Ayu Galuh Anggraini

Winter in seoul: Apa saja yang harus dipersiapkan

In My Tips, Seoul - Korea on March 7, 2013 at 8:12 pm

Sudah siap ke Korea? Berikut gambaran singkat apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum kamu traveling ke korea versi saya, karena kadang hal-hal yang sepele dan mudah dilupakan malah nantinya akan menjadi penting. Semoga bisa membantu bagi para traveler yang sedang mempersiapkan diri untuk traveling ke Korea.

my BFF during travel time

Dokumen

  •  tiket pesawat pergi dan pulang
  • Paspor (dan visa yang stikernya sudah tertempel disana). Jangan lupa siapkan copy paspor atau sebaiknya scan paspor anda dan kirimkan hasil scannya ke email untuk persiapan sewaktu-waktu jika ada kejadian yang tidak dikehendaki.
  • Bukti booking Hotel/hostel/guesthouse
  • Dokumen-dokumen lain yang berhubungan dengan perjalanan anda ke Korea

Simpan semua dokumen tersebut dalam tempat terpisah dan yang mudah diakses (tidak diletakkan sembarangan di dalam tas). Untuk mencegah paspor hilang atau terselip, jangan mengeluarkan paspor sembarangan. Keluarkan paspor hanya jika diminta oleh pihak maskapai penerbangan, imigrasi, keperluan menulis kartu imigrasi, atau jika diminta oleh pihak hotel/hostel/guesthouse anda.

Uang 

korean won

Mata uang yang dibutuhkan adalah Korean Won (KRW). Tetapi saya tidak hanya membutuhkan Malaysian Ringgit (MYR) karena saya akan transit di Malaysia. Untuk memudahkan jadi di Indonesia kita harus menukar uang Rupiah kita dengan KRW, MYR dan USD. Saya selalu menyimpan dana cadangan dalam bentuk USD karena bisa ditukarkan dengan mudah dimana saja. Sebagai catatan, kalau berbelanja sebaiknya sebelum meninggalkan Korea, uang recehnya (koin) dihabiskan saja karena tidak dapat ditukarkan di Money Changer setibanya di tanah air.

Alat tulis dan Notes

Saya selalu membawa benda ini ketika traveling, karena disanalah saya mencatat segala pengeluaran, tentang itinerary atau catatan-catatan khusus lainnya selama perjalanan. Mungkin terlihat konvensional sekali ya, tetapi saya suka corat-coret di buku ^_^

Gadget

Pastikan gadget anda sudah memiliki (minimal) koneksi 3G dan tidak bermasalah wifi connectionnya. Karena buat traveler yang doyan update status atau harus selalu terkoneksi dengan gadgetnya, kedua hal tersebut sangat penting. Pastikan di hostel anda disediakan fasilitas wifi (free lebih baik). Tidak ada masalah dengan colokan listriknya karena Indonesia dan Korea memiliki tipe colokan listrik yang sama dan juga voltase yang sama.

What to wear

Jangan sampai salah berbusana. Karena saya berkunjung ke korea sewaktu musim dingin maka yang harus dipersiapkan adalah baju hangat (sweater), long jhon (baju dalaman), jaket winter (yang ada hoodie-nya lebih oke), penghangat telinga, sarung tangan, topi wool hangat. Gunakan sepatu yang nyaman dipakai berjalan kaki dan bantalan sepatunya anti slip, karena bisa jadi anda akan berjalan di jalan bersalju yang licin. Jadi cukup membahayakan jika sol sepatunya tidak bergerigi yang anti slip.

Obat-obatan pribadi

Siapkan obat-obatan pribadi di tempat tersendiri yang mudah dijangkau. Saya pribadi selalu membawa tolak angin, minyak kayu putih, obat tetes mata, obat flu, lotion, lip balm, dan obat diare.

Makanan

Bagi yang khawatir tentang ke-halal-an makanan di korea bisa membawa abon, rendang kalengan. Kalau saya selalu membawa saus sambal dari Indonesia, karena rasanya lebih cocok di lidah. Membawa mie instant juga diperbolehkan. Hemat deh.

Note:

Sesuai aturan keamanan penerbangan, barang-barang aerosol dan cairan diatas 100ml dilarang masuk ke kabin. Jadi jangan coba-coba memasukkan barang-barang tersebut dalam tas yang dibawa ke kabin, bisa-bisa harus gigit jari karena kosmetik kesayangan anda itu harus berakhir di tempat sampah bandara.

Happy traveling!

  1. Halo mba,
    Salam kenal.. Mb, saya berencana ke korea bln depan (tanggal 13-21 februari 2014).. Kira2, saya masih ketemu salju ga ya? Oiya mb, bisa minta itinerarynya?? Saya butuh untuk acuan selama disana.. Suka banget baca tulisan mba.. Heeee.. Thanks before..

    • Halo…
      untuk salju kemungkinan sdh mencair mba. Ada tapi hanya di lokasi2 tertentu. Boleh aja saya email nanti panduan itinerarynya. Inform ke saya berapa lama disana dan rencananya kemana saja?

  2. Halo mbak. Jadi kalau aku bawa hair dryer dari Indonesia yang voltasenya 220V aman dipakai di Korea ya mbak? Soalnya guesthouse tempat aku nginap sepertinya nggak menyediakan hair dryer, dan aku tipe yang nggak betah kalau sebelum jalan itu nggak keramas dulu hehe… Ribet ya mbak Makasih jawabannya. Salam

  3. Mba, kalo disana nyari sepatu boot yg ukurannya 40 susah ngga? Trs buat winter coat nya gampang nyari yang ukurannya gede? Soalnya bingung mau beli di sini atau nanti aja pas disana Thanks.

    • gampang kok. bisa cari di dongdaemun.
      kalau winter coat lebih baik beli di Indonesia karena begitu keluar bandara hawanya ampun2 dinginnya. Kalau gak prepare bisa masuk angin hihihi
      Kalau mahal bisa coba beli coat second.. banyak kok yang jual.

  4. Yg dongdaemun Alley itu ya mba? Punya sih jaket kulit PT ngga tau tahan sampai brp derajat nya

    • yup di dongdaemun alley atau di underground shopping complex-nya.
      kapan emangnya mau ke Korea? Mending jaket khusus winter yg ada lapisan bulu angsanya atau lapisan bulunya

  5. Tapi deng maksudnya kok malah typo jd PT sebelum beli boot bagusnya pakai sepatu apa mba?

  6. Kl beli dluan takutnya pas disana liat coat2 lucu hehe iya sih tar deh nyari2 coatnya.. Msh lama banget akhir tahun ini :)) wah mba cepet bgt balasnyaaa😄

  7. Halo mbak, mau tanya, kalau backpacking bersama keluarga saat winter di korsel bakalan repot ngga ya? Boleh tau +- backpack sendiri (tanpa tour)? Oh ya blh minta itinerary nya mba? Makasi🙂

  8. nice info kakak,.,, sangat membantu sekali buat persiapan pergi k korea pas musim dingin ni ^_^

    jangan lupa kunjungin http://www.duniawisataku.com kami melayani jasa pariwisata dallam dan luar negeri, termasuk korea juga… makasih ^_^

  9. mba…aku minta dunk ittenarynya. rencananya disana kurang lebih 6 hari. tp sudah kepotong perjalanan 2 hari…jd full di koreanya 4 hari. terima kasih, mba

  10. Mba, kalau mau ke korea bulan mei pakaian apa yg hes dipersiapkan

    • Bulan mei pakaiannya cukup jaket/sweater saja. Masih cukup dingin tapi tidak perlu bawa coat atau winter jacket ya.
      Sepatu yang water proof karena biasanya hujan. Itu saja.

  11. Kira kira pengeluaran yang dikeluarkan berapa ya? dan berapa hari? saran penginapan yang murah juga dong. Sekitar seoul atau gyeonggido. Dan kira kira harus berangkat tanggal berapa sebelum salju pertama turun?

    • Salju turun Alloh yang tau kapan pertamanya jadi gbs di prediksi.
      Penginapan search via hostelworld aja atau hostelbookers. Disana ada range harga termurah sampe mahal.
      Ingat ada harga ada rupa. Yang murah biasanya jauh dari subway station dan buat winter ke Korea penginapan jauh jalan kakinya itu emang agak butuh tenaga lebih.

  12. Salam. Terima kasih atas info yg bermanfaat. Salam perkenalan dari saya dari Ulsan, Korea.

    Untuk musim sejuk saya cadangkan untuk ke Pyeongchang Trout Festival di Pyeongchang. Waktunya dari pertengahan disember hingga penghujung January. Antara aktiviti menarik kat sini ialah memancing ikan Trout dibawah ais. Selamat mencuba.

    Jika ada yang ingin ke Ulsan saya boleh bantu dari segi informasi.

  13. salam kenal mba,, kalau ke korea musim dingin apakah batere kamera & hp jadi cepat habis? Ada tips biar ga cpt habis ga mb? Terimakasih,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: