Ayu Galuh Anggraini

Kenapa Harus ke Macau?

In Jalan-jalan, macau on August 19, 2014 at 10:36 pm

Mungkin Macau tidak seterkenal Korea atau Jepang. Bahkan bisa jadi tidak termasuk dalam daftar lokasi wisata yang harus anda kunjungi jika berkesempatan ke luar negeri. Tetapi buat saya pribadi, Macau menyimpan pesonanya sendiri yang tidak disangka-sangka bisa merebut hati banyak pecinta jalan-jalan. Hingga saya yang awalnya coba-coba menjelajahinya, menjadi begitu jatuh cinta dan ingin kembali lagi menginjakkan kaki disana untuk kesekian kalinya.

Sepotong Eropa di Asia

Sejarah mencatat bahwa Macau merupakan daerah koloni Eropa tertua di Tiongkok yang dikuasi oleh Portugal. Kemudian pada tahun 1999, pemerintah Portugal menyerahkan kedaulatan terhadap Macau kepada Republik Rakyat Tiongkok (RRT) sehingga hingga saat ini Macau adalah daerah administratif khusus RRT bersama dengan Hong Kong.

Sejak abad ke-16, Macau menjadi tempat bertemunya budaya timur dan barat dan hingga saat ini semua peninggalan-peninggalan sejarah itu masih apik terawat hingga kita masih bisa melihat keanggunan dan kegagahan bangunan-bangunan kuno khas abad pertengahan. Kalau kita berjalan-jalan ke Senado Square (Largo do Senado), kita akan seolah-olah berada di Eropa dan bukannya di Asia. Gedung-gedung megah bercat pastel bergaya barok membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung dan menjadi pusat berkumpulnya pelancong yang berkunjung dari seluruh dunia.

Ikon wisata yang paling menonjol di Macau adalah reruntuhan gereja St. Paul yang menjadi lokasi utama yang harus dikunjungi di Macau. Tidak sah mengunjungi Macau jika tidak berfoto di depan sisa-sisa kemegahan gereja ini. Lokasinya pun masih dalam komplek Senado Square dan sejak tahun 2005, Ruin of St. Paul ini terdaftar dalam UNESCO World Heritage Site.

P1310113

Ramah pejalan kaki

Kunjungi Macau di awal musim dingin, maka jalan kaki di Macau begitu mengasikkan. Hawa yang sejuk ditambah dengan suasana Macau yang tenang dan damai semakin membuat kita betah untuk berlama-lama tinggal disana. Pejalan kaki begitu dimanjakan disini. Kamu tinggal pakai sepatu yang nyaman saja dan ikuti kemana kakimu melangkah.

Semua jalan-jalan dan gedung memiliki dua nama, dalam bahasa Kanton dan Portugis, sehingga saya yang seorang independent traveler alias pelancong tanpa guide dan tidak ikut tur manapun harus menerka-nerka sendiri. Tapi anehnya, semua itu tidak menyulitkan saya karena peta yang saya dapat dari Macau Goverment Tourist Office (MGTO) begitu berguna. Selain itu lokasi wisata satu dan yang lainnya tidak berjauhan. Janganlah takut tersesat, karena semua petunjuk tertulis dengan jelas dalam buku panduan wisata dari MGTO yang bisa juga kita peroleh di kantornya yang terletak di Senado Square dengan gratis dan dalam berbagai bahasa.

Kalau capek jalan kaki, kita bisa duduk di taman-taman yang bertebaran di seluruh penjuru Macau, dengan kursi-kursi yang disediakan khusus untuk orang-orang yang ingin bersantai sambil menikmati suasana. Favorit saya adalah di dekat taman sekitar A Ma Temple dan juga di Macau Fisherman’s wharf. Saya bisa betah berlama-lama duduk santai sambil membaca buku ditemani musik jazz yang mendayu-dayu atau sekedar memakan kue paling terkenal di Macau yaitu egg tart. Saya yakin, kalian pasti suka.

enjoy macau

Romantisnya Gondola dan pacu adrenaline di Macau Tower

Tak perlu jauh-jauh ke Venesia – Italia untuk merasakan naik gondola. Adalah The Venetian Shopping Mall yang merancang suasana di dalam gedungnya ala Venesia lengkap dengan sungai buatan yang membelah bangunan menjadi dua. Bosan belanja, kita bisa menaiki gondola yang dipandu oleh seorang gondolier bersuara sangat merdu. Romantis sekali jika kita bisa naik gondola berdua pasangan kita. Mungkin bisa jadi ide bulan madu yang istimewa.

the venetian gondola

Ingin yang lebih menantang? Kunjungilah Macau Tower yang dibangun setinggi 338 meter. Kita bisa menikmati panorama Macau dari ketinggian, apalagi jika dilakukan malam hari. Jika kita cukup keberanian, kita bisa bergabung dengan walking tour di Skywalk X, dimana kita ditantang untuk berjalan di pinggir puncak bangunan paling tinggi di Macau ini, dengan bantuan tali penyangga tubuh. Mirip seperti yang dilakukan oleh para finalis Asia’s Next Top Model yang pernah melakukan syuting di sini. Tapi ada yang lebih membangkitkan adrenalin yaitu bungee jumping dari ketinggian 233 meter. Bungee jumping di Macau Tower ini merupakan bungee jumping tertinggi kedua di dunia loh. Tertarik mencoba?

Jadi, masih bertanya-tanya kenapa harus mengunjungi Macau? Masih banyak lagi loh keindahan dan pesona Macau yang harus kalian jelajahi dan rasakan. Macau mungkin akan menawan hati kalian dengan caranya sendiri yang berbeda dari daerah-daerah yang kalian kunjungi selama ini. Jadi tunggu apa lagi? Yuk kita ke Macau!!

—————————–

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog “Why Macau”

MGTO and Vivalogtwitterayu

  1. wahh jadi ngiler pengen ke Makau setelah membaca tulisan ini,, mungkin Makau bisa jadi next destinasi berikutnya😀
    dan sekarang saya masih baru akan mengeksplornya lewat tulisan2 Ayu dulu yg ada d blog ini ^^

    • Awalnya aku pengen ke Macau gara-gara drama Korea Boys Before Flower. Setahun kemudian aku dapat tiket murah kesana 250.000 rupiah PP. Alhamdulillah… Sesuatu!!! hihihi. Harus kesana deh. Rutenya nanti langsung 3 daerah. Macau – Hong Kong – Shenzen.

      • yaa Allah murah banget tiketnya Yu…. how lucky u are😉
        sebenarnya bbrp tmnku jg sdh sering bahas ttg Makau untuk jdi next destinasi berikutnya cuma akunya aja yg rada cuek,,, tpi setelah baca tulisan ini aku jadi pengen juga kesana🙂

  2. iyaa aku akhirnya langsung beli dua tiket alias dua kali ke Macau. Hanya saja yang kedua tiketnya lebih mahal kena 1,2 jt PP.
    Enak banget sih di Macau, aku betah.

  3. Aku jg suka bgt Macau, cantik!
    Dulu kita kesana naik Viva Macau dan pas mereka bangkrut jd penerbangan pulang kita dibatalin sepihak tanpa info apapun. Pemerintah Macau turun tangan langsung ngurus penumpang yg terdampar, dikasih akimodasi dan tiket pulang gratis. Hebat deh pokonya.

    • oyah? wow… Keren banget yaa. Dari maskapainya gak ada kabar sama sekali? aku naik mandala dulu 2x sebelum mandala bangkrut juga.
      Kita sama deh suka macau ^^. Salam kenal yaaa

      • Gada kabar dari maskapai. Counter mreka kosong blas. Beruntung pulangnya aku dpt cathay pacific, gratisan pula hahaha biasa naek budget airlines dpt yg bagus langsung nyengir deh…

      • wuaah… Lepas tangan yaa. Hahaha. Keren ya pemerintah macau kasi full board buat kompensasi. Gak jadi ngomel yaa hehehe…

  4. Nggak jadi ke Macau karena aku teler pas ke HK kemaren. One day, one day!

  5. ehee, taunya macau itu tempat perjudiannya itu lho~ *gara – gara sering nonton film god of gambler dulu* ahahahaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: