Ayu Galuh Anggraini

Balada teman seperjalanan

In Jalan-jalan, My Tips, Random Things of Me on January 11, 2014 at 9:14 pm

stinky2

Kadangkala saat traveling kita mendapatkan pasangan duduk yang random. Apalagi kalau kita menggunakan budget airlines. Ibarat sedang berjudi, kadang kita lucky, dapat teman duduk yg keren, cakep, friendly, dan wangi. Tapi sebaliknya kita mendapatkan teman duduk yang gak keren, gak cakep, gak friendly dan gak wangi.

Oke, gak keren dan gak cakep itu bukan point utama. Tetapi gak friendly alias jutek itu problem. Kena senggol dikit langsung ngamuk. Belum kalau hobinya menggerutu. Itu menyebalkan. Gak cocok sedikit langsung complaint. Saya pernah tuh. Teman duduk saya seorang bapak-bapak yang hobi menggerutu. Lokasi duduk saya dan dia di seat belakang. Sepanjang perjalanan isinya ngomel melulu. Saya yg tadinya ngantuk jadi ikutan pengen ngomel. Duduk disebelahnya membuat mood saya ikut rusak. Alhasil saya ikutan merengut, muka saya jadi jelek. Nambah kerutan saja.

Ada juga pasangan yang hobinya PDA. Well, saya ngga nyalahin ya. Mungkin mereka baru jadian lalu lagi anget-angetnya. Dunia serasa milik berdua dan yang lain disuruh ngeliatin mereka ajah atau tutup mata. Mungkin mereka pasangan yang baru aja honeymoon jadi masih kebawa suasana romantisnya. Nyebelinnya adalah pernah kejadian, pasangan ini berbeda kursi. Oh mungkin mereka ini cinlok kali, batin saya. Nah si cowo ini tiap menit bangkit dari kursinya, jalan ke seat pacarnya (yang melewati kursi saya) lalu dia pura-pura benerin bantal pacarnya lah atau benerin jaketnya, atau benerin syal pacarnya lalu terdengar bunyi-bunyian yang bikin gregetan. Hellowww!!! Setelah saya cukup menahan diri, sekian puluhnya dia lewat bangku saya, saya langsung berdiri dan mlengos ke dia. Dia tau kayaknya kalo saya terganggu, langsung aja detik itu dia balik ke bangkunya. Jan njaluk dibalang sandal! (sorry no translation)

Lain halnya saat ini, saat saya menulis ini. Teman duduk saya seorang asing yang baunya “omaigat what happened with my nose”. Ini bukan bau ketek ya. Tapi kulitnya bau. Saya ga mau rasis ah dgn bilang dia dr negara mana dan ras apa. Tapi ini juga bikin mood saya rusak. Karena saya harus pake masker dan oles2 pewangi. Bau itu menempel lekat hingga ke serat-serat kain baju saya jugak. Hiks… dikira saya nanti yang gak wangi.

Nah, satu cerita lain. Bagaimana kalau teman duduk kamu hobinya bolak balik toilet? Ini problem juga kalau kamu duduk di aisle alias di pinggir. Terganggu gak? Biasanya saya langsung nawarin pindah tempat duduk saja. Daripada saya serasa jadi satpam jagain pintu bolak balik berdiri cuma buat kasi jalan orang yang mau pipis sesering mungkin.

Kalau cerita seorang teman di twitternya, ia curhat kalo baru saja berantem dengan penumpang lain yang duduk sederet dengannya. Penumpang itu ngotot pengen duduk dekat jendela sementara itu tempat duduk teman saya. Akhirnya teman saya marah. Emang sih kebiasaan orang beda-beda, ada yang nganggap bangku kosong itu boleh diduduki atau boleh duduk dimana saja pokoknya deretnya sama denga tiketnya. Sementara kursi itu jadi penanda pesanan makanan misalnya atau kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan jadi bisa ketahuan yang mana kita (you know what i mean).

Saya bingung harus ngapain kalau sudah begini selain pura2 tidur, dengerin musik atau nulis tulisan seperti saat ini. Tapi satu yang harus saya pelajari adalah seperti hidup. Kita harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi, karena kejadian yg terjadi di hidup kita hanya ada dua. Enak dan gak enak. Seperti melempar dadu yang angka-nya tidak pernah sama setiap kali kita melemparkannya, seperti teman duduk di perjalanan kita. Like it or not, you have to face it.

Happy traveling!

(Ditulis beberapa bulan lalu sambil megap-megap setengah mabok karena bau!!)

  1. Ada lagi yang duduk di tengah, terus pas mau landing badannya dimiringkan ke jendela karena pengen lihat pemandangan.Kadang miringkan badannya nggak tanggung2.

Leave a Reply

