Ayu Galuh Anggraini

Ngoc Thao Guest House, Ho Chi Minh City

In Ho Chi Minh, Hotel and Hostel Review, Jalan-jalan, Vietnam on August 19, 2013 at 4:27 pm

Memilih penginapan di Saigon atau Ho Chi Minh bisa jadi sangat tricky. Sebelum berkunjung kesana, saya sudah di warning oleh beberapa traveler yang sudah pernah kesana dan mendapatkan beberapa rekomendasi hostel. Setelah browsing sana sini dengan membandingkan satu dengan yang lainnya, saya memilih hostel ini:

Ngoc Thao Guest House

address: 241/4 Pham Ngu Lao.St, District 1. Ho Chi Minh City, Vietnam

Letaknya sangat strategis karena berada di area backpacker yaitu Pham Ngu Lao. Dari bandara, saya tinggal naik taxi saja. Letaknya di gang kecil yang awalnya saya sangsi apa benar ada hostel seperti dalam bayangan saya, karena gang-nya benar-benar kecil dan kumuh. Dari jalan raya tidak terlalu jauh. sekitar 25 meter.

receptionist

common room

Saat saya tiba, saya langsung disambut oleh seorang perempuan yang ramah sekali. Soal administrasi dan lain sebagainya ia berusaha menjelaskan dengan bahasa Inggris yang jujur saya kurang mengerti sepenuhnya. Tapi saya menghargai sekali usahanya untuk menjelaskan ke kami sejelas-jelasnya. Saya dibekali peta dan dijelaskan lokasi mana saja yang harus dikunjungi dan juga berapa lama kesananya atau harus naik apa. Really helpful.

take off your shoes

Hostel ini memberlakukan aturan “no shoes inside” jadi harus “nyeker” yah. Buat saya sih ngga masalah. Tetapi buat beberapa traveler dari negara Eropa dan Amerika, hal itu ternyata menjadi problem yang cukup serius. Waktu saya datang ada beberapa orang “bule” yang complain, kenapa mereka harus buka sepatu di dalam rumah padahal lantainya tidak terlalu bersih. Si Mbak kasian deh di bentak-bentak. Akhirnya mereka pindah hostel. Padahal setelah saya melihat hostel yang lain di sekitar Pham Ngu lao, saya bisa bilang ini hostel yang paling bagus dengan harga yang murah dan bersih juga (menurut saya dibandingkan dengan hostel lain). Mungkin saran saya sih kalo ngga terbiasa telanjang kaki dalam rumah, mending bawa sleeper sendiri dan bilang ke petugas hostel kalau itu sleeper. Problem solved.

my room

Kamar saya letaknya di lantai dua. Begitu buka pintu, saya seneng banget karena kamarnya bersih, kasurnya besar dan empuk. Fotonya tidak menipu loh. They are real!! Kamar mandi dalam-nya juga bersih dan wangi. Fasilitas yang tersedia juga lengkap (AC, TV, dan kulkas mini). Tidak jauh dari hostel juga ada resto masakan india yang halal, jadi nilai plus tambahan. Kalian juga bisa booking tour dari hostel ini dengan harga yang wajar. Free wifi, internet station also available for free. Hostel ini juga direkomendasikan oleh Hostelworld.

look what i found

Minusnya:

  • kondisi hostel’s common room berantakan dan tidak rapih
  • rak sepatu khusus untuk yang menginap tidak ada, jadi sepatu/sandal berceceran begitu saja di pintu masuk. Adanya hanya rak sepatu yang begitu saja buka isinya sepatu-sepatu yang punya hostel (kayaknya sih). Jadi kalo pake sepatu/sandal yang mahal/kesayangan dan takut hilang mending ditenteng aja masuk ke kamar.
  • dapur umum juga tidak tersedia. Memang sih ada dapur, tapi tidak untuk umum karena selalu dipake oleh pemilik hostel.

Buat saya sih no big deal lah masalah begituan karena tidak terlalu penting. Tapi saya tulis saja yah, just in case. Oyah, waktu saya menginap disini, saya dapat party invitation (acaranya makan-makan buat semua tamu yang menginap karena pemilik guest house lagi buka cabang baru). But unfortunately i couldn’t make it, because i have to go back to Indonesia.

Nilai: 8/10

Happy Traveling!

Leave a Reply

