Ayu Galuh Anggraini

Winter in Seoul: Huge fire at Insadong

In Jalan-jalan, Seoul - Korea on March 15, 2013 at 11:40 am

Ketika kita traveling, banyak hal yang terjadi seringkali diluar ekspektasi kita. Jadi, selain kita bersenang-senang, kita harus selalu waspada. Stay alert.

Nah ceritanya, setelah dari Insadong, saya berjalan kaki ke myeongdong. Jarak antara myeongdong dan Insadong sebenarnya lumayan jauh untuk ukuran orang Indonesia. Tetapi tak apalah. Pulang dari myeongdong tentunya tidak jalan kaki lagi tetapi naik subway. Untuk menuju hostel yang terdekat adalah Seoul subway line 1 turun di jonggak station exit 3. Tepatnya di seberang Jongno tower yang terkenal.

Ketika itu saya masih tidak menyadari bahwa ada kejadian yang tidak biasa terjadi tidak jauh dari tempat saya berdiri. Tak lama kemudian, saya melihat kepulan asap hitam membumbung tinggi dari bangunan di belakang JongnoTower. Ya, ada kebakaran disana.

jongno tower

Saya terdiam dan mengambil beberapa foto. Sementara suami mengabadikan kejadian itu melalui handy cam-nya. Kami berdua bengong, karena sebelumnya kami masih berada dekat sekali dengan area itu. Api yang tadinya kecil semakin membesar dengan cepat. Ambulans datang dalam jumlah banyak, begitupun dengan mobil pemadam kebakaran. Jalanan pun macet.

Tak lama kemudian, terdengar ledakan keras berkali-kali. Perempuan disebelah saya menjerit, “EOTTOKE!!”. Saya sedih, karena wilayah itu termasuk dalam historical site. Bangunan yang ada disana mungkin umurnya sudah berpuluh-puluh tahun yang lampau dan bernilai sejarah. Semuanya hangus dalam sekejap. Apalagi bangunan disana banyak yang berbahan kayu sehingga mudah sekali terbakar.

witnessing insadong's fire incident

Sekitar 15 menit saya berdiri disana, berpuluh-puluh polisi datang untuk membersihkan area dari para warga setempat yang menonton kebakaran itu yang lumayan mengganggu gerak para petugas untuk memadamkan api. Satu hal dikepala saya saat itu adalah saya bersyukur masih dilindungi Alloh. Saya bersyukur tidak mengalami kejadian seperti itu. Saya dan suami berjalan pulang sambil membicarakan kejadian tadi. Betapa mengerikannya, seandainya saya menginap di salah satu gedung yang terbakar itu. Hiii…

getting larger

Keesokan harinya, nampak polisi masih berjaga dan warga masih berkerumun menonton. Nampak ada bus CSI korea yang terparkir. Saya pun masuk jonggak station untuk menjelajah seoul lagi.

Note:

Saya menulis cerita ini sesaat setelah saya browsing tentang fire in jongno tower. Saya penasaran tentang penyebabnya dan apakah ada korban jiwa. Ternyata kebakaran itu buatan manusia, yang dilakukan oleh seorang psikopat. Awalnya ia makan di salah satu restaurant disana dan kemudian ia mabuk. Ia lalu naik ke lantai dua dan mulai mengumpulkan bahan-bahan dan membakarnya. Setelahnya, ia lalu keluar dari resto itu dan masuk ke Jongno Tower. Pria yang berumur 52 tahun itu kemudian naik ke lantai 22 untuk memotret “hasil karya-nya”. Karena melihat api semakin membesar melebihi perkiraannya, ia kemudian menekan alarm di Jongno Tower empat kali karena ketakutan.

Pria ini tertangkap setelah mengulangi perbuatannya lagi di wilayah Daehanmun, dekat gerbang utama istana Deoksugung di distrik Jung, masih di downtown Seoul. Ia bilang kalau perbuatannya ini dilakukan berdasarkan perintah dari suara yang ada di kepalanya, untuk “membersihkan” seoul yang kotor. Untungnya tidak sampai ada korban jiwa dalam dua insiden itu.

Beritanya bisa dilihat disini dan juga disini. Korea times memberitakannya juga disini

Video-nya bisa dilihat disini dan disini

Leave a Reply

