Seoul Shop Spot: Shoes Alley, Dongdaemun

Musim dingin di Korea segera tiba. Suhu akan semakin dingin dan salju akan turun. Bagi traveler dari negara beriklim tropis seperti saya, wajib mengenakan segala macam atribut musim dingin yang harus dikenakan supaya tidak membeku. Selain jaket, syal, penghangat telinga, salah satu yang tidak boleh lupa adalah sepatu khusus winter. Kenapa? Karena untuk yang traveling bacpacker seperti saya, akan menghabiskan banyak waktu dengan naik turun kereta, dan jalan kaki. Maka sepatu menjadi elemen penting yang tidak boleh diremehkan, apalagi saat musim dingin.

Sepatu yang nyaman digunakan saat musim dingin harus hangat artinya harus memiliki lapisan khusus penghalau dingin. Berhubung suhu-nya minus, jangan coba-coba pakai sepatu terbuka dan tipis kalau tidak mau kena frostbite. Sepatu yang oke juga harus bisa aman digunakan di jalanan yang bersalju, artinya harus anti slip. Kamu tidak mau kan liburan jadi kacau gara-gara kepleset di salju dan cedera.

Saya punya rekomendasi tempat membeli sepatu yang oke dan kualitasnya bagus di Seoul. Tempat ini saya temukan saat sepatu boots saya yang saya beli di Indonesia ternyata sama sekali tidak bisa digunakan di suhu minus saat musim dingin.

Cara menuju kesana:

Gunakan Seoul Subway Line 4, dan turun di Dongdaemun station (128) lalu keluar melalui exit 7. Begitu keluar dari exit 7 lalu lurus aja ke arah sebelah kiri Dongdaemun Gate (Heunginjimun Gate). Ikuti saja jalan itu nantinya di sebelah kiri ada gang kecil dengan penanda banyak dijajakan sepatu-sepatu.

Harga sepatu-sepatu disini bervariasi tergantung model dan juga materialnya, mulai dari KRW25.000. Beberapa items yang dihargai KRW10.000 juga ada, biasanya yang sudah last stock. Rata-rata harga yang dipatok sudah fix (tidak bisa ditawar) karena sudah murah dibandingkan dengan yang dengan yang dijual di gerai-gerai sepatu dengan model serupa kecuali (mungkin) kamu membeli dengan jumlah banyak (wholesale).

shoes alley dongdaemunTips:

  • Penjual sepatu disini rata-rata bisa bahasa Inggris standar. Jadi kalau anda ingin menanyakan harga tinggal tanya “how much” atau dalam bahasa Korea “i-geo eol-ma-ye-yo?” dan mereka akan menunjukkan angka di kalkulator atau dengan isyarat tangan. Sedangkan untuk menanyakan ukuran, anda tinggal bilang “size” yang biasanya mereka akan menanyakan untuk siapa sepatunya (laki-laki atau perempuan).
  • Size sepatu di Korea berbeda dengan Indonesia. Beberapa toko ada yang menjual dengan size sepatu dengan size (misalnya) 35-40 atau dengan size (misalnya) 6-10. Tetapi di Korea angkanya ratusan. Jadi kalau sepatu-mu ukurannya 37 berarti disana size-nya adalah 235, dan jika sepatumu ukuran 40 berarti di Korea size-mu 250 (kelipatan lima).

Kalau ternyata kamu belum menemukan yang cocok, banyak penjual sepatu dadakan yang berjualan di lorong-lorong subway Dongdaemun station. Harga yang mereka tawarkan sekitar KRW10.000 untuk segala macam sepatu, size berapa saja. Tetapi biasanya bukan buatan Korea.

Happy traveling! (and shopping) ^_^

Advertisements

8 Comments Add yours

  1. Busyet, sizenya ratusan. Ngeri banget, kalau kakinya gede makin beratus2 sizenya. Btw, itu kurs kalau dirupiahkan jadi berapa?

    Aku susah cari sepatu winter yang mau masuk di betis karena kaki size 36 betis ukuran size 40.

  2. ayuavenue says:

    bojoku size-ya 270 loh. hahahhaa…
    rate sekarang kisarannya 11,5 ail. jadi yo kalo 10.000 won berarti 115.000 rupiah ya.
    kan dikau di hk sekarang, mampir shenzen di luohu ada banyak boots murah. Harganya murah banget kok, ditawar2 bisa jadi sekitar 100rb-an kok.

  3. nitanituul says:

    kebantu bgt bc blog mba.. mba minta tips liburan kekorea wktu musim semi donk klo ada. kbtln saya hrsnya februari ini kesana tp krn visa yg g jd2 dan agen tour yg acak adul (?) akhirnya mundur (lagi) tgl 1maret. pdhl udah beli boot+coat buat winter. huhuuu T.T .. minta saran jg donk mba outfit buat musim semi ky apa yah krn saya br prtma kali mw kesana .. mksh lo mbaaaa… ditunggu balesannya hihi

    1. ayuavenue says:

      tanggal berapa ke sananya? Kalo maret masih lumayan dingin. Pake coat dan boots masih boleh. Karena hawa untuk org Indonesia masih dingin.
      Thanks sdh mampir yah. Btw kok bs molor2 gtu?

      1. nitanituul says:

        tgl 1maret mba. iya nih entah agennya yg g jls ato kedubesnya.. ud hmpr sbulan ngurusin visa tp kt agen, dr kedubes minta persyaratan mcm2 … jd gak sls2 malah smpe mgu kmrn ini aj aku msh krm2 surat sponsor .. lwt agen mlh ribet ngurusnya -___- udah kesekian kalinya dimaju mundurin jadwalnya sm si agen dg alasan visa ..

      2. ayuavenue says:

        hmmmm…. tapi skrg sdh keluar visanya atau belum? Kalo sebulan kok kayaknya gak masuk akal kecuali ada event khusus dari kedutaan jadi molor. Itupun gak sampe sebulan. 😦 Kalau urus sendiri bisa telp ke kedutaan bagian visa sudah jadi apa belum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s