Ayu Galuh Anggraini

Berkunjung ke Tourist Information Centre (TIC) Gangnam

In Jalan-jalan, Seoul - Korea on November 9, 2013 at 12:35 pm

Saat membaca ulasan tentang TIC ini di website Visit Seoul saya langsung tertarik untuk mengunjunginya karena katanya disini fasilitasnya super lengkap. Pokoknya lain daripada yang lain lah. Pengen tau apa istimewanya TIC yang satu ini? Baca terus tulisan saya ini yah…

Gangnam TICTIC  yang baru dibuka bulan Juni 2013 ini letaknya tidak jauh dari Apgujeong Station (line 3 exit 6), tepat di sebelah Hyundai departement store. Begitu masuk saya langsung terpana dengan begitu kerennya Gangnam TIC yang bangunannya terdiri dari 2 lantai ini.

Lantai 1

Ada beberapa bagian disini yang disediakan untuk para traveler yang sedang berkunjung ke Seoul dan khususnya Gangnam.

  1. Tourist Information Desk. Kamu bisa menanyakan pertanyaan apa saja yang berhubungan dengan wisata misalnya lokasi-lokasi wisata di Seoul, tempat makan yang oke, akomodasi dan event-event yang sedang atau akan berlangsung. Para staff TIC disini memberikan pelayanan dalam bahasa Mandarin, Jepang dan bahasa Inggris.
  2. Travel Agency. Buat kamu yang ingin ikutan paket traveling dan juga reservasi hotel, semua bisa dilayani disini.
  3. Service Desk. Pembelian aneka kartu untuk kebutuhan travelingmu, penyimpanan barang (loker) dan juga jika kamu ingin ikut City Tour Bus. Just ask them.
  4. Currency Exchange Booth & Global ATM. Kehabisan KRW dan masih ada USD? Tuker aja disini, atau bisa tarik tunai di ATM (yang ini kebiasaan saya nih)
  5. Lounge. Ada small cafe disini. Kalau ingin rehat sejenak habis jalan kaki muter-muter tinggal mampir di cafe-nya saja.
  6. Internet Lounge. Ada free internet dengan akses wifi yang super cepat.
  7. Cosmetic Surgery Zone. Ingin operasi plastik di Gangnam yang terkenal, tapi butuh referensi? Nah tinggal mampir aja ke TIC
  8. Dermatology Zone.
  9. Korean Traditional Medicine & Medical Checkup Zone
  10. Medical Tour Centre. 

Disini juga tersedia aneka macam brosur, peta, buku wisata yang bisa jadi panduan kamu selama traveling dan semuanya gratis. Saya suka koleksi aneka macam brosur pariwisata di Korea yang isinya super lengkap jadi tidak khawatir nyasar deh.

Let’s go to the fun part of this TIC. Yuk ke lantai 2!!!

Nah, kita akan naik tangga yang dihiasi oleh poster-poster Korean drama yang dibingkai cantik. Semua drama favorit saya ada disini. Tinggal ketemu aslinya aja deh. >_<

K Drama posterK-Wave Experience Zone

1. Digital Experience Zone

  • kamu bisa melihat video terbaru dari artis idola kamu di LFD Screen
  • Melihat video yang “unpublished” dari idola kamu di Touch Star Zone, kamu bisa simpan di gadgetmu dan melihatnya nanti dengan spesial service dari TIC
  • Berfoto dengan bintang KPOP melalui instalasi yang dipanjang disana. Saat itu yang dipajang adalah EXO.

Korean wave and touchstar zoneKPop stars zone2. Hallyu Star Memorabilia Exhibit Booth

sistar's3. Hallyu Star Experience Zone

you can try thisfor eyes only

infnite and snsd mv setsecret MV set

SuJu M MV Set4. Souvenirs/Hallyu Star MD Zone.

5. K Drama Sets

kim do jin's living roomLengkap bukan? Mau foto ala artis KPOP tinggal nyobain aneka macam baju dan juga aksesoris yang disediakan disana dengan gratis. Kalau mau dandan dulu sebelum foto juga ada kok tempat make up-nya. Buat kamu yang hobi berfoto, jangan lewatkan kesempatan ini yah.

Nah, untuk yang cari-cari souvenir atau album terkait dengan Korean Drama/KPOP/Movies coba mampir ke toko souvenir-nya. Saat teman saya beli album EXO disini, dia dikasih bonus poster gede dari EXO!! Langsung deh dia loncat-loncat kegirangan.

Untuk yang ingin keliling Gangnam gak pake capek dan repot, ikutan aja Gangnam City Tour Bus. Biayanya KRW 12.000 (mulai Desember 2013) saja. Bus ini beroperasi mulai jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Rutenya mana saja? catat ya:

Gangnam TIC > Apgujeong Rodeo Drive > Cheongdam Luxury Fashion Street > Hotel Prima > Hotel Riviera > Bogeunsa > Coex > Yangjaecheon > Gwangpyeong Daegun Myoyeok & Philkyungjae (Royal Tomb) > InterContinental Hotel > Seolleung & Jeongneung > Renaissance Hotel > LG Arts Center > Kukkiwon > Gangnam Station > Hotel Ritz Carlton, Novotel > Hotel Samjung > Imperial Palace Hotel > Dosan Park > Garosu-gil (Yeongdong Hotel) > Garosu Gil (Hyundai High School).

Happy Traveling!

  1. Paling keren tuh KTO yang deket dengan Cheonggyecheon stream, soalnya di situ kita bisa nyobain Hanbok gratis ^_^

    • Kantor KTO beda dengan tourist information centre. Kalau KTO memang organisasi yang khusus untuk mempromosikan korea secara global. Biasanya TIC itu hanya ruangan kecil di subway atau bangunan yang kecil hanya sebagai tempat tourist bertanya, mengambil brosur/map. Makanya TIC yg satu ini berbeda dr yg lainnya.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: