Ayu Galuh Anggraini

Menyaksikan indahnya Seoul Lantern Festival 2013 (서울등축제)

In Jalan-jalan, Seoul - Korea on November 3, 2013 at 9:57 pm

Sungguh beruntung sekali saya kali ini, tepat sebelum saya pulang ke Indonesia saya masih bisa menyaksikan festival tahunan yang terkenal ini. Festival ini bertempat di sungai Cheonggyecheon atau biasa disebut Cheonggyecheon stream yang letaknya di pusat kota Seoul.

welcome to Seoul Lantern FestivalCara menuju kesini via Subway:

  • Line 2 stop di Euljiro 1-ga station lalu keluar melalui exit 2 atau 3
  • Line 1 stop di Jonggak Station lalu keluar melalui exit 5
  • Line 5 stop di Gwanghamun station lalu keluar melalui exit 5

Festival ini dilaksanakan mulai tanggal 1-17 November 2013 mulai pukul 17.00 hingga 23.00 waktu Seoul dan festival ini bebas untuk umum tanpa dipungut biaya apapun alias free. Tema yang diangkat tahun ini adalah “Hanseong Baekje, the Dream of Thousand Years” yang juga mengangkat sejarah kota Seoul selama 200 tahun. Jadi sungai Cheonggyecheon mulai dari Cheonggye Plaza hingga jembatan Samilgyo (kurang lebih 1km) dihiasi oleh lampion yang dibentuk sedemikian rupa untuk memvisualisasikan tentang sejarah kerajaan Baekje.

Lain dari biasanya, karena pengunjungnya sangat banyak maka untuk masuk ke area festival kita harus mengantri sesuai jalur yang sudah dipersiapkan oleh penyelenggara. Jadi tidak bisa seenaknya nyelonong ya. Waktu untuk bebas berfoto juga terbatas karena dibelakang kita sudah banyak yang mengantri. Nah berikut ini akan saya hadirkan kepada anda Seoul Lantern festival melalui foto-foto saya

follow the rulethe eagleSaat memasuki area festival kita disambut dengan figur burung elang yang terbang tinggi dan dikawal oleh dua pengawal kerajaan di sisi kanan dan kirinya. Diceritakan pada abad ke-18 sebelum Masehi, Raja Onjo yang merupakan putra dari Raja Jumong (Goguryeo) mendirikan kerajaan Baekje yang beribu kota di Hanseong yang sekarang kita kenal sebagai Seoul. Kerajaan Baekje mengembangkan kekuatan maritimnya berdasarkan pada kemampuan membuat kapal yang luar biasa dan juga berperan sebagai penyebar kebudayaan di Asia yang mempengaruhi perkembangan budaya Asuka di Jepang.

the origin of BaekjeKing Onjogovernment rank and uniformschiljido being presented to JapanBaekje's shipsumaksaesteel makingDr wanginKing Gaero and DorimchiljidoUngin Baekje period

Baekje's treasure

Nah, itu tadi hanya beberapa saja dari ratusan lentera yang ada di sepanjang sungai Cheonggyecheon. Saya tidak bisa jalan lagi karena sudah lapar berat dan belum packing untuk pulang ke Indonesia.

Ketika naik ke atas, saya mendapati ada satu jembatan yang semuanya dibungkus oleh rajutan tangan. Seluruh bagiannya! Membayangkan pembuatannya saja saya jadi terkagum-kagum. Nah ternyata proyek bungkus membungkus jembatan itu dinamakan “Multiculture Bridge Project”.

multiculture bridge projectProyek ini diselenggarakan sebagai sarana untuk mengkampanyekan bahwa di Korea saat ini ada banyak keluarga yang memiliki background yang berbeda. Banyak yang menganggap bahwa menjadi berbeda itu adalah salah. Untuk menyatakan bahwa anggapan itu tidaklah benar, maka dibuatlah proyek ini yang melibatkan banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda, dimana setiap satu orang diberikan waktu satu bulan untuk membuat rajutannya dan kemudian digabung jadi satu untuk membungkus jembatan tersebut. Warna-warna yang berbeda melambangkan perbedaan yang kemudian menjadi satu kesatuan. Amazing!

Happy traveling!

  1. Ka, mau tanya dong ^^ klo kaka traveling ke korea biayanya berapa ya? Makasih sebelumnya ^^

    • Halo…
      Biaya traveling ke Korea tergantung dari berapa lama travelingnya, destinasinya kemana aja, menginap dimana, dan gaya travelingnya seperti apa.
      Kalo ala backpacker seperti saya sih, dengan destinasi standart sekitar 4jt selama 4-5hr dengan penginapan model hostel. Kalo makan disana sekitar 150-200rb 3x makan.

      • Itu udah sama tiketnya PP ka? Terus klo backpakeran gituh ga ada pemandu wisata dong?🙂

      • Belum termasuk tiket PP dan biaya shopping dan juga saya selalu sedia dana untuk biaya tidak terduga.
        Kalau backpackeran tentu saja ngga ada pemandunya. Kita explore sendiri. Bisa kok, asal sudah browsing dan mempersiapkan semua rute yang dituju dari Indonesia. Jadi disana tinggal menyesuaikan diri sebentar dan bisa jalan-jalan deh.
        Buat yang belum berani traveling ke Korea khususnya Seoul sendirian, makanya saya bikin trip budget kesana. Jadi bisa saya pandu selama disana.🙂

  2. Wah berarti harus sedia uang sekitar 7juta dong ka?:/
    Iya aku sama temen2 ada rencana ke korea tapi bingung karena kalo ikut travel gituh bayarnya mahal terus ke tempat yg itu2 aja🙂
    Wah boleh juga tuh ikut sama kakak tpi saya dan teman2 nabung dulu ya kak😉

    • Jadi biaya yang dibutuhkan itu bergantung dapat tiket pesawat berapa, nginep dimana, gimana makannya lalu mau kemana saja. Jadi bisa saja kurang dari angka yang hasna sebutkan tadi bisa juga lebih.

      Memang kalo trip standart itinerary-nya seperti itu. Kalau banyak orang yang berangkat bisa ikutan trip private alias bisa nentuin itinerary sendiri mau kemana aja. Misalnya ingin nongrong di SM 3 hari penuh atau mau keliling museum selama di korea. Bisa saja kok.

      Traveling sendirian di Korea mudah karena dimana-mana ada Tourism Information Centre yang siap membantu. Bahasa inggris petugasnya bagus dan mudah dipahami oleh kita. Peta-peta juga lengkap. Jadi sebenarnya ngga ada masalah kok. Cuma memang butuh penyesuaian kalau ingin menggunakan transportasi umumnya.

      Semangat menabung ya! ^_^

      • Iya ka, bener tuh yg bikin bingung itu klo kendaraan disana hehehe😀
        Oh iya aku denger2 klo ke sana harus beli T-Money. Itu biar lebih murah atau apa ya ka? Dan klo mau beli itu dimana?🙂

  3. Sebenarnya ngga susah kok menggunakan Subway di Korea dibandingkan dengan negara Asia Timur lainnya. Kalau bingung tinggal tanya ke petugas di Tourist Information Centre yang ada di beberapa stasiun utama.
    Ngga harus beli T Money kok, cuma menggunakan T Money menghemat waktu dan juga bisa digunakan untuk membayar taxi, bus, atau juga belanja di merchant-merchant tertentu yang bisa menggunakan T Money.
    Membeli T Money bisa di mini market (GS 25, CU, Mini Stop, Buy The Way, 7-Elven) atau di mesin yang khusus pembelian T Money dan isi ulangnya. Ada di setiap stasiun. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: