, susu goreng ala Taipei

Ini belum ada di Indonesia, susu goreng ala Taipei

Tergoda juga mencoba tahu goreng ala Taipei. Mirip tahu sumedang, hanya saja disajikan dengan irisan kol asin dan saus khusus.  Rasanya sih rasa tahu. hehehe

Tergoda juga mencoba tahu goreng ala Taipei.
Mirip tahu sumedang, hanya saja disajikan dengan irisan kol asin dan saus khusus.
Rasanya sih rasa tahu. hehehe

Selesailah petualangan menggemukkan badan di Shilin Night Market ini. Sebagai informasi, pedagang disini sudah paham bahasa Inggris biarpun hanya percakapan dasar dan juga sangat paham bahasa tubuh. Seperti biasa, yang antriannya paling panjang, itu yang paling enak.

Happy traveling!

  1. thanks ya mbak ayu….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: