Ayu Galuh Anggraini

Winter in Seoul: Hongdae (홍대앞)

In Jalan-jalan, Seoul - Korea on August 15, 2013 at 6:14 pm

Siapa yang tidak kenal wilayah ini yang merupakan tempat gaulnya anak muda Seoul juga tempat hang out-nya para backpacker. Kenapa begitu? Karena banyak sekali hostel di wilayah ini tersebar dari ujung ke ujung. Tinggal pilih saja. Memang wilayah hongdae ini strategis karena tidak jauh dari subway station, banyak sekali resto, cafe, club dan toko-toko seperti di myeongdong. Saya sih pengen ke Hongdae karena penggemar serial Korea “Marry Stay Out All Night” dan juga Coffee Prince.

Uniknya kalau malam, kita bisa menyaksikan aksi street performer yang masing-masing sudah punya tempat mangkalnya sendiri-sendiri dan juga sudah ada fans-nya sendiri-sendiri. Cocok deh kalau Hongdae ditahbiskan sebagai pusat urban arts, indie music dan hiburan anak muda. Tempat ini tidak pernah sepi dari pagi hingga ke pagi lagi.

street musician 1

Untuk menuju kesini caranya:

  • Naik Seoul Subway Line 2 dan turun di Hongik University Station.
  • Untuk ke flea marketnya: naik subway line 2 exit 9 dan jalan kaki sekitar 150 meter. Setelah itu belok kiri dan jalan kaki lagi sekitar 500 meter menuju ke pintu masuk Hongik University. Setelah itu belok kanan menuju ke Hongik Children’s Park

Nah, saya sendiri mampir ke wilayah hongdae hari Sabtu yang berarti weekend dan berarti juga wilayah hongdae lagi rame-ramenya. Terbukti waktu mau keluar dr subway station aja kudu ngantri 20 menitan dgn posisi desak-desakan. Watch out your belongings ya karena kejahatan bisa terjadi dimana saja. Apalagi buat kita yang orang asing disana, harus baik-baik jaga diri (loh malah ceramah).

Setelah berhasil menghirup udara hongdae langsung disambut dgn penjual2 topi dan syal lucu-lucu. Nanti jika berkunjung kesana pasti deh langsung ketemu jejeran toko-toko yang menjual aneka pernak pernik seperti kosmetik, baju-baju musim dingin, sweater-sweater cantik, syal yang warnanya keren-keren. Kalau weekend bakal ada flea market yang berlangsung dari jam 1 siang sampe jam 6 malam.

hongdae's mural

Berhubung perut sudah mulai berkicau, jadi saya memutuskan membeli ayam goreng dari salah satu kios.

“Annyonghaseyo.. I’ll buy this” (nunjuk2 ayam)
“Small, medium or large”
“Medium please”
“Ok, wait for 5minutes”
(Saya nunggu sambil lari2 kecil karena adem banget)
“Miss, what flavour?” (Kata dia sambil nunjuk tulisan rasa2 ayamnya. Ada rasa manis, asin, pedes, cokelat, dll)
“Spicy!!” (Gak ragu2 lagi)
“Are you sure? Spicy?” (Dia liatin saya kayak gak yakin)
“Yes, I’m sure. Spicy”
“Ok. Wait” (anehnya dia ngeracik pesanan saya sambil geleng2)
“Here you go” (dia kasi saya cup berisi potongan ayam goreng tepung yang sudah berbumbu)

Dengan semangat saya tusuk 1 biji lalu “Hap!” Ayam masuk mulut.
Dhuaarrr!!!! Rasanya gunung merapi banget! Pedes geeelaaa… Langsung saya megap-megap kepedesan dan nenggak air habis setengah botol. Pantes tuh mas-mas gak yakin dgn pesanan saya. Lesson learned: tingkatan pedas tiap negara beda2. Klo gak yakin tanya aja dulu sepedas apa ya. Anehnya badan saya langsung anget abis makan ayam neraka itu. Mungkin ini caranya orang korea menghangatkan diri. Saya juga jajan kue favorit saya yaitu gyeranbang.

spicy chicken

gyeranbang seller

Karena badan sudah enakan, saya jalan lagi dan memutuskan nongkrong ngeliatin street performer yang lagi nyanyiin lagu andalannya. Ada banyak grup sih disana dan personelnya good looking semua (eheeemm). Hebatnya mereka ini menurut saya karena mereka bisa perform walaupun udara dingin bikin pengen bergulung selimut tebal. Super dingin. Tak jarang mereka harus bernyanyi sambil loncat-loncat untuk menghalau dingin. Ada juga yang kesetrum mic-nya sendiri. Dari sekian banyak grup, saya sukanya yang nongkrong di depan KFC. Suaranya enak, lagu-lagunya juga, dan bajunya itu loh, rapih banget. Saya sih sempat diajak ngobrol sedikit. Tau deh kalo saya turis, soalnya disana yang pake jilbab cuma saya doank.

street musician 3

street musician 2

Jika ingin melihat hal lain di Hongdae, anda bisa mampir ke tempat-tempat ini:

  • Hello Kitty Cafe
  • Trick Eye Museum Hongdae
  • Nanta Theatre
  • Coffee Prince Cafe

hello kitty cafe

Jadi bagi yang berkunjung ke Seoul, jangan sampe melewatkan tempat ini yah. Rugi kalo sampe gak sempet kesini.

Happy Traveling!

Leave a Reply

