Ayu Galuh Anggraini

Bang!

In Seoul - Korea, WOW Korea Supporter Indonesia on December 5, 2013 at 9:02 am

Ini bukan suara pistol atau suara sesuatu yang dibanting, atau panggilan kakak dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Korea, “bang” artinya adalah “kamar”. Tetapi bukan sembarang kamar ya, bang yang akan saya bahas disini adalah kamar istimewa dengan berbagai macam fungsi loh. Daripada penasaran, mari kita jelajahi satu per satu ㅋ ㅋ ㅋ ^_^

Jimjilbang (찜질방)

Jimjilbang adalah ruangan sauna yang besar dimana orang pergi untuk mengeluarkan keringat dan juga beristirahat. Tempat ini biasanya dikunjungi beramai-ramai dengan keluarga dan teman. Biaya yang dikeluarkan pun tak mahal, sekitar 8000 won untuk jimjilbang dan 2000 won untuk baju-nya. Jadi total untuk bisa masuk ke area jimjilbang adalah 10.000 won (harga standar).

Fasilitas yang ditawarkan masing-masing jimjilbang berbeda-beda dan berpengaruh ke harga yang dipatok untuk pengunjung. Jimjilbang yang besar biasanya menawarkan fasilitas lengkap seperti peralatan olah raga, komputer, televisi, dan bahkan restaurant di setiap ruangan sauna-nya. Jimjilbang juga bisa jadi pilihan bagi traveler yang ingin menginap dengan biaya murah, tentu saja hanya tidur di lantai dengan alas tidur yang disediakan. Namun ternyata ada juga jimjilbang yang menyediakan ranjang susun.

DVD bang (DVD방)

Pengunjung bisa memilih film dan menontonnya di ruangan yang khusus hanya untuk mereka sendiri, yang didalamnya terdiri dari TV layar datar yang besar dengan audio system yang bagus serta sofa yang nyaman atau bahkan tempat tidur lengkap dengan selimutnya. DVD bang banyak terdapat di area Hongdae dan Sinchon. Harga yang dipatok berkisar 10.000 – 20.000 won untuk per film-nya. Tidak terlalu mahal bukan?

Bang yang satu ini memang termasuk salah satu bang yang memiliki reputasi buruk, karena menjadi tempat nge-date pasangan anak muda di Seoul. Tetapi buat yang ingin memang benar-benar menonton film secara privat maupun hanya dengan teman-teman dan keluarga, tentu saja tempat ini menjadi pilihan yang sangat tepat.

Screen Golf bang

Sebenarnya ruangan ini adalah ruang simulasi golf. Pengunjung menyewa ruangan khusus yang dilengkapi dengan perlengkapan golf (bola, stick golf, bahkan sepatunya). Sehingga rasanya seperti sedang bermain golf sungguhan. Pengunjung bisa bermain 18 holes atau cuma simulasi driving range. Enaknya, kita bisa memilih akan mencoba area golf mana saja di seluruh dunia dan tidak perlu capek-capek berjalan kemana-mana.

source

source

Noraebang (노래방)

Adalah nama lain dari ruang karaoke, yaitu ruangan dimana kita bisa bernyanyi sesuka hati di depan teman-teman, keluarga ataupun sendirian saja. Seperti yang biasa kita lihat di drama Korea, noraebang disana ada yang dilengkapi dengan panggung khusus, bahkan kostum yang unik. Biasanya orang Korea pergi ke noraebang setelah makan malam atau setelah minum bersama. Just sing and have fun!

PC bang (PC방)

Ini merupakan nama lain internet café. Tetapi jangan membayangkan café yang tenang dan nyaman ya. PC bang di Korea lebih kepada ruangan penuh komputer dengan anak muda (biasanya laki-laki) yang bermain online video games. Tidaklah heran bahwa banyak pemain game yang terkenal berasal dari Korea dan mereka memulai semuanya dari PC bang ini. Kalau tidak tertarik bermain game, anda masih bisa menggunakan fasilitas internetnya. Untuk 1 jam-nya sekitar 1.500 won saja.

Manhwabang (만화방)

Komik dan novel bergambar di Korena dinamakan manhwa dan manhwabang adalah tempat dimana kalian bisa membaca, saling tukar, atau meminjam manhwa. Daripada membeli komik yang nantinya hanya dibaca sekali, lebih baik membaca di manhwabang saja dengan harga yang sangat murah untuk dibaca di manhwabang atau di rumah. Tentu saja semua manhwa berbahasa Korea dan pengunjungnya biasanya anak-anak atau remaja.

Game bang (게임방)

Tempat ini adalah tempat bermain bagi semua orang, termasuk anda. Daripada bosan di rumah tanpa kegiatan, banyak orang Korea berkunjung kemari dengan teman dan keluarga untuk bermain kartu atau permainan lainnya seperti monopoly, catur, uno, dan permainan menyenangkan lainnya.

Peulseubang (플스방)

Tidak punya play station (PS) di rumah bukan masalah di Korea, atau kalau main di rumah harus berhadapan dengan orang tua. Peulseubang solusinya, dimana setiap ruangannya dilengkapi dengan sistem terbaru dan juga game terbaru termasuk juga game-game lawas yang populer. Selain itu pengunjung akan bisa menikmati permainan disini dengan layar lebar dan bisa meminta berapa banyak game controller-nya. Saya bisa membayangkan pasti isinya banyak laki-laki main game sepak bola.

Multibang (멀티방)

Sesuai namanya, ini adalah ruangan dimana kamu bisa melakukan apa saja. Mulai dari bermain aneka macam games, karaoke, surfing (internet), maupun nonton film. Harga yang ditawarkan sekitar 10.000 hingga 20.000 won per jam dan sudah termasuk snack dan minuman. It’s a good deal!!

Kalau saya sih mau coba manhwabang (kalo komiknya pake bahasa Inggris bolehlah, secara bahasa Korea masih zero) dan multibang aja, semua lengkap hehehe.  Kalau kamu mau coba yang mana?

Happy traveling!

  1. multibang itu jadi kayak kamar pribadi gitu? Bisa dipakai mesum gak? *pertanyaanku*

  2. yo ngga donk. disana gak ada FPI :)))))

  3. […] yang sudah dibuat sebelumnya di tanah air. Misalnya ke Lotte world theme park, bersantai di jimjilbang dan aneka bang lainnya, atau juga ke cafe-cafe unik yang bertebaran di […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: