Ayu Galuh Anggraini

Cara Menikmati Musim Semi di Korea

In WOW Korea Supporter Indonesia on April 8, 2014 at 11:52 am

Menurut saya, musim yang paling indah adalah musim semi dan musim gugur. Keduanya memiliki daya tariknya sendiri-sendiri. Kalau di bayangan kita musim semi hanya terkait dengan cherry blossom, maka anggapan kita itu tidak sepenuhnya benar. Apalagi beberapa hari ini saya disibukkan dengan mengagumi foto-foto aneka bunga yang berkembang dengan indahnya di Korea. Jangan heran kalau kunjungan wisatawan akan meningkat di bulan April ini. Jadi sebelum kesana harus booking jauh-jauh hari kalau tidak mau kehabisan tiket dan juga penginapan yang strategis.

Buat saya, setiap kali traveling, saya harus tahu disana mau kemana saja dan akan ngapain aja. Jangan sampai ketika sampai malah kebingungan sehingga saat pulang baru menyesal, ternyata banyak hal yang seharusnya bisa dilakukan tapi terlewatkan begitu saja. Kalau saja Korea itu dekat dengan Indonesia, mungkin akan terpikir kesana lagi lain kali. Apalagi kalau dananya berlebih. Tapi, kalau ternyata impian tak seindah kenyataan bagaimana? Nah, tulisan ini mungkin akan membantu memberikan gambaran kepada kalian tentang cara menikmati musim semi di Korea dengan baik dan benar. ^^

Springflowers__yna_kna_L1_0

Cek jadwal mekarnya bunga

Kadangkala, bunga-bunga musim semi berkembang tidak sesuai perkiraan kita. Bisa maju dan bisa mundur tanggalnya. Bukan labil sih, tapi memang demikian adanya. Jadi wajib sering-sering cek website yang terkait dengan pariwasata Korea, karena mereka akan memberikan update terbaru tentang jadwal berkembangnya bunga-bunga nan indah itu. Untuk tahun ini, cherry blossom bisa kita nikmati lebih awal. Sebagai contoh, di link berikut ada perkiraan mekarnya bunga-bunga di Seoul’s Palaces and Royal Tombs.

Mengunjungi aneka festival musim semi

Setiap wilayah di Korea punya wisata andalannya sendiri-sendiri. Begitupula festival musim seminya. Jadi jangan khawatir bakal bosan disana. Festival musim semi ini mencakup beberapa kegiatan sekaligus seperti aneka perlombaan, aneka macam pertunjukan dari tradisional hingga modern dan juga festival kuliner khas Korea. Korea Tourism Organization sudah merangkum aneka festival yang bisa dikunjungi selama bulan Maret hingga bulan Mei melalui link Spring Festival 2014 atau Festivals/Major Events – April & May. Anda tinggal memastikan tanggal kedatangan anda dan festival apa yang berlansung disana. Mudah bukan?

Hiking atau jalan kaki

Kadangkala lokasi-lokasi cherry blossom festival letaknya ada di lokasi pegunungan atau perbukitan. Jadi pengunjung diharuskan untuk mendaki. Biarpun capek tapi pasti terbayar kok dengan keindahan alam yang akan kita dapatkan. Lelahnya langsung hilang seketika saat melihat pemandangan yang tiada duanya. Untuk di Seoul, anda bisa mengikuti Million People Walking Festival of Namsan.  Tujuan diadakannya acara ini adalah supaya bisa menikmati musim semi bersama-sama. Saya pernah jalan kaki dari kaki gunung namsan hingga ke puncaknya. Memang pemandangannya indah. Jalur jalan kakinya juga menggunakan elastic blocks jadi kita bisa jalan kaki dengan nyaman.

 Spring picnic

Kalau traveling rame-rame dengan teman, tidak ada salahnya untuk act like local alias mengikuti cara mereka menikmati musim semi. Salah satunya adalah piknik dibawah pohon cherry blossom. Tinggal bawa alas duduk dan perbekalan untuk mengisi perut yang bisa dimakan rame-rame. Kalau mau minum soju juga boleh bagi yang memang dibolehkan. Menikmati pemandangan sekitar dan udara yang segar, ditemani dengan sahabat. Maka nikmat mana yang akan kau dustakan? Hehehe…

Tips: kalau sudah ada spot yang diinginkan, jangan sampai telat datangnya, karena ada banyak orang yang juga ingin piknik seperti anda. Jadi, datang lebih awal yah.

Bersepeda

Capek jalan kaki? Naik sepeda saja. Santai dan juga sehat. Saat ini ada banyak tur lokal yang menawarkan paket menikmati musim semi dengan naik sepeda. Sensasi yang didapatkan juga berbeda. Saya pribadi suka sekali bersepeda, apalagi kalau view sepanjang jalan dipenuhi pohon-pohon berbunga pink pucat itu. ^^

Hunting foto

Nah ini hobi saya banget. Kamera yang digunakan juga beraneka ragam. Pakai DSLR, pocket atau kamera dari hp juga tak ada yang melarang. Semua akan tampak indah. Saran saya sih jangan nanggung bawa kameranya. Sekalian bawa tripod dan aneka macam lensa. Orang Korea sendiri penggila fotografi, jadi jangan heran kalau ada banyak ibu-ibu dengan kamera yang keren dan lensa yang luar biasa mahalnya itu dengan sabar mengatur tripod dan fokusnya supaya mendapatkan hasil foto yang maksimal. Jangan lupa juga bawa baterai dan memori cadangan. Jangan sampai nyesel yaa…

Take selfie

Kalau dulu, selfie itu hanya dalam keadaan terdeseak alias tidak ada yang mau motoin kita. Sekarang, dimana-mana demam selfie, entah itu pake tongsis atau alat lainnya. Selfie dengan latar bunga-bunga musim semi apalagi cherry blossom pastinya akan menambah kekerenan kita. Bikin iri yang lihat itu pasti. Jadi jangan malu-malu selfie di Korea, lihat saja kanan dan kirimu, mereka selfie juga kok. Jangan lupa dandan, siapkan pose andalan, lihat kamera dan katakan “kimchiiiii!!!”

Mengunjungi Theme Park

Everland adalah satu lokasi wisata musim semi yang saya rekomendasikan. Kenapa? Karena disini kamu bisa melihat bunga tulip dengan aneka warna bermekaran dengan indahnya. Tak perlu lagi jauh-jauh ke Belanda untuk melihat bunga tulip ini. Selain itu ada danau Seokchon dekat dengan Lotte World, tempat diselenggarakannya festival cherry blossom. Lokasi lainnya adalah Seoul land. Cocok deh kalau berkunjung ke Korea dan menikmati musim semi bersama keluarga. Selengkapnya bisa mengunjungi laman Amusement Park Spring Flower Festivals.

Berwisata dengan kereta

Nah ini yang paling saya inginkan kalau berkunjung ke Korea di musim semi. Naik kereta dari Gyeonghwa Station. Jalur cherry blossom di Gyeonghwa ini sepanjang 800 meter menuju Sehwa Girl’s High School dan merupakan hot spot untuk fotografi di musim semi. Area ini juga menjadi tempat syuting film dan drama Korea.

Selamat menikmati musim semi di Korea ya!!

  1. baca say

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: