Ayu Galuh Anggraini

10 Kuliner Favorit Saat Musim Panas di Korea

In kuliner, WOW Korea Supporter Indonesia on June 4, 2014 at 10:38 am

Liburan musim panas di Korea? Mengapa tidak? Walaupun di Indonesia kita juga hidup dengan berlimpah sinar matahari yang membuat kulit ini warnanya jadi lebih gelap alias eksotis, merasakan musim panas di luar negeri dan di Korea tentu saja berbeda rasanya. Musim panas di Korea dimulai pada bulan Juni hingga awal September. Selain suhu yang meninggi hingga mencapai 30’C tingkat kelembaban yang tinggi membuat musim panas di Korea lebih panas dari yang biasa kita rasakan. Nah, untuk mensiasati panas yang dirasakan, orang Korea memakan makanan yang menyegarkan dan bisa menaikkan stamina yang turun karena terlalu banyak berkeringat saat beraktifitas di luar rumah waktu musim panas. Ini dia daftar kuliner Korea yang harus kamu coba di musim panas hanya di Korea.

1. Patbingsu (팥빙수)

Kalau di Indonesia, banyak resto Korea menyajikan es campur ala Korea ini. Tapi merasakan patbingsu di Korea tentu beda rasanya. Harga yang ditawarkan mulai dari KRW 8.000 per mangkuk. Berbeda resto atau cafe, beda pula varian patbingsu yang ditawarkan dengan aneka macam topping sesuai keinginan kita. Cara penyajiannya pun cantik dan menggugah selera. Coba saja googling aja macam-macam patbingsu. Jangan salahkan saya yah kalau mendadak air liur menetes atau tenggorokan meronta. Sttt… biar romantis bareng pasangan pesannya yang semangkuk untuk dua porsi ya, biar bisa dimakan berdua. hehehe..

2. Naengmyeong

Seperti apa rasanya mie yang dikasih es batu? Ya, namanya kalau di Korea adalah Naengmyeon. Mie ini disajikan dalam dua versi, yang rasanya hambar dan yang pedas. Makanan ini sangat populer saat Perang Korea dan aslinya berasal dari Korea Utara. Agar dinginnya awet, naengmyeon disajikan dalam mangkuk stainles steel dengan tambahan irisan timun, buah pir dan juga telur rebus. Mie yang panjang menjadi simbol panjang umur dan juga kesehatan.

Rekomendasi resto dari KTO adalah Nampo Myeonok (남포면옥) dan Ojangdong Hamheung Naengmyeon  (오장동 함흥냉면)

3. Samgyetang (삼계탕)

Siapa yang tidak kenal masakan yang satu ini? Samgyetang terbuat dari ayam yang masih muda yang di dalamnya diisi oleh beras, jujube, bawang putih dan jahe kemudian dimasak dalam air yang dicampur ginseng. Ayam dan ginseng yang menjadi bahan utama dari masakan ini berfungsi menghangatkan bagian dalam tubuh. Ayam juga kaya protein dan baik untuk pencernaan, sedangkan ginseng membantu pemulihan tubuh dari kelelahan dan mengurangi stress. Samgyetang juga bermanfaat untuk memperkuat sistem imun yang mencegah sakit. Samgyetang menggunakan ayam yang masih muda karena rasanya yang lebih enak dan juga lebih empuk. Bawang putih dan herbal lainnya bermanfaat untuk melindungi organ dalam dan untuk meningkatkan kekuatan tubuh dalam menghadapi musim panas.

Harga makanan ini mulai 15.000 won per porsi dan disajikan dalam dua varian yaitu ayam biasa dan ayam hitam (harganya lebih mahal daripada yang biasa). Banyak resto yang khusus menyajikan samgyetang sebagai menu satu-satunya dengan resep yang diturunkan dari generasi ke generasi. Resto yang bisa kunjungi di Seoul adalah Tosokchon, Korea Samgyetang dan Baekje Samgyetang.

4. Jangeo Gui (장어구이)

Alias belut panggang. Hmmm… yummy!!! Kalau yang ini favorit saya banget. Kalau di Indonesia kita biasa makan belut goreng, nah yang ini belutnya dipotong-potong atau di fillet lalu dipanggang dan diolesin dengan saus khas Korea (campuran aneka bahan dengan gojuchang). Enak dimakan begitu saja dengan aneka sayuran atau dimakan dengan nasi panas dan kimchi. Harganya agak mahal ya. Bolehlah patungan kalau mau makan belut panggang ini. Vitamin A dan E yang terkandung dalam belut ini bermanfaat untuk mengembalikan kondisi tubuh yang lemas saat musim panas.

5. Mulhwi (물회)

Mulhwi adalah campuran dari kuah pedas, aneka sayuran dan seafood mentah yang diiris tipis-tipis. Pilihannya bisa macam-macam, ada cumi-cumi, gurita, tuna, dan ikan mentah lainnya. Hidangan ini tambah segar dengan tambahan es batu. Cara membuatnya pun mudah. Salah satu blog menguraikan cara membuat mulhwi. Ini benar-benar hidangan yang sehat, karena semua bahannya mentah, segar dan cocok menghalau hawa musim panas yang menyengat.

6. Kongguksu (콩국수)

Masih dengan yang segar-segar, ada jenis hidangan mie yang kuahnya menggunakan sari kedelai. Tinggal ditambah irisan timun dan tomat lalu tambahkan es batu. Kalau dirasa hambar, bisa ditambahkan gula pasir sendiri. Ayo siapa mau dicoba buat sendiri dirumah?

Rekomendasi resto dari KTO: Yogi (요기), Libuk Sonmandu (리북손만두) dan Nunnamujip (눈나무집)

7. Dak Kalguksu (닭칼국수)

Orang Korea melawan cuaca yang panas dengan makanan yang panas juga. Jadilah dak kalguksu ini jadi salah satu makanan yang paling dicari. Sama seperti samgyetang, makanan ini juga berfungsi untuk menghangatkan bagian dalam tubuh. Sebab, saat musim panas, kita cenderung banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang dingin sehingga panas tubuh menurun. Suhu tubuh yang naik turun ini kalau dibiarkan saja bisa membuat tubuh jadi lebih mudah sakit.

Mie yang terdapat dalam masakan ini dibuat dengan cara dipotong-potong dengan pisau setelah adonan mie digiling tipis. Sehingga mie-nya relatif lebih besar ukurannya daripada mie biasa tergantung dari orang yang memasaknya. Selain ayam, kalguksu juga bisa dikombinasikan dengan kerang. Hmmm… saya membayangkan kuah kaldunya yang kaya rasa. Sayuran yang ikut ditambahkan adalah zucchini dan kentang dan diberi taburan daun bawang.

8. Kimchimari guksu (김치마리국수)

Masih tergabung dalam keluarga mie dingin, kimchimari guksu terbuat dari campuran mie dan kuah kimchi dingin. Campuran lainnya adalah telur rebus, daun bawang dan juga irisan timun yang menambah kesegarannya. Biar tambah enak tambahkan minyak wijen dan juga taburan wijen yang disangrai. Sama seperti naengmyeong, kimchimari guksu juga sering dihidangkan sebagai hidangan pencuci mulut setelah makan makanan yang berat seperti Korean barbeque.

9. Jjolmyeon (쫄면)

Menu masakan ini mirip bibimbap tetapi nasinya diganti dengan mie. Aneka sayuran seperti tauge, irisan wortel, kol, sawi, lobak, selada, kemudian ditambah telur rebus. Saus pedasnya merupakan campuran gojuchang, bawang putih cincang, cuka dan gula. Sebelum makan, aduk semua bahan, saus, mie dan aneka sayuran hingga tercampur rata.

10. Dotorimuk (도토리묵)

Dotorimuk adalah jelly yang terbuat dari sari biji pohon ek. Nah dotorimuk kemudian dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan aneka sayuran (lettuce, bawang bombai, daun bawang, zucchini, cabai hijau dan cabai merah besar) dan saus (kecap, gula atau madu, cabai bubuk, bawang putih, dan minyak wijen). Kemudian setelah semua tercampur, taburkan biji wijen diatasnya. Dotorimuk yang dingin, dan sayuran yang segar merupakan kombinasi yang pas untuk disajikan saat musim panas.

Biji pohon ek sebagai bahan utama dotorimuk. Source

Biji pohon ek sebagai bahan utama dotorimuk.
Source

Dotorimuk salad Source

Dotorimuk salad
Source

Semuanya bikin ngiler dan juga bikin penasaran kan rasanya seperti apa? Jadi kalau ke Korea sekitar bulan Juni hingga September, jangan lupa mencicipi salah satu makanan yang saya rekomendasikan diatas ya! ^^

Happy traveling (and eating)!

  1. blog yang menarik deh mbak Ayu. aku penasaraaaan banget pgn nyobain patbingsu. pas udah ngetren di Indonesia, akunya sudah ga di Indo hiksssss. sering liat si shaved ice ini di drama/reality show korea. favorit bangeeet kayaknya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: