Ayu Galuh Anggraini

My 2014 New Year’s Eve in Singapore

In Random Things of Me, Singapura on January 2, 2014 at 10:47 pm

Liburan kali ini benar-benar hectic dan bisa dibilang liburan ala hardcore backpacker. Setiap teman yang bertanya dan saya kasih tau pasti langsung nahan napas atau langsung reply: “gak capek tuh?” atau “gak mabok tuh?”. Bohong banget kalo saya bilang gak capek dan gak mabok. I am now like a zombie but I am a really happy zombie. Jangan bayangkan zombie yang sedang senang itu seperti apa ya. Hahaha…

Berikut ini rute yang saya jalani untuk berpetualang di akhir tahun ini: Jember – Semarang – Jakarta – Bandung – Johor Bahru – Singapore – Johor Bahru – Bandung – Jakarta – Jember (soon). Iya, ngebayanginnya aja saya tau pasti capek apalagi ngejalaninnya. Ya kan? But I have lots of stories to tell you from my recent journey.

Mari kita lewati petualangan di Johor, karena nanti ada ceritanya sendiri ajah. Sekarang langsung tentang apa yang saya lakukan di Singapura. Sesampainya di SMRT Kranji, saya menuju ke Harbour Front Station untuk ke S.E.A Aquarium. Bosen deh keseringan ke USS (hahaha.. gaya amat ya!) walaupun sempat berencana untuk countdown disana. Tapi saya lebih memilih Aquarium karena konon katanya aquarium terbesar di dunia. Jadinya pengen membuktikan dengan mata kepala sendiri. hohoho… (cerita khususnya menyusul ya).

Nasi sotong super enak….

Ternyata di Vivo City suasana padat merayap. Antrian beli tiket MRT mengular naga, karena semua disarankan untuk membeli return ticket supaya tidak mengantri panjang. Saya langsung ke lantai paling atas dan makan dulu di Food Republic. Menunya adalah sotong bakar ala kedai Riverside. Berlabel Indonesia, kedai ini cukup ramai dan ternyata rasa makanannya benar-benar enak. Sotong bakar set ini terdiri dari nasi yang disiram kuah kari, telur mata sapi (setengah matang) dan sotong bakar yang dipotong-potong dan disiram bumbu kecap. Harganya SGD 6 sekian (lupa hehe). Enak!!!

penampakan nasi sotong bakar

penampakan nasi sotong bakar

Sudah kenyang kita cabut ke S.E.A Aquarium dengan membeli tiket monorel seharga SGD 4. Banyak petugas berpakaian putih-putih berjaga-jaga dan juga sudah ada jalur-jalur khusus yang disiapkan. Setelah mencari tahu, ternyata bakal ada Siloso Beach Party yang juga diklaim sebagai “Asia’s largest beach countdown party”. Kalau saya ikutan pasti jadi perhatian karena beda sendiri *kibas jilbab*. hahaha..

1383405917413

Sudah puas puter-puter di S.E.A Aquarium saya pun lanjut untuk ke lokasi selanjutnya yaitu Marina Bay dengan berbekal 2 paket sotong bakar. Soal dimana lokasi saya akan countdown bersama suami ini yang bikin puyeng. Karena saya maunya di Esplanade sedangkan suami di Marina Bay Sands. Akhirnya ikut aja deh di Marina Bay Sands (puter-puter MRT sampe 4x tapi gak pake berantem loh. hahaha). Lautan manusia pun sudah menyambut saya. Mau ke toilet antri, naik eskalator juga ngantri. Sampe-sampe ada bule nekat lawan arus naik ke tangga turun dan disorakin rame-rame. Si bule cowo sampe grogi dan nyaris jatuh.

penuh sesak

penuh sesak

Berhubung haus, jadinya cari minum dulu di guardian (biasanya kesini beli obat), dan membeli 3 botol air minum dan saya menemukan iPhone 5 yang tertinggal dan saya kembalikan ke kasir kalau saja si empunya balik. Kasian kan kalo dia gak bisa selfie atau update di social media kalo hp-nya ilang. Benar-benar deh perjalanan kali ini penuh cerita.

Ketika sampai di lokasi countdown, saya langsung cari lokasi “ngemper” dan makan. Ya anggap aja piknik. Sebelah saya anak kecil yang terkantuk-kantuk duduk disebelah Ibunya yang pasang muka super boring. Ternyata orang Indonesia. Gak lama, suaminya dateng bawa nampan bermuatan 3 mangkuk laksa yang dia bilang soto. Saya cuek aja makan hingga 15 menit sebelum jam 12 malam.

Dilamar jelang tahun baru

Eh bukan saya loh ini. Jadi saya dan suami lagi nyempil-nyempil cari lokasi berdiri yang enak supaya bisa merasakan kayak apa sih tahun baruan di Singapore ini. Tiba-tiba semua orang tepuk tangan dan juga bersorak sorai. Langsung deh kepo-nya kumat. Rupanya ditengah-tengah keruwetan dan juga berjubelannya orang, ada yang dilamar. Seru juga ya. Mau ah *lho!!* (Kemudian dilirik suami).

Kembang api di langit Singapura

Ternyata benar dugaan saya. Lebih enak kalau posisi kita ada di sisi Esplanade dan bukannya di Marina Bay Sands. Tepat di sebelah Esplanade rupanya ada konser tahun baru dan diakhiri dengan acara ajep-ajep sampai kira-kira jam 2 dini hari. Jujur aja nih, saya ngga merasakan kehebohan tahun baru seperti di Indonesia yang sebelum jam 12 malam sudah dar der dor, jedar jeder sampe seperti di perang Iraq kata Ailsa di status FB-nya. Gak ada juga hitung mundur yang saya dengar. Tiba-tiba saja langsung kembang api diluncurkan menghiasi langit malam. Semua serentak mengangkat gadget-nya dan berteriak “waaaa uwaaahhhh” hingga semua kembang api diluncurkan. That’s it.

Gak dapet kembang apinya tapi dapet lautan manusia dengan gadgetnya >_<

Gak dapet kembang apinya tapi dapet lautan manusia dengan gadgetnya >_<

Meski di foto ini tampah seperti bintik-bintik, itu adalah balon-balon kecil yang dihanyutkan dan nampak keren sekali jika diterpa cahaya lampu sorot berwarna-warni. Kreatif!

Entah kenapa saya merasa ini tahun baru tersepi selama ini. Sambil melihat kembang api saya rindu Ibu, rindu adik-adik dan rumah. Tapi saya bersyukur saya tidak melewatinya sendirian, ada suami tercinta di samping saya. Kita berdua sudah berhasil melewati masa-masa baik dan buruk berdua. Sambil melihat kembang api yang terpecah di udara saya berdoa. Semoga saya, suami, keluarga, rekan-rekan, dan orang-orang terdekat kami bisa mendapatkan yang terbaik di tahun 2014 ini. Aamiin.

Kelar lihat kembang api, semua orang-orang berduyun-duyun pulang. Pulang dengan meninggalkan sampah yang berserakan di sana sini. Tak beda dengan di Indonesia. Ini pemandangan langka yang saya dapatkan di Singapura. Negara yang penuh dengan aturan ketat dan denda tinggi tanpa ampun buat yang melanggar. Lalu saya duduk begitu saja di lantai. Berdua suami berdiskusi tentang banyak hal, dengan backsound musik ajep-ajep dari arah Esplanade. Seketika saya dihampiri oleh seorang reporter dari The Strait Times untuk diwawancara perihal pengalaman tahun baru dan juga pendapat saya tentang sampah yang berhamburan ini.

sampah dimana-mana

sampah dimana-mana

Drink Drunk Drama

Pelajaran buat saya deh. Hindari toilet yang dekat dengan area party. Yeah, you know what i mean. Kasihan ama mba-mba petugas kebersihan yang harus membersihkan sesuatu yang tertumpah di lantai itu. Belum lagi yang ngomel-ngomel kalo dia mual-mual dan pusing. Saya mbatin aja, siapa suru minumnya kebayakan dan jackpot. Muka hangover itu jelek tauu. hahaha…

Lagi enak-enaknya makan bakso seafood di food court ada yang drama di lantai atas. Jerit-jerit, dorong-dorongan ama pasangannya. Lalu mereka dilerai, lalu balik berantem lagi. Jerit-jerit dan dorong-dorongan. Cewenya nangis dan dipeluk ama temannya. Hadehhh…

Sekali setahun

Saya ngantuk berat, sementara nanggung kalau cari penginapan. Akhirnya saya turun ke arah MRT. Sudah ditutup sih MRT-nya. Tapi saya cari lokasi yang terang buat leyeh-leyehnya. Suami bilang, kapan lagi bisa kayak gini. Cuma setahun sekali merayakan tahun baru seperti ini. Homeless. Lalu kami berdua pun ngemper di lantai mall.

” Kapan lagi bisa ngemper kayak gini?” ucap suami saya

Saya pun tertawa sambil memotretnya. Iya, kapan lagi ya?

Sleepy hubby

Sleepy hubby

Selamat tahun baru semua!!

Tips:

  • Booking tiket jauh-jauh hari biar murah
  • Booking hostel/hotel/guest house jauh-jauh hari biar murah
  • Kalau tiket mahal cari jalur alternatif ke Singapura. Bisa via KL, Johor atau Batam
  • Kalau penginapan mahal bisa ikuti cara saya homeless sehari di Singapura
  • Pilih lokasi dengan tepat. Jangan ngawur kayak saya. hahaha…
  • Suka party? Bisa ke club house-nya Marina Bay Sands atau ke Beach party di Siloso, Sentosa Island
  • Jangan banyak minum nanti malu-maluin kalo jackpot
  • Sediakan ransum yang banyak buat begadang, karena dimana-mana antri
  • Jangan banyak minum karena toiletnya antri dan juga jorse
  • Perhatikan jadwal terakhir MRT biar ngga ketinggalan kereta
  • Ke Marina Bay Sands naik MRT yang stop di Bayfront station. Jangan salah stasiun ya.
  • Jangan buang sampah sembarangan. Bawa nama baik negara ya teman!!
  1. Itu balon kecil terus gak jadi sampah? Ya ampun nekat banget kowe, sampai dibela2in ngemper.

    Di Jakarta emang ngaco kembang apinya, tahun baru belum, udah latihan dulu. Entah gimana nanti keriaan saat Imlek.

    • gak tau deh, yang jelas emang disana fasiltas tempat sampahnya kurang, plusssssss banyak orang Indonesia pindah.
      tau sendiri deh budaya lempar-lempar sampah seenaknya disini. Bodo amat dibilang jelek-jelekin bangsa sendiri, tapi emang kenyataan.
      Suami sih kangen suasana Bali (Kuta) waktu tahun baru. Kita ketemu orang asing dan rayain tahun baru bareng, bahkan gw dikasi terompet pula.

  2. Hehe, nekat banget taun baruan di Singapura🙂 MRT ngga 24 jam ya pas taun baruan?

    • jelas ngga sih. Sama kaya waktu F1, MRT-nya mungkin hanya sampai jam 1-an gitu.
      makanya ada sign disuruh tanya ke info center kereta terakhir di stasiun itu terakhirnya jam berapa, karena beda-beda dan disarankan beli tiket return biar gak ribet dan ngantri

  3. halo ayu !
    salam kenal yaa, mau tanya2 nih..
    sy ad rencana mau newyear eve tahun ini di SG, rencana awal pagi mau ke USS dulu, siang balik ke penginapan, sore ke merlion tahun baruan, tp abis baca blog ini, mungkin bakal tahun baruan di esplanade hihi
    tp masih bingung, nanti setelah liat kembang api begitu mau balik ke penginapan, aman ga yaa jalan kaki? kebetulan penginapan sy di daerah chinatown. kalo misalnya naik MRT ternyata tutup, kira2 masih rame kah dijalan, brani ga ya jalan kaki baliknya? hehe

  4. saat leyeh-leyeh di tempat mrt itu, diteruskan sampai pagi atau hanya sekedar leyeh leyeh sebentar? kalau diteruskan sampai pagi apa tidak ditegor?

  5. jadi leyeh-leyeh disitu sampai pagi, dan kemudian pergi saat kereta mulai beroperasi kembali?

  6. kalau tidak menyewa hotel, bagaimana saat mengisi data imigrasi sebelum berangkat karna didata tersebut ditanyakan tempat penginapan

  7. halo mau nanya donk..nanti mau tahun baruan di marina bay & penginapan di chinatown, ada pangkalan taxi atau tranpsort yang bisa beroperasi ga ya setelah acara tahun baru?

  8. Haii mbk, saya mau tnya, sblmnya sya udah pernah ke Sg , cuma ini pertama kali di moment tahun baru, rencana desember besok. Nah baiknya sya pesen hotel buat malam itu gak ? Tp saya takunya transportasi stlah perayaan gak ada ? Klo gak ada apa harus nunggu sampai mrt buka yaa ?

    • Iyaa harus tunggu sampe mrt buka. Tapi klo taxi saya rasa banyak apalagi skrg ada aplikasi grab juga walaupun saya sangsi mudah mendapatkannya krn semua org merayakan tahun baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: