Ayu Galuh Anggraini

Menengok Museum Satwa Berkelas Internasional di Jawa Timur Park 2

In Jalan-jalan, Jelajah Negeri on August 9, 2012 at 12:45 pm


Museum? Apa yang terbayang di benak kita begitu mendengar kata museum? Benda-benda kuno, kusam, berdebu, suasana yang spooky, lokasi yang sepi, hal-hal yang membosankan. Saya yakin bayangan-bayangan itu ada di kepala. Tidak salah sih kalau anda berpikiran demikian, karena memang selama ini image museum yah seperti itulah. Apalagi di Indonesia. Bukannya saya mengecilkan nilai sejarahnya tetapi coba deh kunjungi salah satu museum di Jakarta seperti yang dilakukan teman saya ailsa yang menemukan wayang bulukan.

Back to topic, berkunjung ke museum yang satu ini saya jamin membuat anda tidak akan bosan dan pasti akan merubah mind set anda tentang museum. Museum yang terletak di Jl. Oro-oro Ombo No 9 Batu ini menawarkan sebuah konsep berbeda dari museum yang lainnya. Museum ini masih berada dalam area tempat wisata Jawa Timur Park 2 yang merupakan pengembangan dari Jawa Timur Park 1. Hebatnya lagi museum satwa ini diklaim sebagai museum satwa terlengkap dan terbesar se-Asia Tenggara.

Museum satwa tepat bersebelahan dengan Batu Secret zoo. Nampak jelas dari kejauhan bangunan megah berwarna putih dengan desain arsitektur ala romawi, diapit dengan dua patung gajah raksasa, sungguh mengagumkan. Museum ini buka dari jam 10 pagi hingga jam 6 malam. Tiket yang dikenakan kepada pengunjung satu paket dengan Batu Secret Zoo yaitu sebesar Rp. 40.000 weekday dan Rp. 50.000 pada saat weekend. Untuk masuk ke museum, pengunjung dilarang untuk membawa makanan dan minuman ke dalam, supaya kebersihannya tetap terjaga.

Begitu memasuki ruangan museum kita akan disambut dengan replica kerangka hewan purba raksasa prasejarah yaitu T-Rex. Saya langsung heboh sendiri (norak) berkali-kali berfoto di depan replica mahluk carnivora raksasa jaman purba itu. Sekilas interior museum satwa ini mengingatkan kita pada National History Museum di luar negeri hanya saja ini khusus hewan. Mirip yang di film “Night at the Museum”.

Ada ratusan diorama satwa dari seluruh negara di belahan dunia seperti Eropa, Afrika, Amerika, Cina, dan Antartika. Hewan-hewan itu ditata apik seolah-olah masih hidup di habitat asalnya. Mulai dari hewan yang hidup di savanna, di gurun hingga yang hidup di antartika. Pada bagian ini saya terkagum-kagum dengan diorama kumpulan singa yang menyergap seekor zebra dan juga diorama beruang kutub.

keren banget yah

Bagian selanjutnya dari museum ini adalah insektarium berisi 5.000 jenis serangga dari berbagai penjuru dunia antara lain dari Peru, Papua Nugini, Kolumbia, Malaysia, Pulau Madagaskar, dan berjenis-jenis serangga dari berbagai wilayah di Indonesia. Kebetulan adik saya punya peliharaan yang aneh, yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Ia mendapatkan hewan itu dari seseorang ketika sedang berkunjung ke sebuah desa. Nah adikku selama ini bingung hewan itu apa namanya darimana. Iseng-iseng mencari di bagian serangga di museum satwa ini. Gotcha!! Dapat juga namanya yaitu Eurcynema versinubra habitat asalnya dari gunung Ijen.

nih hewan aneh peliharaan adikku

Kehidupan dunia air juga tak luput disajikan disini baik air tawar seperti sungai, danau maupun rawa, maupun air laut. Ada pula bagian khusus dari museum yang menampilkan fosil-fosil hewan purba raksasa seperti gajah purba (mammoth), hiu purba, dan buaya purba. Namanya juga hewan purba, replicanya pun ukurannya raksasa. heheee….

Dengan memadukan unsur edukasi, hiburan dan kesenian membuat semua bagian dari museum ini tidaklah membosankan sama sekali. Anda sekeluarga akan betah berlama-lama berada disini. Serasa menjelajah ke seluruh dunia. Tertarik mencoba?

happy traveling

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: