Ayu Galuh Anggraini

[UPDATED] Kalau visa Korea anda ditolak….

In Visa Tips on May 26, 2014 at 6:46 pm

Gara-gara tulisan saya yang ini, saya jadi banjir email tentang visa Korea yang ditolak. Padahal sudah jelas-jelas itu yang ditolak visa Australia (gara-gara kurang teliti isi form doank loh padahal…. hiks). Email juga bertaburan pertanyaan senada. Okelah kalau begitu, saya tulis di blog saja ya tentang visa ini, supaya dapat pencerahan dan terhapuskan duka deritanya.

taken from Korean drama: My love from the stars

taken from Korean drama: My love from the stars

taken from Korean drama: Dong Yi

taken from Korean drama: Dong Yi

Visa oh Visa…

Jadi memang untuk ke Korea kita butuh stiker yang tertempel di passport bernama Visa. Entah itu Visa untuk wisata, bekerja, sekolah, bisnis, maupun mengunjungi keluarga disana. Semua harus pakai Visa, kecuali ke Pulau Jeju (kalau kamu niat hanya ke Jeju saja loh ya). Visa ini adalah surat ijin memasuki sebuah negara dalam kurun waktu tertentu. Tapi tidak semua negara mewajibkan ada visa, ada juga yang bisa mendapat Visa on Arrival (VoA) alias bayar sejumlah uang di counter dan kita dapat ijin untuk masuk ke negara tersebut. Apesnya, Indonesia jatah negara yang bebas visa atau bisa VoA ini cuma sedikit saja. Beda ama negara sebelah. Iri deh..

Buat traveler, urus visa bisa jadi momok menakutkan karena ada kemungkinan untuk ditolak dengan resiko uang untuk pengajuan visa hangus (saya banget ini lah pernah buang-buang duit buat visa yang ditolak berkali-kali). Tapi mau tidak mau proses ini harus dilalui oleh setiap traveler. Entah pengajuannya sendiri maupun via travel agent.

Taken from Korean drama: Flower Boy Next Door

Taken from Korean drama: Flower Boy Next Door

Kenapa visa ditolak?

Seperti yang sering saya utarakan, soal visa, hanya Tuhan dan Kedutaan yang tahu kenapa visa anda ditolak. Saya, CS, agent travel juga tidak tahu alasan pastinya. Jadi kalau ada yang menjamin visa pasti lolos, jangan dipercaya. Kadangkala, alasan penolakannya masuk akal, kadang tidak masuk akal. Tapi biasanya ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab ditolaknya visa Korea anda (dan juga berlaku untuk visa lainnya).

  • Kurang teliti isi dokumen. Jadi apa yang tertulis dalam form pengajuan visa dan dokumen yang disertakan ada data yang tidak sama. Sehingga ini menimbulkan kecurigaan pada petugas visa tentang diri anda. Isi dengan jujur apa adanya tanpa rekayasa.
  • Dokumen ada yang kurang. Sebelum mengajukan visa, cek lagi berulang-ulang kelengkapannya. Apakah semua persyaratan sudah dilengkapi? Apakah ada data yang belum diisi? Saya biasanya buat lembar check list, untuk memastikan tidak ada yang tertinggal/ lupa disertakan.
  • Dana tidak mencukupi. Mitosnya di rekening harus ada puluhan juta kalau mengajukan visa. Apa benar? Bisa jadi benar, bisa jadi pula tidak benar. Menjadi benar kalau anda travelingnya sekian minggu atau bulan, dan tempat yang dituju banyak dengan pilihan moda transportasi pesawat atau kereta cepat, dan tinggal di hotel berbintang. Mungkin saja dana puluhan juta harus tersedia di rekening anda/ sponsor. Cara dan gaya traveling anda, merupakan patokan bagi kedutaan menentukan berapa rupiah yang dihabiskan perharinya disana. Walaupun kamu sudah beli tiket PP tapi berhubung saat ini tidak perlu melampirkan bukti tiket, booking penginapan dan juga itinerary, maka dana yang kamu sediakan di dalam tabungan itu harus bener-bener cukup. Bahkan menurut saya bukan hanya cukup alias “ngepres” tapi ada juga dana untuk biaya tidak terduga yang dimasukkan disana. Sebagai contoh niy, untuk 5 hari di Korea biasanya saya sarankan dana di tabungan 15 juta.

formula tabungan

  • Ada kenaikan saldo tiba-tiba. Ini biasanya karena anda menganggap saldo yang besar, menjamin disetujuinya visa anda. Sehingga anda memasukkan dana ke tabungan anda, lalu di print dan disertakan dalam aplikasi visa. Hasil diskusi saya dengan traveler senior, cara ini salah. Karena justru menimbulkan kecurigaan pihak kedutaan. Susahnya dalam kasus-kasus tertentu misal baru jual tanah lalu uangnya dimasukkan ke bank atau baru menang undian.
  • History traveling. Semakin sering jalan-jalan semakin mudah dapat visa-nya. Apalagi kalau punya/ pernah dapat visa dari negara-negara pilihan seperti Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Jepang, dan Kanada. Jadi sertakan paspor terdahulu untuk memperkuat bukti kamu doyan jalan-jalan.
  • Kurang kuat bukti ikatan kita dengan Indonesia. Ini yang ditakutkan oleh Kedutaan, yaitu kamu ke Korea mau jadi imigran gelap disana. Jadi faktor pekerjaan juga menunjang. Kalaupun anda pekerja freelance atau wiraswasta, sertakan bukti-bukti yang menunjang dan menguatkan bahwa kalian tidak ada maksud untuk mencari pekerjaan disana dan akan kembali lagi ke Indonesia setelah masa liburan usai. Bagi yang bekerja, sertakan SIUP untuk membuktikan kalau perusahaan itu bukan perusahaan abal-abal, serta surat cuti dari HRD sekalian penjaminan kalau kita bakal pulang. Intinya semuanya buat bukti memperkuat kalau kita di Indonesia punya sesuatu yang menjadi ikatan kita dengan Indonesia.
  • Paspor masih kosong. Ini sebenernya tidak benar, karena saya pernah membantu pengajuan visa peserta trip ke Korea yang masih kosong melompong paspornya dan approved. Tapi bisa jadi benar kalau ada faktor pendukung lainnya seperti dana pas-pasan, perusahaannya kurang meyakinkan, maka kosongnya passport ini semakin menambah daftar panjang kenapa visamu tidak disetujui.
  • Solo traveling. Bukan tidak mungkin, karena kamu jalan sendirian makanya visanya ditolak. Tapi banyak juga teman saya yang solo traveling, visanya tetap keluar. Jadi ini hanyalah salah satu faktor saja.
  • Pernah melanggar. Misalnya pernah overstay. Nah, pelanggaran ini akan masuk database dan bisa diakses oleh Departemen Imigrasi di seluruh dunia. Jadi jangan coba-coba deh nakal, nantinya malah gak bisa kemana-mana meskipun cuma ke Malaysia atau Singapura.
Taken from Korean drama: Big

Taken from Korean drama: Big

Kalau visa ditolak harus bagaimana?

  • Jika terlanjur beli tiket pesawat, dan masih berharap pergi ke Korea lebih baik segera reschedule tanggal keberangkatan dan pulangnya (jika sebelumnya membeli tiket yang open). Kalau bisa diganti nama, ya jual saja tiketnya dan beli yang baru nanti kalau sudah siap mental.
  • Pelajari segera kenapa visamu ditolak. Jadi kalau ingin mengajukan lagi bisa tahu apa yang harus disempurnakan.
  • Kalau sebagai turis kamu ditolak, mungkin bisa masuk ke Korea sebagai pelajar. Ikut kursus atau summer school di Korea bisa jadi jalan kamu menginjakkan kaki disana. Nantinya kamu akan mendapatkan letter of acceptance dari lembaga pendidikan disana untuk mempermudah pengajuan visa.
  • Cari sponsor orang Korea yang mau memberikan invitation untukmu. Tentunya ini jadi penolongmu jika dokumen yang kamu miliki dianggap kurang kuat. Cari tau apa saja yang harus disertakan oleh pihak pengundang atau sponsor untuk dimasukkan dalam aplikasi visamu.
  • Traveling ke negara lain untuk mengobati kekecewaanmu. Jangan menghabiskan waktu untuk bersedih hati, uang yang hilang bisa diganti, tapi waktu yang terbuang tidak bisa kembali lagi. Sayang aja cuti udah keluar eh malah diem aja dirumah gara-gara ngambek visanya ditolak. Ya gak?
  • Masuk ke Korea via Jepang. Tapi kamu harus urus visa Jepang loh ya.. dan ini tidak berlaku bagi kamu yang menggunakan visa waiver Jepang. Jadi harus urus visa beneran di Kedutaan Jepang. Biasanya petugas imigrasi Korea hanya akan meminta bukti tiket keluar dari Korea.
  • Ke Jeju aja! Masuk ke Jeju tidak perlu visa TAPI harus menggunakan maskapai yang landing di Jeju tanpa transit di Incheon.
  • Kerja lebih giat dan lebih hemat biar pundi-pundi meningkat dan tidak kebingungan soal dana minimal di tabungan.
  • Banyak doa, siapa tahu nanti ke Korea bebas visa.
Shocking moment

Taken from Korean drama: Protect The Boss

Pesan saya, waktu tau visa anda ditolak jangan langsung mencecar petugas yang ada disana tentang kenapa ditolak, lalu harus bagaimana, atau keluhan-keluhan lainnya. Kasihan si masnya yang bingung harus jawab apa, karena dia tidak tahu menahu soal itu. Kalau hari itu ada banyak yang reject dan pada nelpon semua, salah-salah kita nanti kena jutekin ama si mas yang angkat telp. Sabar ya.. *puk-puk*

Kapan harus mengajukan lagi?

Berbekal pengalaman saya yang ngeyel soal visa, akhirnya saya bisa juga ke Australia. Jadi saya ngeyel juga ke yang konsul soal visa ke saya kalo kalian harus semangat ngajuin lagi. Jangan menyerah kalau memang ke Korea itu hal yang kalian idamkan selama ini. Jangan menyerah kalau kalian ingin melihat oppa-oppa kece disana.

Taken from Korean drama: Flower Boy Next Door

Taken from Korean drama: Flower Boy Next Door

Kalau gagal, katanya pihak kedutaan baru bisa mengajukan lagi 3 (tiga) bulan kemudian. Lama amat ya? Nah, ternyata ada salah satu pembaca blog ini yang visanya ditolak dan kemudian beliau mengajukan lagi visanya via salah satu travel agent ternama di Jakarta dan approved. Bahkan kami sering kontak sewaktu beliau sampai di Korea dan sharing info tentang Korea yang saya tidak tahu. Makasih mba Levi ^^ —-> INI SUDAH TIDAK BERLAKU LAGI (artinya yang ditolak mau gak mau haruus dan wajib menunggu 3 bulan lagi setelah tanggal penolakan)

Jadi kalau memang nekat, ajukan lagi saja aplikasi visanya dengan perbaikan dari kesalahan sebelumnya (hasil analisa anda sendiri). Tapi ingat, ditolaknya visa sebelumnya itu juga menentukan granted atau tidaknya permohonan visa anda. Kegagalan visa itu pun ada kastanya. Kalau kesalahan atau kekurangan kita itu sifatnya fatal dan menduduki kasta terendah, biarpun mengajukan beberapa kali juga tidak akan diterima. Jadi, untuk mengantisipasi soal gagal visa ini, pengajuan visa jangan terlalu dekat waktunya. Sehingga kalau ditolak masih ada waktu untuk mengajukan lagi dan juga ada waktu buat menyiapkan dokumen yang dirasa kurang.

visa ditolak bukanlah akhir duniaTetap semangat ya. Kalau mau curhat sama saya boleh kok. Hehehee… Biarpun saya sering mengurus visa, tapi tetep aja saya deg-degan dan mules-mules gak karuan. Apalagi kalau urus visa diri sendiri. Bisa komat kamit shalawat setiap saat supaya kepala ini tidak pening gara-gara susah tidur mikirin visa. Apalagi nulis tulisan ini. Jangan dikira saya ngga mules-mules. Nah buat yang lagi proses mengajukan visa, yang lagi baca tulisan ini, mari rame-rame teriak bareng saya…

Taken from Korean drama: Personal Taste

Taken from Korean drama: Personal Taste

Happy traveling!

  1. Ayuuuu…
    Yang paling asyik kalo mau bikin visa ke Korea mah dapetin surat sakti dari kTO aja laaah, dijamin langsung keluar itu stikernya…hihihi…

  2. Reblogged this on Chiochiochio and commented:
    Harus kudu mesti dibaca untuk yang mau ngurus visa sendiri.. Good job mbak Ayu

  3. Assalamualaikum mbak Ayu, salam kenal.

    Numpang curhat ya mbak. Saya ada rencana ke korea tahun depan.
    Tiket udah di tangan. Paspor baru mau bikin (belum pernah ke luar negri sama sekali) dan masalah Visa ini bener2 jadi momok buat saya.

    Mau nanya soal surat keterangan bekerja.
    Saya ini kan sekretaris pribadinya dokter, tapi kantor saya di RS tempat dokter saya praktek. Jadi surat keterangan bekerja saya otomatis dari dokter saya kan mbak ya?? Soalnya yang menggaji saya beliau bukan pihak RS. Gitu itu masalah gak mbak ya? Karena surat keterangan kerja saya bukan dari perusahaan/instansi tapi dari pribadi (dokter saya).

    Terus kata mbak Ayu, kalo ada kenaikan saldo yang tiba2 di rekening kita itu malah mencurigakan, terus tips biar keuangan rekening kita biar g mencurigakan. Trims ya mbak ayu~

  4. blog menarik, enak dibaca, keep writing ya mbak

  5. bahahahahahaaa ini MEME-nya jempolan bikin ngakak

  6. Hari ini visa saya ditolak, sedih bgt. Mau nyoba keahlian kemampuan bahasa korea saya, gagal total. Mba ayu, kira2 negara mana ya yg visa nya gampang?

    • ditolak? coba taipei aja atau ke hongkong dan macau yg bebas visa gimana?

      • Iya sudah saya telp pagi, dibilang ditolak, siang telp lagi dibilang ditolak, sore saya telp lagi dibilang ditolak. Hehehe nekat bgt, kali aja kan berbuah gtu.

        Yang parahnya lagi, saya ini mahasiswanya Korean Cultural Centre, punya korea langsung. Tetep aja di tolak. Gila bgt.

        Kira2 mba, klo turki sama korea beda jauh ga biaya2nya?

      • Gak ngaruh sih mahasiswa KCC atau bukan kecuali ada yang special contohny dikirim KCC untuk program tertentu ke Korea.
        Biaya turki dan Korea tentu saja berbeda, krn standar turki sdh eropa walaupun separuh bagian Turki ada di Asia. Tiket pesawat kesana pun lumayan harganya ^^

  7. Klo bikin surat sakti KTO tuh caranya gmn sih? Trs syaratnya apa aja?

    • hahahaha itu kalau kita ikut kompetisi misalnya dan menang. KTO bisa mengeluarkan surat rekomendasi yang ditujukan ke kedutaan untuk mempermudah proses pengajuan visanya.
      Syaratnya ya harus ikutan kompetisi yang diadakan KTO ya ^^

  8. nice sharing! aku lg ngurus visa taiwan nih, tp anehnya, smua form pendukung sperti itinerary, tiket psawat, bukti booking hotel smua dkembalikan, yg diambil cuman fotocopy buku tabungan, kk, dan surat keterangan kerja… jd deg2an, kira2 lolos ga yah.. smoga lolos deh, persiapan udah terlalu mateng nih soalnya >.<

    • Ya, benar sekali. Waktu saya ngajuin visa taiwan emang dibalikin semua, hanya tiket, bukti data diri. Bukti tabungan malah dikembalikan ^^
      Yakin lolos! hehehe.. Semangat!!!!

  9. Mba ayu, saya mau tanya.. saya ada urusan kantor ke Jeju, tp waktunya mepet untuk ngurus visa, saya rencana berangkat tgl 25 besok.. saya baca untuk Jeju free Visa, tetapi dari Jakarta sendiri kalau pake Korean Air, transit di Seoul, dan pindah bandara ke Gimpo.. Pertanyaan saya kalau misalkan saya urus Visa nya sekarang apa masih bisa? kedua, kalau misalkan visa g bisa diurus, saya pake Korean Air dengan rute CGK-ICN, GMP-CJU.. apakah bisa tanpa visa?ataukah ada alternatif lain. Mohon pencerahanya.. Terimakasih banyak..

    • Kalau untuk tanggal 25 sepertinya gbs mas urus visanya karena skrg minimal 7hr kerja untuk visa Korea. Tiket sudah dibeli? Berhubung lewat Incheon, maka tetap harus punya visa Korea. Cara satu2nya adalah ke hongkong lalu jeju baru bisa free visa.

      • Blh tau infonya mba klo k hongkong trus jeju maskapainya apa ya? Terusan atau bukan? Maaf saya msh awam. Makasih banyak sebelumnya..

      • Mungkin bisa kombinasi flights mas. Untuk mempermudah bisa cari tahu di web skyscanner atau expedia buat perbandingan harganya.
        Tiketnya sudah beli ya?

  10. Belum mba.. Oke nanti sy cek. Terimakasih banyak y mba..

  11. Sis.
    Minta data travel agent yg bisa bantu pengapplyan ulang visa korea yg ditolak ya.
    URGENT!

    Saya akan berangkat ke korea tgl 16 nov ini dg sm*aili*g tour. Tapi ternyt visa saya pas diajukan ditolak

    thanks

    • Maaf mba gbs bantu karena waktunya juga sudah mepet dan sekarang sudah susah buat apply ulang harus nunggu 3bln lagi

      • Halo mba, aku punya pengalaman ga enak nih, visa ku di tolak, boleh tau travel agent yf bsa bantu seperti contoh di atas?saya berangkat mei, masih ada waktu 1 bulan lebih lagi..

        Please help me ya mba….

  12. hai mba…aku mau tanya2 soal visa ke aussie nih.. minta kontaknya dong🙂

  13. Halo mbak, saya mau tanyaw tentang visa korea. Tp line mbak sudah tidak aktif ya? Tidak bisa di add🙂 saya mau tanya, kalo misalnya perginya berdua. Pengajuan visanya berbarengan atau terpisah ya dokumen2nya? Trims

  14. btw boleh tanya gak.. tadi pagi aku juga baru ngajuin visa korea. aku ngajuin data pake passport baru yang masih kosong. aku lupa banget kasih passport lamaku yang ada cap ke Malaysia dan Singapore >< tapi aku sertain foto copyan passport lamaku disitu. kira-kira ngaruh gak ya?😦

    • Gpp kan ada copy nya. Itu hanya pelengkap saja krn klo kunjungan asia tenggara tidak terlalu pengaruh tetap yang dilihat data2 utamanya.
      Good luck ya ^^

  15. Hallo kak, kbetulan search sy mau apply visa ke korea tp apply dr abudhabi/dubai, jujur aja persyaratannya beda sm d sini, d indo lbh rumit sih tp klo liat blog org lbh gampang kayanya, bs urus pake travel agent dll, d sini ga bisa kak… Galau tkt d tolak,
    1. bisa jadi karna rute sy dubai-korea- indonesia dan ticket indonesia ke dubainya company blom book, sy tkt di sangka mau kabur wkwk
    2. Rekening yg satunya saving account less than 3 months dan satunya payroll card, abisnya mau minta statementnya Bca yg di indo ga bisa via jarak jauh 😭😭😭

    Thanks for sharing

    • Hi!
      Syarat visa korea memang gampang tapi bisa jadi sangat tricky karena bergantung dari masing-masing personal orang yang urus visa. Jadi kalau saya menangani soal visa Korea ini akan banyak pertanyaan soal latar belakang dll. Untuk menentukan dokumen apa saja yang dilampirkan.
      Iya, di Indonesia bisa mengajukan via travel agent dan juga titip orang.
      Kalau bisa rekening sih udah jalan minim 6bln ya. Kalau untuk bank bs juga download dari e-banking bca tapi sayangnya hanya bs 2bln sebelumnya.

    • Halo mbak mie saya Mau tanya apa bener boleh Apply visa korea diluar negara Indonesia.. Soalnya saya skrg lg stay di Malaysia karna ibu saya warganegara Malaysia dan saya sendiri masih warga Indonesia .. Saya Mau apply visa di indo tapi takut karna persyaratan saya tidak lengkap seperti surat kerja, slip gaji,spt, sementara saya sendiri tdk bekerja di indo di Malaysia pun saya tidak bekerja hanya menjaga toko punya ibu saya
      Mohon infonya nya mbak terima kasih

  16. Salam kenal dari saya huipheng.saya mau bertanya .kemarin suami saya pergi kekorea selatan dan ditolak masuk gara gara ngak booking hotel.apakah suami saya masih boleh ajukan visa dan kembali kesna tuk liburan.atau udah kena blacklist.terima kasih tuk infonya.

  17. Mau tanya nih kalo aplikasi visa kita pernah ditolak trus kita jukan visa kenegara lain biasanya ada pertanyaan apakah pernah ditolak pengajuan visa … apakah hrs kita isi yes dan jelaskan detail alasannya? Ataukah kita tulis no, apakah tiap embassy berhubungan atau bisa tau klo kita pernah ditolak visanya.

    • Ngga… itu maksudnya apakah visa kita pernah di tolak di negara tersebut. Bukan di negara lain. Karena tidak ada hubungan antara visa neg yg 1 dan yang lainnya

  18. Kalo yang udah pernah jadi TKW terus mau ngajuin visa ke korea bisa gk ya ? Dalam rangka jalan jalan gitu haha

  19. Saya mau tanya, kalo saya tidak melampirkan rek koran 3bln dan surat ref bank, tp saya melampirkan surat pembayaran pbb bisa tidak ya? Tq

    • Lebih baik lampirkan. Apalagi kalau paspor kosong atau hanya traveling ke asia tenggara saja

      • Terus mba, kalau status saya baru banget lulus kuliah tetapi pekerjaan saya hanya freelance saja, dokumen yang harus saya lampirkan apa ya mba? Dan kalau pakai rek sendiri bisa gak ya? Tapi daya tidak punya spt tahunan karena baru lulus

      • Freelance nya sebagai apa? Lampirkan dokumen freelance terakhir sebagai apa dan juga gaji berapa. Lampirkan juga surat pernyataan tidak ada spt pph21. Tabungan sendiri boleh asal sesuai jumlahnya dengan yang dibutuhkan untuk apply visa Korea yaa

      • Kalau dokumennya tidak ada gimana mba? Hanya ada kontrak kerjanya saja?

      • Boleh kontrak kerjanya. Tapi lengkapi dengan surat keterangan saja dan lampirkan kontrak kerja

  20. Surat keterangannya saya yang buat sendiru atau dari tmpt freelance itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: