Ayu Galuh Anggraini

Harus dicoba, belajar masak di Korea

In kuliner, Seoul - Korea, WOW Korea Supporter Indonesia on August 22, 2014 at 6:37 pm

Pasti yang sudah pernah ke Korea sepakat kalau makanan dan jajanan di Korea itu enak-enak. Buat yang belum tergiur mencoba makanan Korea bisa intip drama Korea judulnya “Let’s Eat” ditanggung langsung menelan ludah. Walaupun di Indonesia banyak resto Korea bertebaran, tapi rasanya kadang tidak seperti aslinya. Nah, beberapa minggu terakhir ini saya punya keinginan untuk ikut salah satu dari sekian banyak program kursus memasak di Korea. Kalau kamu tertarik juga untuk ikutan, berikut beberapa tempat kursus yang bisa jadi rujukan.

Food and Culture Academy

Didirikan pada tahun 2002, lembaga pendidikan ini mengkhususkan pada bidang kuliner Korea. Ada dua macam kursus di sini yaitu dalam bahasa Iggris dan Jepang dengan fasilitas yang lengkap. Ada 15 macam menu utama yang bisa diajarkan kepada para siswanya dan masing-masing menu harganya bervariasi. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi siswa untuk meminta diajarkan cara membuat makanan diluar daftar tersebut.

Menu makanan yang diajarkan Source

Menu makanan yang diajarkan
Source

Setiap peserta kursus akan mendapatkan resep dalam bahasa Inggris, sertifikat, dan tentu saja makanan yang dimasaknya sendiri dan bisa difoto di meja khusus yang sudah ditata sedemikian rupa supaya masakan buatanmu terlihat cantik. Jika ingin berfoto dengan menggunakan hanbok maka ada biaya ekstra sebesar 5.000 won setiap orangnya. Lembaga ini juga pernah bekerjasama dengan dengan KTO dan menerbitkan buku tentang masakan Korea. Jadi tidak perlu diragukan lagi ya. Untuk lebih jelasnya bisa mengujungi website F&C Academy.

O’ngo Food Communications

Lembaga ini tidak mengkhususkan dirinya hanya untuk menyelenggarakan kursus masak. Tapi lembaga ini termasuk lembaga kursus memasak bagi orang asing yang terbaik di Seoul. Kelas memasak dibagi sesuai dengan tingkat keahlian memasak yaitu pemula, menengah dan profesional. Tersedia juga kursus memasak lengkap dengan tur terkait yaitu mengunjungi daerah-daerah tertentu dan memasak disana atau merasakan masakan dari daerah asalnya untuk memahami “the real taste of Korea”. Untuk peserta kursus yang vegetarian dan muslim, tersedia juga halal cooking class.

Harga yang dipatok setiap sesi-nya mulai dari 55.000 won hingga 250.000 won tergantung dari menu yang dipilih dan juga level keahliannya. Untuk lebih jelasnya sila kunjungi website-nya di sini.

Korea House

Terletak tidak jauh dari Namsangol Hanok Village, Korea House tidak hanya menampilkan aneka kesenian tradisional Korea seperti seni tari, musik dan suara saja tetapi juga seni memasak. Kalau kamu sangat suka drama Korea “Jewel in The Palace” pasti kenal dengan Dae Janggeum. Nah kamu bisa belajar memasak beberapa menu masakan ala istana yaitu Sung chae mandu dan Hongsi juksunchae (periode program hingga Desember 2014).

Selain memasak, kalian juga bisa berfoto di Korea House dengan menggunakan hanbok. Biayanya mulai 50.000 won hingga 60.000 won. Waktu kursusnya hanya 1,5 jam saja dan jangan ragu untuk ajak teman-temanmu sekalian karena kapasitasnya sampai 40 orang. Untuk lebih jelasnya klik di sini.

Yoo’s Family

Membuat Buchimgae (pancake ala Korea), kimchi, bulgogi, tteokbokki dan kue beras yang berbentuk bunga. Semuanya bisa kita pelajari di rumah keluarga Yoo ini. Semua program dibagi menjadi beberapa paket yang bisa kita pilih. Harga yang dipatok adalah 45.000 won  hingga 70.000 won.

Unikya disini, kita bisa merasakan memasak ala rumahan khas Korea, dimana kita memasak di dalam hanok. Selain itu juga ada paket merasakan mengikuti upacara minum teh ala Korea, mempelajari etiket Korea, melukis, kaligrafi dan tentunya merasakan memakai baju tradisional Korea atau hanbok. Informasi lebih lengkapnya, bisa simak di sini.

Seoul Kimchi Academy House

Sesuai dengan namanya, maka yang diajarkan di lembaga ini adalah membuat kimchi. Dipandu oleh instruktur yang berpengalaman, kita bisa membuat sendiri kimchinya, kita makan dan tentu saja bisa dibawa pulang. Jika berminat, bisa ditambah dengan belajar memasak tteokbokki.

Biaya yang dipatok adalah 30.000 won untuk kursus membuat kimchi dan 45.000 won jika ditambah dengan tteokbokki. Jam buka lembaga ini adalah mulai dari jam 10 pagi hingga jam 8 malam dan dibagi menjadi 5 sesi saja. Lokasinya ada di wilayah Myeongdong. Berminat untuk ikut kursusnya? Simak info dari visitseoul.net di sini ya.

Institute of Traditional Korean Food (Tteok Museum)

Ada tiga macam paket yang ditawarkan disini. Pertama, membuat kue beras (bisa memilih satu dari 5 resep kue beras yang ditawarkan) dengan harga 50.000 won. Kedua, membuat kimchi (memilih satu dari 7 varian kimchi yang ditawarkan) dengan harga 50.000 won dan memasak dua menu makanan (ada 9 menu yang ditawarkan) lengkap dengan hanbok experience dengan harga 70.000 won.

Jika kursus disini, kita bisa gratis masuk ke Tteok Museum dan juga bisa mendapatkan sertifikat (sesuai permintaan). Jika ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih serius, kita bisa mengikuti program lanjutan dimana kita bisa belajar aneka kue tradisional Korea (ada 4 level), menu masakan untuk pernikahan dan hadiah (4 level), royal cuisine (2 level), minuman tradisional Korea, dan aneka jenis masakan tradisional lainnya. Simak info lengkapnya di sini.

Nah, itu tadi rekomendasi tempat kursus memasak di Korea yang bisa kamu coba. Jadi selain jalan-jalan, ada nilai tambah yaitu ilmu yang bisa kamu bawa pulang ke Indonesia. Siapa tahu bisa membuka jalan untuk berbisnis kuliner Korea di kotamu atau bahkan membuat lembaga kursus masak juga?

Happy traveling!

  1. aku gak doyan makanan Korea, entah kenapa belum ada yang bikin aku tergila-gila.

  2. Aku nunggu dimasakin aja ah sama Ayu😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: