Ayu Galuh Anggraini

Aneka oleh-oleh khas Korea

In My Tips, WOW Korea Supporter Indonesia on May 14, 2014 at 3:44 pm

Oleh-oleh itu Indonesia banget. Pasti deh kalau ada saudara atau teman yang traveling langsung ditodong untuk kasih oleh-oleh. Saya banyak terima email dan juga pertanyaan via media sosial lainnya tentang oleh-oleh apa yang harus dibeli saat traveling ke Korea. Nah, ini dia daftarnya versi saya.

1. Kosmetik

Siapa yang tidak kenal kosmetik Korea? Beberapa gerai kosmetik Korea pun sudah merambah Indonesia. Kalau belanja kosmetik di Korea tentunya lebih menyenangkan karena banyak pilihan dan juga banyak bonusnya. Ditambah lagi harganya yang tentu saja kalau dikonversikan dalam rupiah lebih murah dari Indonesia. Biasanya sih yang paling banyak dibeli adalah masker wajah, BB Cream dan sejenisnya, dan kuteks aneka warna yang lucu-lucu.

Membeli kosmetik Korea bisa dimana saja. Mulai dari Myeongdong yang memang terkenal sebagai area belanja kosmetik di Seoul maupun di underground shopping area (di subway station). Mau dapat kosmetik harga miring? Rajin keluar masuk toko untuk cari penawaran harga dan bonus yang paling oke. Hehehe…

2. Pernak-pernik Hallyu

Nah yang satu ini oleh-oleh idaman semua fans selebriti Korea. Banyak toko dan gerai resmi menjual aneka souvenir yang terkait dengan idolamu berupa CD, DVD, buku-buku dan juga tanda tangannya. Kadangkala beli CD bisa dapat poster super besar. Selain itu ada aksesoris lainnya seperti kaus, jaket, lightstick, dan aneka pernak-pernik lainnya. Harganya sih lumayan. Tapi sebagai fans berat, harga tentu bukan masalah kan?

Everysing in Myeongdong

Everysing in Myeongdong

Untuk mendapatkannya bisa di toko-toko KPop di Insadong, Myeongdong, Namdaemun dan Dongdaemun. Sedangkan gerai resmi bisa di Everysing, SM Pop-up Store, YG Shop, dan K-Story. Jadi tinggal siapkan saja budgetnya.

3. Snack Korea

Yang satu ini buat para pecinta cemilan seperti saya pasti suka. Apalagi kan di Indonesia gak ada. Tinggal cari aja macam-macam snack yang aneh-aneh dan unik. Eits tapi untuk yang muslim harus diperhatikan sebelum membeli tentang bahan-bahan yang terkandung dalam snack tersebut. Lebih baik membeli yang sudah direkomendasikan oleh Korean Muslim Federation. List-nya googling aja yah.

4. Kimchi

Korea tentu saja identik dan tidak bisa dipisahkan dari yang namanya kimchi. Makan kimchi yang benar-benar rasa asli Korea ya yang dibuat oleh orang Korea atau kita makan di restoran autentik Korea. Kalau ngga, jujur saja ya, rasanya mirip asinan sawi biasa. Bedanya mungkin karena faktor pembuatnya, dan juga bahan-bahannya, termasuk teknik rahasianya. Memberikan oleh-oleh berupa kimchi tentu saja bisa jadi pilihan yang bagus.

Saat ini sudah banyak kimchi yang dijual dalam kemasan plastik ataupun yang dalam botol kaca. Pastikan semua makanan tersegel rapi dan anti bocor. Jadi jangan sampai begitu koper dibuka, si kimchi sudah nempel di baju-bajumu.

5. Ginseng

Jalan-jalan ke Negeri Ginseng, tentu saja kadang ditanya apa bawa oleh-oleh ginseng? Ginseng yang asli harganya tidak murah. Kalau dalam rupiah mungkin mulai harga 1 juta. Kadangkala, kita merasa tidak perlu beli ginseng mentahnya karena tidak tahu cara mengolahnya atau mungkin hanya buat pajangan saja. Jangan sedih, kan ada produk-produk olahan ginseng lainnya. Seperti makanan, minuman, kosmetik dan juga untuk obat tradisional.

Ada banyak jenis ginseng dan segala serba serbi ginseng, dimana membelinya, serta tips belanjanya bisa kalian temukan pada laman KTO di sini.

6. Teh Korea

Ini hobi saya kalau ke Korea. Belanja teh. Kalau sudah masuk minimarket langsung cari-cari teh yang aneh-aneh buat dijadikan oleh-oleh. Menurut saya, teh ini bernilai lebih dari sekedar minuman saja, karena ada kombinasi antara rasa, sejarah dan juga tradisi Korea di dalamnya. Coba saja cari teh hijau dari pulau Jeju atau teh lima rasa (omija), teh dengan campuran beras (brown rice tea현미차), citroen tea (유자차), teh ginseng dan aneka teh lainnya.

Organic Citroen Tea Source

Organic Citroen Tea
Source

Mencari aneka teh ini mudah kok, tinggal cari di mini market ataupun supermarket yang tentunya semakin besar tokonya, makin banyak pilihannya. Ada juga toko khusus teh seperti O’Sulloc di Insadong. Harga teh yang dijual mulai KRW 15.000 untuk satu paket teh (isi 10 kantong).

7. Peralatan makan ala Korea

Ini adalah salah satu oleh-oleh yang berguna. Saya biasanya membeli sujeo (sendok dan sumpit Korea) untuk oleh-oleh. Tapi ada juga yang membeli ramyeon pot (itu loh panci masak mie yang terbuat dari tembaga) dan juga dolsot (yang ini pasti berat banget, yaitu mangkuk batu untuk makanan seperti bibimbab). Biasanya penggemar alat-alat seperti ini adalah ibu-ibu.

Tidak hanya itu, keramik set untuk minum teh atau untuk peralatan makan juga bisa jadi pilihan. Untuk oleh-oleh biasanya sudah disediakan kotak khusus. Harganya bervariasi tergantung kemampuan kamu menawar harga. Lokasi rekomendasi berburu barang-barang ini adalah di Namdaemun dan Insadong.

8. Hanbok

Ini bukan merupakan oleh-oleh yang cukup murah, tetapi amat sangat direkomdasikan untuk dibeli jika memang kamu punya budget untuk itu. Harga hanbok untuk wanita dipatok mulai KRW 150.000 (atasan dan bawahan) sedangkan untuk laki-laki mulai KRW 130.000. Harga hanbok juga berdasar dari kualitas bahan dan juga ornamennya. Semakin bagus. tentunya akan semakin mahal.

Dimana membeli hanbok? Anda bisa datang ke Dongdaemun market dan juga Gwangjang market. Untuk lebih jelasnya bisa simak rekomendasi dan tips dari KTO di sini

9. Aksesoris

Aksesoris ada dua macam, yang tradisional dan juga yang modern. Kalau yang tradisional biasanya masih berhubungan dengan hanbok. Ada jepit rambut, bros dan juga norigae (노리개). Sedangkan yang modern biasanya yang lagi tren adalah yang sering dipakai oleh para artis Korea. Seperti cincin, kalung, bando, hingga kacamata dan juga topi.

Lokasi berburu aksesoris ini di Myeongdong, Dongdaemun, Hongdae dan Sinchon. Harga mulai KRW 3.000 untuk cincin dan kalung, mulai KRW 5.000 untuk bando, mulai KRW 10.000 untuk kacamata dan mulai KRW 15.000 untuk topi. Lokasi belanja juga menentukan harga loh. Jangan lupa nawar ya, apalagi kalau belinya banyak.

10. Kaligrafi

Hobi kaligrafi atau mungkin ingin coba belajar kaligrafi di rumah? Nah, waktu di Korea lebih baik membeli peralatan kaligrafi di toko ini yaitu di Bangwon Calligraphy. Lokasinya di Insadong. Saya sih suka banget kalau ada yang kasih saya oleh-oleh ini.

Untuk kuas kaligrafi harganya berkisar antara KRW 3.000 hingga KRW 80.000. Hanji (kertas tradisional Korea) harganya sekitar KRW 1.000 hingga KRW 40.000. Sedangkan untuk batu tempat tinta harganya mulai KRW 50.000. Jika ingin membeli kaligrafi yang sudah jadi di area Insadong juga banyak toko yang menjual karya seni kaligrafi dengan aneka media.

11. Kartu pos

Buat traveler yang suka kirim kartu pos dari Korea, bisa membeli aneka kartu pos dengan desain yang unik. Mulai dari yang tradisional hingga modern. Kartu pos ini bisa didapatkan dimanapun, mulai dari toko suvenir hingga supermarket. Kalau yang tradisional tentu saja rujukan utamanya adalah di area Insadong. Kartu pos ini sangat cocok juga untuk oleh-oleh teman yang suka fotografi. KTO juga sering mengeluarkan paket kartu pos dengan desain yang mewah. Saya punya set kartu pos dengan gambar pemandangan alam Korea yang indah hadiah dari KTO. Senangnyaa ^^

Untuk lebih jelasnya mengenai kartu pos dan jika kamu berniat mengirimkannya langsung dari Korea, sila simak keterangan dari KTO di sini.

12. Kipas khas korea

Indonesia adalah negeri tropis dimana suhu udara selalu hangat. Beberapa kota di Indonesia malahan hawanya panas terus yah. Nah, hadiah yang satu ini pasti cocok. Yup, kipas khas Korea (Buchae – 부채). Ada sekitar 80 jenis buchae yang dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu kipas bulat dan kipas lipat. Kalau ke Insadong, disana ada banyak jenis buchae yang bisa kita beli untuk oleh-oleh. Dari yang murah hingga yang mahal, dari yang desain dan coraknya sederhana hingga yang istimewa. Oleh-oleh kipas Korea ini juga ringan dan hemat tempat.

13. Stempel nama

Disebut sebagai dojang (도장). Kalau di Indonesia, kita pakai tanda tangan ya, tapi di Korea kita juga harus membubuhkan stempel nama. Ini juga bisa menjadi ide oleh-oleh yang unik kan? Tinggal pesan saja di toko-toko stempel yang tersebar di seluruh penjuru Korea dan asiknya, stempel namamu dalam huruf hangul. Dijamin deh, di Indonesia jarang yang punya.

Jangan sungkan untuk bertanya pada teman atau petugas penginapan dimana mencari toko yang membuat stempel nama. Pasti mereka akan dengan senang hati membantumu. Harga yang dipatok bervariasi tergantung material dari stempelnya (kayu, giok dan bahkan gading). Sebagai referensi bisa simak aneka model bahan stempel dan harganya (versi ekslusif) di sini.

14. Baju dan sepatu

Pembaca blog saya ini paling sering tanya tentang belanja baju dan sepatu dimana yang oke. Entah buat sendiri atau oleh-oleh. Kalau mau yang harganya normal bisa membeli kaus bertuliskan “I love Korea” atau berbau Korea untuk oleh-oleh bisa membeli di Namdaemun atau Insadong dengan harga mulai KRW 5.000. Jika membeli di Myeongdong harganya akan naik dua kali lipat. Ingin membeli oleh-oleh untuk pasangan? Jangan lupakan kalau Korea gudangnya baju-baju yang seragam alias couple T-Shirt atau couple hoodie, couple sweaters dan lainnya.

Biasanya, toko-toko baju di area mahasiswa di Korea menjual fashion item paling update dan harganya tidak mahal. Kalau sepatu, sudah pernah saya bahas di sini. Untuk mendapatkan kualitas yang terbaik, pastikan baju dan sepatu yang kamu beli benar-benar made in Korea. Dari segi harga memang sudah berbeda. Tapi tetap ya, teliti sebelum membeli.

15. Kaus kaki lucu

Ini mungkin oleh-oleh yang paling murah di Korea dan juga terkenal di seluruh penjuru dunia. Hampir semua traveler yang pernah ke Korea pasti sudah pernah memborong aneka kaus kaki yang warna, motif dan gambarnya lucu-lucu ini. Mulai dari gambar aneka tokoh kartun idolamu, karakter yang lucu, konyol dan bahkan random.

Harga yang dipatok mulai KRW 1.000 saja per pasang. Ukurannya rata-rata all size ya. Huaahh… lihat yang lucu-lucu begini jadi pengen diborong semua. ^^

15. Cellphone cover/ case

Nah ini yang bikin ngiler para cewe khususnya yang doyan gonta ganti cover untuk gadgetnya. Khusus untuk pengguna Samsung dan iPhone, ada banyak sekali casing hp yang melambai-lambai ingin dibeli, untuk diri sendiri maupun untuk oleh-oleh orang-orang terdekat.

Harganya mulai KRW 10.000. Penjual casing lucu-lucu ini ada di mana-mana. Mulai lapak kecil yang jual ahjumma maupun toko dan gerai terkemuka di area-area belanja terkemuka di Korea. Tinggal pilih saja yang mana.

16. Bantal Korea (메밀 베개)

Mungkin ini jenis oleh-oleh yang tidak mudah dibawa karena akan makan tempat. Tetapi karena hanya ada di Korea maka oleh-oleh ini saya rekomendasikan. Bantal Korea berisi biji gandum (buckwheat) yang bentuknya biasanya persegi.

Memang belum ada bukti yang otentik kalau bantal Korea ini bagus bagi kesehatan, namun beberapa pakar kesehatan menyarankan bantal ini karena gandum yang ada di dalam bantal bisa menyesuaikan dan menopang kepala dan leher kita dengan baik, sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik pula.

17. Buku

Ada loh yang minta dikasih oleh-oleh buku. Bukan sembarang buku, tapi buku yang ditulis dalam bahasa Korea alias huruf hangul semua. Biasanya selain untuk koleksi, juga sebagai bahan belajar bahasa Korea.

Gerai toko buku terbesar di Korea adalah Kyobo Book Center, salah satunya ada di Gwanghamun Plaza. Selain membeli di toko buku, ada juga toko yang menjual buku-buku bekas (secondhand). Jika di Seoul maka yang bisa jadi rujukan adalah Pyounghwa Market di wilayah Dongdaemun yang sudah ada sejak tahun 1960an.

18. Magnetic souvenirs

Ini idola saya banget karena memang koleksi. Selain murah, ukurannya tidak bikin penuh tas. Rata-rata harga magnet mulai KRW 2.000. Ada yang bergambar bangunan-bangunan istana, land mark masing-masing provinsi di Korea atau patung batu di Jeju. Lalu ada yang berbentuk hanbok atau pasangan raja dan ratu Joseon.

Bahannya juga bervariasi, mulai karet, keramik, resin, dan juga besi.

19. Rumput laut kering (Gim – )

Biasanya rasanya sedikit asin dan digunakan untuk membungkus nasi atau kimbab. Kejadiannya sih saya malah nyemil rumput laut ini tanpa nasi dan enak banget.  Banyak toko di area turis menawarkan paket rumput laut kering ini, tapi saya sarankan beli di supermarket/minimarket saja karena harganya lebih murah.

20. Soju dan Makgeolli

Kalau teman anda suka dan diperbolehkan minum minuman beralkohol maka tidaklah salah memilih soju atau makgeolli jadi oleh-oleh. Soju lebih keras daripada makgeolli sehingga bagi yang belum terbiasa konon disarankan minum makgeolli dulu. Maaf saya gak paham karena gak boleh minum juga. Hehehe..

Jika ingin tahu lebih detail tentang minuman tradisional Korea yang beralkohol bisa simak laman KTO di sini.

Ngomong soal oleh-oleh dari Korea gak akan ada habisnya, karena bakal banyak banget yang bisa kamu pilih dan beli untuk dibawa pulang ke Indonesia. Semua tergantung budget dan kebutuhannya. Jangan sampe karena terlalu banyak belanja buat oleh-oleh perjalananmu tuntas sebelum waktunya karena kehabisan dana. Be wise and smart traveler. Need more info about souvenirs in Korea? You can check this link from KTO.

Happy traveling!

Note:

Rekomendasi oleh-oleh dari saya:

  • beli cover passport dengan cover ala Korea atau
  • baggage tag dengan motif yang sama.
  • Selain itu tas bisa juga jadi oleh-oleh yang bagus (harga mulai KRW 10.000).
  • shawl (mulai KRW 2500)
  • BB Cream (mulai KRW 15.000)
  • magnet terbuat dari kertas khusus dengan lukisan diatasnya. Belinya di N-Seoul Tower souvenir shop.
  • Barang-barang dari daisho atau sangsangmadang (hongdae)
  • Magnet dan gantungan kunci (beli di Insadong)
  • Dompet, cermin, dengan sulaman dan kain khas Korea (Insadong)
  1. Magnetmu belum diambil yang dari Penang. Ayo kapan gitu ketemuan yuk!

  2. Hihihih… kebetulan atau kebetulan nih sama2 bahas oleh2🙂

  3. aku pernah beli cover pasport korea yg lucu di namsan tower hrganya 5000 won, selain itu aku gak nemu lagi dimana… atau mungkin karena kurang eksplor aja kali ya? hehee… ayu punya t4 beli cover pasport korea yg rekomen slain di namsan?

  4. Mbak… Sebentar lagi aku mau ke korea nih.. Klo mau bawa oleh2 soju dimasukkin bagasi boleh gg? ribet gg yaa?

  5. Kalo korean tea gitu, gak ada di indo ya, teh? Info dong. Saya ga tinggal di Jakarta. Trims ^^

  6. Mba kalo saya beli kosmetik dlm jumlah agak banyak sktr 10biji tp beda2 jenis kira2 kena bea masuk ga ya?

  7. mba ayu..makasih bgt yaa infonya,hr selasa aq n tmn2 mw ke korea,qra2 saran mba ayu apa ya untuk oleh2 tmn kantor yg kurang lbh 30 org?budget backpaker soalnya hehe..
    oia..punya ID line g?
    oia..lbh baik sewa wifi atau HP lokal ya?klo ngandelin free wifi dsana susah g yaa..

  8. kak apa boleh bawa pulang soju ke indo? baka bermasalah sama bea cukai ngga?

  9. Mba itu beli baggage tag kira2 dimana ya? Terus tas 10.000won dimana mba? Thanks

    • Baggage tag khas Korea bs dibeli dimana saja kok. Di toko souvenir namsan tower banyak pilihan. Tas 10rb won juga banyak, di underground shopping centre atau di insadong (ada 2 toko).

  10. wah kak postingannya ringkas dan jelas, thanks ya infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: