Ayu Galuh Anggraini

Kalau kamu harus menunggu…

In My Tips on February 21, 2013 at 12:54 pm

Menunggu itu merupakan pekerjaan yang membosankan sekaligus menyebalkan. Apalagi menunggunya di bandara (bukan menunggu kekasih atau menunggu jodoh yah). Terjebak ditengah ratusan bahkan ribuan orang dengan berbagai macam gaya, dan juga baunya (baca: bau ketek-red). Apalagi di bandara yang kondisinya tidak menyenangkan. Saya sering berada dalam situasi ini. Pesawat delay (penerbangan lokal seringnya), listrik bandara mati (pernah sekali waktu di bali), takut ditinggal pesawat (pernah ketinggalan soalnya) dan lain sebagainya. Gimana cara saya buat membunuh waktu? Berikut ini cara-cara saya:

Baca buku
Saat saya traveling, saya selalu membawa buku. Entah buku panduan jalan-jalan, atau novel. Mungkin juga majalah gratisan, atau membaca brosur, booklets yang saya dapat selama perjalanan (yg seringnya menghabiskan space di backpack saya). Paling apes saya mengutak atik peta yang buat saya itu memusingkan. Membaca bukan biar dianggap keren atau bagaimana. Tetapi dengan membaca itu memang benar-benar menambah pengetahuan loh.

pura-pura baca

Dengerin musik
Sebelum traveling, saya selalu bikin playlist yang jadi soundtrack perjalanan saya. Sambil menunggu, saya dengerin lagu. Sambil membayangkan seolah-olah lagi syuting video clip (lebay mode on). But it works. Biasanya saya pilih lagu-lagu yang up beat biar travelingnya semangat dan ngga loyo bin ngantuk. Kecuali kalau saya lagi mellow, lagu yang saya set jadi soundtrack perjalanan ya yang sedih-sedih.

Main games
Awalnya saya selalu bawa PSP kalau traveling, tapi karena sekarang ada android jd saya bisa main games di tablet. Tapi, jangan terlalu seru mainnya, nanti lupa waktu dan malah ketinggalan pesawat.

satu anak satu psp

Browsing
Kalau flight lokal, saya bisa langsung berkutat dengan dunia maya. Browsing, dan posting-posting di social media. Kalau flight internasional dan tidak dicover oleh operator telekomunikasi langganan saya, yg saya cari pertama adalah free wifi. Kalau tidak ada, saya mencari dimana free internet station yang wujudnya jejeran komputer2 yang bisa diakses free. Kalau berbayar, cek dlu harganya berapa. Kalau mahal saya tinggal. Mending dipake buat yang lain. Gara-gara sering buka facebook di lain negara, facebook saya sering kena lock karena diakses di luar kebiasaan. ha ha…

Nyemil
Kita bisa mampir dlu ke kedai-kedai makanan, atau cafe-cafe di area bandara. Mahal itu relatif. Tapi kalau nyaman, why not? Apalagi kalau di cafe itu ditawarkan free wifi.

Sightseeing
Setiap bandara punya hal-hal uniknya sendiri. Nah, sambil menunggu, kita bisa berkeliling menjelajahi setiap lantainya. Mencari apa yang unik yang bisa kita nikmati dengan gratis.

Shopping
Apa saja bisa kita beli di bandara. Barang kerajinan lokal, duty free items, buku, fashion items (yg branded dan yang bukan). Tetapi tetap jangan lupa waktu saking asiknya belanja.

Kenalan
Setiap traveling, saya selalu punya kenalan baru. Entah itu orang asing maupun sesama orang indonesia yang juga terjebak situasi yang sama dengan saya. Mengobrol dengan mereka, bertukar cerita dan informasi merupakan salah satu cara ampuh mengusir mahluk bernama bosan.

Menulis
Saya biasanya membuat catatan khusus setiap traveling seperti kemana saja hari itu, pengalaman apa yang saya dapat, hal yang menarik dari tempat itu. Semua saya masukkan secara acak di note book saya. Saat saya menunggu, biasanya saya buka buku saya lagi, mengingat-ingat lagi apa yang terlewatkan, merapikan catatan saya lagi. Selain itu saya juga mencatat berapa pengeluaran saya selama traveling.

 Tidur
Ini cara yang terakhir dan paling saya sukai. Saat tidur saya biasanya gantian dengan suami. Untuk menghindari barang saya hilang atau tertinggal pesawat. Kalau traveling solo mungkin backpack dijadikan bantal saja dan pasang alarm. Beres.

Happy traveling!

Leave a Reply

