Ayu Galuh Anggraini

New Year in Bali

In Bali, Jalan-jalan, Jelajah Negeri on January 5, 2013 at 7:28 pm

Ini tulisan pertama saya di tahun 2013 ini, semoga tulisan-tulisan lainnya bisa menyusul dengan lancar. Aamiin. Semakin sering saya traveling, semakin menumpuk juga bahan tulisan yang harus di share karena beberapa teman sudah request supaya bisa membaca tulisan saya yang katanya inspiratif (memotivasi untuk jalan-jalan) dan infomartif. Terima kasih ya teman-teman semua atas apresiasinya.

Sudah dua kali saya menghabiskan malam pergantian tahun di Bali, lebih tepatnya di Pantai Kuta. Suasananya begitu meriah, hangar bingar, ramai, padat, macet, tetapi menyenangkan. Bali memang selalu jadi tujuan utama saat jelang pergantian tahun. Pelabuhan menjadi padat oleh aneka kendaraan, hotel-hotel full booked, jalanan menjadi macet. Tetapi saya punya tips yang mungkin berguna bagi traveler semua yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun di Bali.

red fire

Akomodasi

Siapa yang tidak tahu kalau jelang tahun baru atau liburan panjang yang artinya masuk waktu High Season dimana harga hotel membumbung tinggi berlipat-lipat. Telat booking sedikit saja, harus gigit jari karena semua kamar sudah ada yang memesan. Prinsip saya, tidak ada rotan akar pun jadi. Tidak ada hotel, kamar kost pun jadi. Mungkin tidak banyak yang tahu kalau bali punya banyak rumah-rumah kost atau guest house yang bisa disewa per hari. Harganya pun bervariasi, dari 100 ribu rupiah hingga 300 ribu rupiah tergantung fasilitas yang ditawarkan oleh kost tersebut.

Saya pernah melihat kamar kost yang keren banget dengan fasilitas ruang tamu, AC, dapur, tv flat screen dan kasur yang super empuk plus ada bath tub-nya dengan harga sewa kamar 300 ribu rupiah. Bisa dipakai beramai-ramai tanpa ada surcharge, tinggal bawa karpet aja dari rumah biar hemat.

Paling banyak yang saya lihat adalah kamar standar seharga 150 ribu dengan fasilitas kasur, AC, kamar mandi dalam, dapur, tv, kulkas. Lumayan kan?

Memang sih jaraknya tidak dekat-dekat amat dengan pantai, tetapi anda tinggal sewa mobil atau motor (biasanya pemilik kost juga menyediakan rental mobil/motor). Jadi tidak usah khawatir.

Macet dimana-mana

Ini sudah jadi problem utama di kota-kota besar. Terutama denpasar. Jutaan wisatawan menyerbu Bali terutama Denpasar untuk menghabiskan hari terakhir di penghujung tahun. Sudah pasti antrian kendaraan akan nampak dimana-mana.

Saran saya sih kalau tujuan anda adalah wilayah Kuta, Legian dan sekitarnya. Hindari menggunakan mobil. Gunakanlah motor karena parkirnya mudah dan peluang anda bisa lolos dari kemacetan diatas 50%.

Stamina

Ini penting menurut saya karena mungkin anda akan stuck lama di jalan menunggu giliran kendaraan anda bisa lewat apalagi jika matahari sedang terik-teriknya. Kemungkinan lain adalah anda akan menghadapi cuaca buruk (hujan), jika stamina anda kurang anda akan jatuh sakit. Batal deh bersenang-senangnya. Selanjutnya karena anda akan banyak berjalan kaki. Apalagi tipikal orang Indonesia yang pelit sekali semangat jalan kakinya. Ingat, mungkin anda akan mendapat parkir jauh sekali dari lokasi yang dituju. Jadi siapkan kaki anda sebaik-baiknya ya. Yang terakhir adalah anda mungkin harus berjalan bersama ratusan ribu orang lainnya, berdesak-desakan. Jadi kalau anda merasa kurang enak badan, lebih baik batalkan saja rencana anda itu daripada nantinya malah kena musibah.

Fireworks party at Kuta beach

Ini yang saya tunggu-tunggu, biarpun harus rela berjalan jauh, berpeluh ria, dan berdesak-desakan diantara lautan manusia. Mungkin kedengarannya sepele ya, liat kembang api aja ngapain ke kuta. Tapi saya suka dengan atmosfernya. Duduk di tepi pantai, dengerin deburan ombak, terselip diatara banyaknya orang-orang yang tidak dikenal. Kemudian memandang langit yang dihiasi kembang api dari ujung ke ujung dengan orang tercinta di sebelah saya. Bahagia itu sederhana.

membelah langit

kuta sky

Tepat jam 00.00 langit kuta semakin marak. Selamat tahun baru teman-teman semua. Semoga di tahun yang baru ini sehat selalu, banyak rejeki,sukses dan semua keinginan kita bisa terwujud. Aamiin.

Happy traveling

  1. Loalah…iki dulurku toh hahahaa
    Tante galuh tahun baruan di kuta? Berarti kita satu tempat lhooo…. Kok ga ngabarin sih kalo ke bali

  2. Mbak,kost kost an yang di maksud mbak ˚̷ɪ̷̜̇̌̋ť̈ΰ daerah mana?Koq super lengkap dan murah. ɑ̤̥̈̊Ƙυ̲̣̥ bulan depan ke Bali rombongan ber 6 dewasa plus 3 anak kecil.✽̶┉♏ɑ̤̥̈̊ƙɑ̤̥̈̊șîħ┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴ infonya…:)

    • Kalo tahun baru sekarang mungkin harga yang saya tulis sudah tidak sesuai lagi. Kost yang saya maksud ada di daerah pemogan dan jln. Diponegoro. Hotel yang murah banyak kok tapi letaknya jauh dari kuta. Pop hotel juga bisa jadi pilihan.

  3. Kalau tahun baruan di bali, terutama di pantai kuta, mending jalan kaki ke pantainya biar gak kejebak macet :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: