Ayu Galuh Anggraini

Seoul Shop Spot: Insadong (인사동)

In Jalan-jalan, Seoul - Korea, Shopping Spot on March 14, 2013 at 4:00 pm

Sekembalinya dari Nami Island kami diantar kembali ke tapgol park yang terletak di wilayah Insadong. Jadilah sekalian kita explore wilayah insadong ini. Jujur saja sih, kalau sebenarnya wilayah ini tidak masuk dalam itinerary saya, dan ternyata lokasinya dekat sekali dengan hostel. Sekitar 10 menit jalan kaki (jalan kaki santai). Baru aja turun bus dan menyeberang ke Insadong Alley, saya sudah tergiur aneka jajanan disini. Won demi won melayang dari kantong karena cuaca yang dingin dan bau makanan yang menusuk hidung, menggoda jiwa, membuat perut berteriak-teriak. Saya pun kalah total dengan nafsu jajan.

street sign

insadong's crowd

Berikut list makanan yang saya beli:

  1. Waffle ala korea. Harganya KRW 2000. Isinya madu dan krim (bisa pilih rasa, dan saya memilih rasa vanilla). Rasanya uenak benerr. Harus coba.
  2. Kue telur (Gyeranbang) harganya KRW 1000 (sekarang sudah naik harganya jadi 1500 won).  Jadi bagian bawah kue itu roti dan atasnya dari telur yang diceplok. Adonan roti berlapis telur itu dipanggang di dalam cetakan. Rasanya enak banget
  3. Sate ayam atau dakkochi (닭꼬치). Potongan ayam dipanggang bersama daun bawang. Setelah setengah matang di olesi bumbu barbeque atau spicy. Harganya KRW 2000.

street food

unique-weird-ice cream

Sejarah insadong

Dahulu insadong merupakan dua wilayah yang bernama “in” dan “sa”. Wilayah ini merupakan tempat tinggal para pejabat pemerintahan. Sewaktu penjajahan jepang, wilayah ini dijadikan tempat menjual barang-barang berharga para bangsawan yang dipaksa pindah oleh jepang. Sehingga sampai saat ini banyak toko di Insadong berjualan benda-benda antik, dan lukisan maupun kaligrafi yang menjadi incaran para turis untuk dikoleksi.

insadong map

How to get here:

  • Naik Seoul Subway Line 1, turun di Jonggak station exit 3 (jalan kaki sekitar 5 menit)
  • Naik Seoul Subway station Line 1, turun di Jongno 3-ga
  • Angguk station line 3 exit 6

Recommended place to visit:

  • Kyung in Museum of Art
  • Unhyeonggung Palace (angguk station exit 4)
  • Nagwon Arcade (toko musik terlengkap se asia)
  • Ssamzigil (shopping komplex terdiri dari 70 toko yang terbagi dalam 4 lantai)
  • Tapgol park

Art performances

Selain bisa wisata kuliner, disini saya bisa liat art performance khususnya music. Kebetulan saat saya main-main ke Insadong, sedang ada pertunjukan musik perkusi tradisional korea atau samulnori. Ternyata tidak hanya pemusik lokal, ternyata ada pula pemusik asing yang “mangkal” disana. What a perfect evening. I love the atmosphere here. Tidak terlalu penuh sesak, penjualnya ramah-ramah, dan bahasa Inggris mereka lumayan. Jadi tidak susah untuk berkomunikasi.

samulnori
street performer at insadong

Souvenir shops

Soal membeli souvenir, saya lebih suka disini. Harganya lebih murah dari Namdaemun market (beberapa item inceran saya) dan kualitasnya lebih bagus. Anda bisa berfoto memakai hanbok disini, ada banyak studio foto yang menawarkan harga mulai dari krw 15.000 hingga krw 25.000. Dari sample-nya sih sepertinya bagus ya. Saya sih belum mencoba. Maybe next time.

cute bags

tempting

Jadi, jika anda traveling ke Seoul, jadikan Insadong salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Especially on the weekend. You won’t regret it.

Happy traveling!

  1. Hi mbak. Salam kenal. Senang sekali baca blognya. Kalau boleh tahu dimana ya bisa beli souvenir yang murmer di insadong? Terutama di sekitar ssamziegil. Terima kasih banyak😉

    • Banyaak. Aku udah punya langganan hanya saja aku g tau caranya menunjukkan tokonya. Hahahaa..
      Pokonya jangan ke toko yang masuk2 ke dalam gtu galerinya karena biasanya mahal. Mending yang barangnya dijembrengin di luar tokonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: