Ayu Galuh Anggraini

Heotteok pertamaku (ditulis oleh Fatma Adhie untuk Korean Cuisine Giveaway)

In WOW Korea Supporter Indonesia on March 18, 2014 at 11:26 am

Aku sudah sekitar 12 tahun menyukai segala sesuatu yang berbau korea, pada awalnya hanya jatuh cinta sama Drama dan Film mereka, sampai akhirnya merembet ke bahasa mereka, kebudayaan mereka dan sekarang Makanan mereka.

Running Man lah yang membuatku selalu penasaran akan makanan korea, variety show ini kadang menampilkan membernya sedang menikmati makanan khas korea seperti Bibimbab,kimbab,kimchi dll
sampai pada suatu hari dimusim penghujan saat menyaksikan mereka menikmati Heotteok (Pancake korea) aku kok jadi pengen banget, keliatannya enakkk banget disantap panas-panas dicuaca hujan sambil minum teh *mantap deh

Akhirnya searching Di Youtube dan streaming salah satu chanel yg menjafi favoriteku sekarang Maangchi.com dan ternyata caranya mudah, Nah dari situlah aku belajar membuatnya.

Sebenarnya adonannya standar mirip seperti saat kita akan membuat adonan donat bedanya cuman isian dan proses akhirnya.

Bahannya itu:

  • tepung terigu
  • yeast
  • garam
  • gula pasir
  • minyak sayur/zaitun
  • air

Isiannya:

  • kacang Almond/Tanah
  • kayu manis
  • gula merah

Cara membuatnya:
masukkan air,yeast dan gula aduk sampai tercampur rata
Masukkan terigu aduk hingga kalis kemudian tutup
isiannya cukup rajang kasar kacang almon dan gula merah kemudian beri bubuk kayu manis
begitu adonanannya mengembang cukup bentuk bulatan kemudian masukkan isian ditengahnya, setelah itu ditutup dengan adonan lain, goreng dengan sedikitinyak, balikkemudian ditekan hingga gepeng.
Heotteok enak dinikmati saat panas jadi langsung sikat aja kalo dah jadi ^^

1394698835441

Beberapa bulan lalu aku juga pernah menghadiri Pekan korea – indonesia disalah satu Mall ternama Di Jakarta (Mall Taman Anggrek) disana juga disediakan banyak makanan korea buat dicicipi.
sayangnya saya hanya kebagian nyobain Kimchi, tteokpokki dan japchaenya aja,
bagi lidah saya yang terlalu keindonesiaan kimchi agak kurang bersahabat😦 tapi japcjae dan teokkpokkinya enak baget disana selain mereka memperbolehkan kami menyicipi kuga memperlihatkan kami proses pembuatannya.
aku harap event seperti ini berlangsung selama setahun😀

demikian cerita saya tentang makanan Korea Heotteok, semoga kalian menyukainya
terimakasih

———————-

Note dari saya:

Tulisan ini dengan seijin beliau dimasukkan ke dalam blog ini dengan menambahkan foto yang dikirim terpisah melalui email saya.

URL tulisan asli: https://www.facebook.com/notes/fatma-adhie/heotteok-pertamaku/652317481470794

  1. Yey Thanks Ayu… selamat mencoba Teman- Teman😀

  2. Ah, pecinta running man juga? btw ntar 1/2 juni 2014 mereka datang, acara Asean Dream Cup-nya Park Ji Sung, nonton gak? aku ama temen2 udah beli tiket.😀
    *Pecinta Gary sejak episode 1*

    • Suka banget ama Running Man. Pengen banget nonton tapi ada acara keluarga yang gak bisa ditinggalkan jadi aku skip ajah…
      Kali aja nanti Oktober ke Korea lagi bisa ketemu langsung *ngarep* :p

      • Ah, itu cita2 aku ama temen mba, kalo ke Korea sebisa mungkin cari jadual shooting Running Man, kekekeke, semoga bisa ketemu, cubitin Gary kalo ketemu. Wkwkwkwk

      • harus sewa mobil buat ikutin mereka yg lagi race hahahhaa. kecuali emang indoor ya shootingnya jadi bs ditongkrongin ampe kelar *niat bangeeeett* hahahhaa

      • Emang bisa masuk bebas yah? kayanya kalo disiarannya, ada penjaga2nya gitu, biar mereka berusaha nutupin. sepertinya begitu, sedapatnya saja, kalo bisa sekali kecup cukup. wwkwkwkwkwkwk

      • bisa kok. kan itu area umum shootingnya kecuali emang di area tertutup gtu

      • aku sekali peluk aja deeeeh. *eh

Leave a Reply

