Ayu Galuh Anggraini

Seoul Shop Spot: Gwangjang Market (관장시장)

In Jalan-jalan, My Journey, Seoul - Korea, Shopping Spot on August 16, 2013 at 3:12 pm

Sebenernya saya bisa sampai di Gwanjang Market tanpa sengaja. Ternyata tempat saya tersesat adalah salah satu lokasi terkenal di Seoul. That’s the fun part of being lost right? Especially in Seoul, you will never know what kind of special place you will visit accidentally. Lokasi Gwangjang Market tidaklah jauh dari Dongaemun. Untuk menuju kesana mudah saja kok.

  • Tinggal naik Seoul Subway Line 1 dan berhenti di Jongno 5-ga kemudian keluar dari exit 8, atau
  • Naik Seoul Subway Line 2 dan 5 kemudian turun di Euljiro 4-ga Station lalu keluar melalui Exit 4.

map to gwanjang marketAda banyak meja dengan aneka makanan yang ditawarkan. Tidak terlalu ramai pada awalnya. Semakin jauh saya melangkah, semakin ramai orang yang duduk ataupun mengantri makan di masing-masing stan. Rasanya saya familiar dengan suasana ini, tapi saya lupa dimana. Sambil berjalan saya mengingat lagi dimana saya pernah melihat daerah ini. Aha! Rupanya saya pernah melihat pasar sejenis di acara Kimchi Chronicle. Tapi saya belum yakin ini pasar yang sama. Saya baru yakin setelah melihat papan nama ketika saya keluar dari tempat itu. Whoaa!! Sampe juga saya disini.

Gwangjang market merupakan pasar pertama yang dimiliki oleh korea dan pastinya menjadi pasar tertua (dibuka tahun 1904). Seiring perkembangan jaman. ternyata pasar ini kemudian menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi oleh pelancong dari mancanegara. Pasar ini (ternyata) memiliki dua lantai. Lantai dua menjual barang-barang garment seperti sutera, linen, dan juga kain untuk bed sheet.

gwangjang market's crowd

Tetiba saya melihat antrian yang lumayan panjang dan saya ikut mengantri. Saya intip rupanya antrian kimbab. Sepertinya enak. Akhirnya saya membeli satu paket seharga KRW 3000 (isi sekitar 8 roll kimbab mini). Kimbab yang nikmat itu dalam sekejap sudah beralih ke perut yang lapar. Walaupun ada bumbunya tetapi saya lebih suka memakannya langsung tanpa dioleskan/dicelupkan ke bumbu tambahan karena sausnya cukup aneh di lidah saya.

kimbab

ahjumma who make kimbab
Untuk melengkapi wisata kuliner saya, saya membeli Bindaettok (mung bean pancake with vegetable)  khas Gwanjang Market, sama seperti yang dimakan oleh Marja dalam salah satu episode kimchi chronicle. Untuk membuat bindaettok mudah saja (menurut saya sih). Jadi kacang hijau yang sudah dikupas kultnya digiling dengan alat tradisional dari batu hingga jadi bubur dan dicampur dengan sayur-sayuran seperti wortel, kol dan toge lalu digoreng. Mirip seperti bikin bala-bala/bakwan. Harganya KRW5000 seporsi. Karena tidak dimakan ditempat (take away), pesanan saya dibungkus oleh aluminium foil dan didalamnya diberi kecap serta irisan bawang bombay. Rasanya jangan ditanya, enak dan amat sangat menyenangkan. Jadi seporsi sangat direkomendasikan untuk dimakan berdua kecuali anda lapar berat.

how to make bindaettokready to eat bindaettok

my bindaettok

Bagi yang bisa mengkonsumsi babi, di gwanjang market, anda bisa menikmati aneka sajian dari daging babi. Tapi anda harus sabar menanti. Makin enak masakannya, makin panjang antriannya. Selain itu juga anda jangan membayangkan tempat makannya bagus ya, karena yang namanya pasar tentu beda dengan resto. Oyah, satu lagi menu andalan disini adalah bubur labu kuning, saya sih belum sempat mencoba. Semoga dilain kali jika diberikan kesempatan lagi kesana, saya janji akan mencobanya.

Jadi jika ingin berwisata kuliner ala warga Seoul yang murah, dan enak, masukkan Gwanjang Market dalam list anda. Ditanggung ketagihan deh. Kayak saya ^_^

Happy traveling!

Note:

i am sorry for poorly taken pictures. I only had time to captured with my blackberry.  ^_^

  1. wah jadi inget di Penang, masuk rumah makan karena antriannya yang mengular. Ternyata itu babi terkenal. wenak!!

Leave a Reply

