Ayu Galuh Anggraini

Winter in Seoul: Menyusuri surga belanja di Myeongdong (명동)

In Jalan-jalan, Seoul - Korea on April 6, 2013 at 1:05 pm

Setelah puas berkeliling insadong dan jajan aneka makanan jalanan disana, saya memutuskan untuk berjalan kaki ke myeongdong. Dari peta sih jaraknya tidak begitu jauh, tetapi karena cuaca yang dingin menusuk, jarak sedekat apapun rasanya seperti jauh sekali. Saya selalu ingat nasihat Yuichi, “when you feel cold, walk faster”. Nah, singkat ceritanya saya sampailah di gerbang area perbelanjaan paling gaul di seoul. Berhubung saat itu ada festival para shopaholic yaitu korea great sale jadi setiap jalan masuk area myeongdong dibangunlah “gerbang” seperti foto dibawah ini.

the gate

Cara menuju kesana via subway

  • Dengan naik kereta ke Myeongdong Station , line 4, exit 6 atau
  • Naik kereta ke Euljiro 1-ga Station, line 2, exit 5

Tetapi, karena saya berjalanan kaki, saya melewati Myeongdong Catedral. Tidak jauh dari sana di sebelah kanan saya ada sebuah café yang terkenal buat para ELF (fans Super Junior) yaitu café-nya Siwon, salah satu member Super Junior. Berikut ini penampakan café-nya yang terletak di lantai 2.

myeongdong catedral

Maaf yah para penggemar KPop, saya tidak mampir untuk ketemu Siwon karena saya sudah sangat tertarik dengan keramean bergumuruh di tengah wilayah ini. Hidung ini juga sangat-sangat sensitif dengan bau makanan yang bikin perut berteriak minta diisi. Mata saya ini tidak berhenti lirik sana sini. Bukan… bukan melihat oppa oppa ganteng tapi melihat baju-baju, sweater-sweater yang lucu-lucu, topi, syal-syal warna warni, aneka macam makanan, dan tas-tas tren terbaru. You name it, you will find it here. Kalau dana anda mepet dan anda tipe-tipe tidak tahan godaan, telanlah ludah dan pegang dompet anda erat-erat. Lari dari sana secepatnya karena saya bisa jamin anda akan pulang membawa tentengan.

 siwon's twosome cafe

Jika anda penggemar kosmetik korea atau ingin mencoba kosmetik produksi korea, disini adalah surganya. Semua brand ada disini, dengan berbagai macam cara menarik pembeli. Saya diberikan satu buah masker dengan syarat saya harus masuk ke dalam tokonya saja, tidak membeli tidak apa. Wah bayangkan kalau saya lewat 10 toko kosmetik saja, saya tidak perlu membeli apa-apa, sudah banyak sample kosmetik untuk dibawa pulang *gak modal banget*

shop till you drop

Beberapa merchant disana menawarkan diskon khusus untuk turis, anda tinggal menunjukkan paspor anda atau anda bisa menunjukkan kupon diskon khusus yang harus di-print out sebelumnya. Saya mendatangi salah satu toko yang menjual tas. Pemiliknya seorang perempuan muda yang cantik. Mengenali saya dari Indonesia, dia langsung berkata “Sepuluh ribu saja. Murah”. Lalu dia menunjukkan tas made in cina dan tas made in Korea. Memang deh, beda harga, beda pula kualitasnya. Sebuah tas backpack ala anak muda korea dibandrol KRW50.000 saja atau sekitar IDR 500.000. Untuk sweater hoodie dibandrol KRW13.000 saja, biasanya harganya dua kali lipat.

Jajanan yang saya makan di tempat ini adalah: 

  • semacam otak-otak goreng dengan harga sekitar KRW2.000. Ada banyak pilihannya, mau yang murni bakso ikan atau yang pake udang di dalamnya.
  • Selain itu saya juga mencoba makan Teobbokki alias kue beras yang dibentuk bulat memanjang dengan ditambah irisan odeng (ikan) dan dimasak dengan saus korea yang rasanya spicy banget. Lumayan bikin keringetan di cuaca yang dingin. Seporsi Teobbokki dihargai KRW3.000 yang bisa dimakan sharing berdua karena porsinya cukup banyak.

myeongdong street food

teobbokki

Jika perut anda masih belum penuh juga, anda bisa mencoba aneka olahan cumi dan gurita panggang, atau makan mandu yang digoreng (non halal). Anda bisa juga mencicipi aneka sosis olahan, yang sayangnya juga non halal jadi saya tidak bisa mencicipinya.

Setelah berkeliling berputar-putar tak tentu arah, saya menemukan dua tempat yang juga must visit place buat penggemar KPop, yaitu SPAO store dan KStory café. Letak kedua tempat ini adalah bersebrangan, sangat mudah sebenarnya menemukannya jika anda memegang peta pusat belanja Myeongdong ini yang bisa didapatkan di Tourist Information Centre Myeongdong.

 spao

kstory

Jika anda kehabisan uang juga tidak perlu khawatir karena money changer juga banyak terdapat disini. Kalau saya sih iseng nyoba mencairkan dana via atm yang caranya sangat berbeda jauh dengan cara mengambil uang via atm di Indonesia. Sehingga saya sempat terkagum-kagum sendiri. Ha ha.. Untuk mengambil uang via atm di korea, pastikan pin anda harus 4 digit dan bukannya 6digit. Jadi pastikan anda bawa kartu atm bank dengan pin 4digit.

Happy traveling!

Note: tentang pin atm 4 digit, ternyata di atm citibank bisa digunakan untuk yang pin atm-nya 6 digit.

Leave a Reply

