Ayu Galuh Anggraini

Visa ditolak bukanlah akhir dunia

In My Tips on February 9, 2013 at 7:06 pm

“visa anda ditolak”

Dhuar!!! Tangan saya gemetaran memegang amplop berwarna cokelat yang berisi kertas hvs 2 helai dan paspor kami berdua, saya dan suami. Surat itu tertulis dalam bahasa Inggris yang intinya permohonan saya tidak diterima. Rasanya hari itu ada petir menyambar kepala saya (sedikit hiperbola yah).

“Mas, visa gak diapprove”

“Coba lagi aja”

“Tapi mas..”

“Sudah coba saja lagi”

Walaupun suami saya bilang begitu tapi saya galau. Sedikit stress. Apalagi biaya visa-nya tidaklah murah. Sekitar 1,3 juta rupiah per orang dan jika ditolak uang itu lenyap. Hangus. Menguap. Tak bersisa.

Kemudian saya masukkan aplikasi lagi dan ditolak lagi. Kali ini karena kecerobohan saya yang tidak teliti menuliskan lama masa kerja suami. Sehingga saya harus memasukkan aplikasi yang ketiga kalinya. Orang-orang bilang saya gila karena nekat berkali-kali memasukkan aplikasi visa. Tapi karena suami selalu optimis. Jadilah saya optimis juga mencoba. Alhamdulillah akhirnya lolos juga. Third time’s a charm. Indeed.

Saran saya jika visa anda ditolak:

  1. Baca baik-baik alasan kenapa visa anda ditolak. Jika anda merasa alasannya kurang jelas, anda bisa bertanya pada petugas kedutaan yang memeriksa kelengkapan data anda atau pada petugas yang berwenang.
  2. Jangan ragu untuk mencoba lagi. Pelajari dokumen-dokumen yang anda serahkan sewaktu apply visa. Apakah ada yang kurang atau tidak relevan dengan pengajuan visa anda. Lengkapi dokumennya dan hati-hati mengisi kolom-kolom pada aplikasi visa anda. Salah sedikit bisa fatal akibatnya (just like I did).
  3. Jika anda menyerah tidak mengajukan visa lagi ke negara yang bersangkutan, anda bisa melakukan rencana traveling cadangan ke negara lain yang lebih mudah visanya atau bisa VOA atau bahkan tanpa visa. Jangan sia-siakan masa cuti anda dengan cemberut dirumah saja. Dunia itu luas. Masih banyak negara yang bisa dijelajahi.
  4. Jika anda memilih untuk tidak melakukan point 2 dan 3. Anda bisa lebih banyak berdoa supaya negara kita bisa lebih powerful lagi, jadi paspor kita ini tidak dipandang sebelah mata. Jangan lupa istirahat yang cukup biar bisa bekerja lebih giat lagi untuk menggantikan dana yang hilang akibat visa ditolak.

Yang perlu diingat-ingat adalah soal visa ini yang benar-benar tahu adalah Tuhan dan pihak kedutaan. Jadi kalau ada agen visa yang memastikan kalau visa anda PASTI diterima itu sudah pasti perlu dipertanyakan lagi. Saya belum pernah memakai jasa agen dalam pengurusan visa. Tetapi sampai sekarang saya masih dag dig dug kalau akan mengajukan visa.  Mungkin sedikit trauma karena pernah ditolak dan rasanya sakiiit banget (hahahahahaaa…).

Jika agen anda mensyaratkan jumlah tabungan sekian puluh juta untuk bisa pergi ke sebuah negara, bisa jadi benar dan bisa jadi juga tidak benar. Tergantung dari berapa hari anda akan tinggal di negara itu dan mau ngapain aja. Jadi saya selalu melampirkan itinerary lengkap serta perkiraan budget selama traveling. Jadi petugas yang berwenang bisa membandingkan antara nominal tabungan dan pengeluaran yang nantinya akan terjadi.

Well then, my visa issued a day before my departure. Crazy right? Well, you’ll never know if you never try. Thanks to my husband who always teach me not to give up so easily in any situation. May Alloh bless you always, my love.

Happy traveling!

PS: Ini curhatan saya ketika aplikasi visa Australia saya ditolak. Bukan ke Korea loh ya ^^

  1. uhuyy saya terkesan paragraf terakhir nih… bikin iri saja hahahahah
    okey sayaang happy holidaay yaah

  2. jadi kemana-kemana? Korea?

  3. kok sama ya…saya kalau ngurus visa selalu dag dig dug…gara gara th 2011 di tolak US Visa saya…wawancara cuman 3 menit …langsung di kasih form Pink…artinya di tolak mentah2..kalau kuning masih bisa balik lagi untuk melengkapi dokumen kurang lengkap…kalau putih diterima…Saya sampai shock…padahal bawa semua doc rekening bank, Srt Izin dari kantor + gaji dll..tapi ga dikasih waktu untuk ngasih…sampai aku balik lagi ke loket nya..dan nanyaiin kenapa ditolak..si officer nya cuman bilang “baca” aja disitu..sambil berdiri meninggalkan locket..hiks…terlalu banget..
    di form kuning itu tertulis:
    You have been unable to demonstrate sufficiently strong family, sosial or economic ties to a life outside the US that would compel you to leave the US after temporary stay.
    ada terjemahannya:
    anda tidak dapat menunjukkan adanya ikatan keluarga, sosial ataupun ekonomi yang kuat, diluar AS yang mengharuskan anda meninggalkan AS pada akhir kunjungan…
    Ada yang pengalaman ngurus US Visa..? pls advice..!

  4. Mba aku lg proses pngajuan visa udh sebulan mba gada kbr apa2 pdhl masukin tgl 11 kluar janji tgl 18 kt mba nya data lengkap tp aku telfon slalu on proses mba aku sedih mba aku pgn bgt ke korea. Aku brgkt 2 minggu lg tp blm jls brgktnya huhu mba ngajuin visa stlh ditolak nunggu 3 bln/ bs lgsg apply lg?

    • Kalau saya bukan ditolak visa Korea ^^
      Selama ini proses visa Korea aku selalu lancar jaya Alhamdulillah.
      Saran saya, datang langsung ke kedutaan. Kalau mau curhat bisa kontak saya di line/kakao dgn id: mygaluh

  5. Mba,.bisa tanya2 kah? Tp ak nda punya line/kakao, bisa minta yg lain??hehehe. Makasi sebelumnya,.

  6. mau nanya mbak, saya baru aja ngurus visa jerman dan ditolak gara2 rek yg tidak stabil, jadi saya harus gmn ya mbak? kebetulan sudah pesen tiket akhir februari ini(berarti waktu untuk mengurus visa tinggal 3 minggu lg)
    saya berencana untuk minta bantuan rek paman saya(yg sudah jelas stabil), jadi harus menggunakan kartu keluarga ya?
    trims

  7. Mba, waktu ditolak kedubes Australia alasannya kenapa?
    Trus ngeyel konsul gimana maksudnya?
    Saya visa ditolak, alasannya krn blm banyak jalan2 me LN. Emg dipaspor baru ada cap Thailand, Saudi dan Malaysia aja.
    Tapi ada kata2 lain jg, katanya kurang meyakinkan untuk balik lg ke indo. Masalah saldo rekening sangat cukup, memang sempat ada masukin dana gede bgt direkening, tapi memang dana dari awalnya uda gede jg jd menurut saya sih ga masalah. Trus saya juga lampirin siup dan ijin2 usaha saya yg lain plus npwp. Tiket pesawat pp dan hotel juga uda issued. Tapi ujung2 ditolak.
    Sedih deh, mau apply lg tapi takut ditolak lagi.
    Apa ngaruh ya status saya single dan masih muda serta disini kerja wirausaha bikin embassy takut saya ga balik lagi?
    Mohon pencerahannya Mba. Thanks

  8. Saya sedih banget baru dapat kabar visa saya ke australia di tolak
    Di surat nya tertulis klu dia curiga saya bakal ngadain pameran di Australia karna pekerjaan saya designer
    Padahal saya cuma mau liburan aja kunjungi pacar
    Rasa nya jantung saya berhenti saking sedih nya
    Tp saya gak akan nyerah bakal apl lagi
    Tp mau tanyak kira2 berapa hari setelah penguguman di tolak untuk apl aplikasi baru???

  9. Halo mbak… saya mau nanya. Visa australia saya baru di tolak nich dengan alasan limited traveling. Jika saya berencana untuk travel ke korea ato jepang sebelum apply visa australia selanjutnya. Minimal harus berapa lama ya saya traveling sebelum mengajukan visa australia lagi? Terima kasih

    • Maksudnya krg sering ya mba jalan2nya? Sebenernya kalau seringnya itu ga ada batasannya berapa banyak jadi sering2 aja ke LN apalagi ke negara2 yang untuk kesana perlu visa. Kalau mba punya visa US atau visa Schengen (eropa) itu gak perlu sering ke LN sdh bisa jadi bahan pertimbangan buat approve visa Australia.

  10. […] tulisan saya yang ini, saya jadi banjir email tentang visa Korea yang ditolak. Padahal sudah jelas-jelas itu yang ditolak […]

  11. Mbak.. sorry yahh saya mau tanya.. kan kmr ini aku juga ngajuin visa aussie ama temen2 n suami.. dari 5 org yang ngajuin 4 orang ditolak dan 1 diterima alesannya sama semua dan ga masuk akal buat kita 1. katanya gada kelengkapan yg menjamin kalonkita bakal balik lgi ke indo ( aneh karna yg 1 org diterima)
    2.uang tidak mencukupi buat menghidupi kita disana (ini jg aneh soalnya yg diterima malah jumlah tabungannya lbh kecil dr kita)
    3. karn kurang sering pegi paspornya kurang rame ama cap kali (kita sering travelling lho padahal)
    dan kita disana masukin surat dri hotel bahkan tiket pesawat mlb-gc-sydney..
    gondok bgt..
    pertanyaan nya.. 1. ada 1 temen saya ngajuin visa lagi..kira2 bakal approve ga yah (lwt travel agent laen)
    2.saya langsung ajuin visa korea.. di kedutaan korea (saya ke kedutaan swndiri) beegutu paspor saya di scan langsung org nya tau visa aussie saya ditolak.. kira2 pengaruh ga buat kedutaan korea keluarin visa buat kita ( aku akhirnya pergi sama keluarga aku)
    thank you Mbak.. ditunggu jawbannya

    • Soal visa australia agak tricky ya mba. Mba bs kontak saya langsung aja via line: mygaluh kita diskusi disana aja ya mba.
      Kalau visa ditolak di halaman belakang biasanya di cap. Sebenernya ngga ada korelasinya antara visa Korea dan Aussie tp bs jadi salah satu pertimbangan saja visa mba ditolak krn apa nah mereka akan memperhatikan itu. Tp sepengetahuan saya Korea tidak sesulit visa australia walaupun sama-sama tricky.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: