Ayu Galuh Anggraini

Tanjung Papuma, eksotisme yang tersembunyi

In Jalan-jalan, Jelajah Negeri, sekitarku on August 9, 2012 at 12:40 pm


Perjalanan antar pantai saya pun berlanjut. Setelah saya puas menelusuri pantai watu ulo segera saya menuju ke Tanjung Papuma. Tanjung Papuma adalah salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Jember, Jawa Timur. Lokasinya terletak kira-kira 37 km dari kota Jember tepatnya di Kecamatan Ambulu dan Wuluhan atau sekitar 235 km dari kota Surabaya. Nama Papuma sendiri berasal dari akronim “Papu” yaitu Pasir Putih dan “Ma” dari Malikan, karena memang ada dua bagian pantai yaitu Pantai Pasir Putih dan Pantai Malikan. Sedangkan dinamakan “tanjung” untuk menggambarkan posisi pantai yang menjorok ke laut.

Obyek wisata seluas 25 hektar ini terdiri dari hamparan pasir putih dengan tanjung melingkar sepanjang kurang lebih 1,5 km ini berada dalam pengelolaan Perum Perhutani Jawa Timur. Mungkin ini sebabnya suasana di Tanjung Papuma berbeda sekali dengan saudaranya yaitu Pantai waktu ulo.

Untuk menuju kesana, biasanya wisatawan dari luar daerah Jawa Timur harus menuju Surabaya terlebih dahulu, dan dilanjutkan perjalanan menuju ke jember dengan menggunakan angkutan umum. Sedangkan dari Jember menuju lokasi bisa menggunakan kendaraan bermotor beroda dua, atau menyewa mobil, karena tidak terjangkau oleh angkutan umum. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah, yaitu hamparan sawah dan perbukitan yang hijau.

Perjalanan dari Jember menuju lokasi kira-kira memakan waktu sekitar 1 jam saja. Sebelum mencapai Tanjung Papuma, anda akan mendapati satu obyek wisata lagi yaitu Pantai Watu Ulo. Untuk bisa masuk ke lokasi anda akan dikenai biaya sebesar Rp. 5000/orang, Rp. 100/orang untuk asuransi dan biaya parkir kendaraan. Jalan yang menanjak tajam mengharuskan anda untuk berhati-hati saat berkendara.

Tak jarang anda akan menjumpai monyet hutan yang liar dengan santainya melenggang menyebrang jalan. Ada sesuatu yang beda saat berada disini, pantai yang indah dan tidak begitu ramai pengunjung, memberikan kepuasan tersendiri berlama-lama menikmati pemandangan yang disuguhkan. Jika ombak sedang tenang anda bisa bermain-main sepuasnya dibibir pantai, bahkan anda bisa ikut berlayar bersama nelayan setempat. Namun tidak diperbolehkan untuk berenang karena pantai ini masih termasuk dalam jalur laut selatan. Sehingga larangan memakai baju berwarna hijau pun masih berlaku disini.

Nampak dari kejauhan ada pulau-pulau kecil yang sebenarnya berupa gundukan batu karang yang besar. Beberapa diantaranya memiliki nama yaitu Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, Pulau Kajang dan Pulau Kodok.

Jika ingin menginap, juga disediakan beberapa pondokan dengan harga bervariasi, ada juga fasilitas untuk outbond dan gathering. Keindahan panorama tanjung papuma akan bisa terlihat lebih jelas jika kita mau sedikit bersusah payah menaiki puluhan anak tangga untuk mencapai “Sitihinggil” yang berarti “tanah (yang) tinggi”. Selain itu ada pula Goa Jepang, yaitu bunker tentara Jepang sewaktu Perang Dunia II.

Uniknya Tanjung Papuma adalah, kita bisa melihat matahari terbit dan terbenam di satu tempat yang sama. Sehingga tempat ini menjadi lokasi favorit para fotorgrafer yang ingin berburu moment tersebut selain gugusan karanng-karang pipih dipinggir pantai malikan yang tak kalah indahnya. Jika beruntung anda bisa mendapati aneka ikan yang tidak sengaja terjebak disana. Hewan-hewan liar dan dilindungi seperti kijang, lutung, tupai dan aneka burung yang memang dibiarkan hidup alami akan sering menampakkan diri terutama saat senja menjelang di Tanjung Papuma

Happy Traveling

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: