Ayu Galuh Anggraini

Bali Episode: Pantai Lovina

In Bali, Jalan-jalan, Jelajah Negeri on August 9, 2012 at 1:20 pm
Perjalanan saya kali ini adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat kota Singaraja yang di peta termasuk wilayah Bali utara. Kali ini saya bersama-sama dengan pasukan laki-laki teman-teman kerja suami dan saya satu-satunya yang cantik sendiri. Menggunakan dua mobil kami pun berangkat kesana. Belum ada satu pun yang pernah ke Lovina. Bismillah… cap cus cyin!Untuk menuju Pantai Lovina dari Denpasar jarak yang ditempuh cukup jauh dengan medan yang berkelok-kelok. Ada tiga alternatif sebenarnya untuk mencapai Lovina dari Denpasar. Alternatif yang pertama adalah Denpasar – Bedugul – Singaraja – Lovina atau Denpasar – Bedugul – Seiririt – Lovina, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sedangkan alternatif ketiga bagi yang tidak tahan dengan jalan berkelok kelok bisa melalui rute Denpasar – Gilimanuk – Lovina dengan perkiraan waktu tempuh 4 jam.

Mendengar nama pantai Lovina, ingatan saya melayang ke beberapa tahun lampau saat masih berstatus mahasiswa dan kost di Malang. Suatu ketika ada anak kost baru dari Bali. Sedihnya, saya lupa namanya. Dia cerita kalau dia tinggal di sekitar Lovina. Orang tuanya bekerja dengan menggantungkan harapan pada pariwisata Lovina. Ia bercerita betapa terkenalnya Lovina karena lumba-lumbanya. Yap, betul sekali, lumba-lumba. Hewan yang satu ini merupakan komoditas andalan Pantai Lovina. Turis asing dan manca negara khusus datang ke Pantai ini untuk mengadu peruntungan untuk melihat lumba-lumba liar. Mungkin mirip dengan teluk Kilauan di Lampung yah. Lumba-lumba tersebut muncul pada waktu pagi hari

Saya tiba di Lovina siang hari, otomatis pupus sudah harapan melihat lumba-lumba. Malahan teman suami ada yang mengira kalau lumba-lumbanya akan bermain di pantai dan bisa otomatis kita lihat sesampainya disana. Suami saya malah mengira ada pertunjukan lumba-lumba ala sirkus (hahahahahaaa). Jadi setibanya disana kami hanya nongkrong dan berfoto-foto saja.

Sambil melihat-lihat, saya berkenalan dengan seorang penjual cangkang kerang laut yang bernama Pak Ketut. Pak Ketut ini perawakannya kekar ala bodyguard, dia menyunggi keranjang plastik berisi puluhan cangkang kerang aneka rupa, warna, bentuk dan besarnya. Sesekali dia membunyikan sebuah kerang yang jika ditiup bunyinya keras sekali. Suami dan temannya iseng-iseng mencoba dan gagal! Suara yang keluar malah mirip suara kentut! Hahahaha…

Jika ingin meihat lumba-lumba, wisatawan harus datang ke pantai sekitar jam 5 atau jam 5.30 waktu setempat. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa kapal ada 60 ribu rupiah per kepala. Satu kapal hanya muat empat orang saja. Sekitar jam 6 perburuan dimulai dan akan selesai sekitar pukul 8. Mungkin lebih baik jika menginap semalam disana agar bisa ready pagi-pagi benar. Hotel-hotel di sekitaran lovina bertarif 250 ribu rupiah hingga jutaan. Tinggal pilih yang susuai budget anda.Pak ketut menceritakan kalau hari itu sedang ada persiapan Sail Indonesia yaitu acara rally kapal layer dunia yang diadakan setahun sekali. Pantas saja nampak banyak orang sedang mempersiapkan panggung, mengatur gamelan, memasang umbul-umbul. Bagi pedagang yang menjual kerajinan pun disediakan tempat khusus. Sayangnya tidak bisa lihat acaranya pada hari H yah.

Menjelang sore, kami semua pun memutuskan untuk pulang. Saat melewati bedugul, kabut pun turun hingga jarak pandang hanya sekitar 1 meter saja. Mobil satunya melaju kencang sekali, hingga mobil kami tertinggal jauh. Dari pada capek-capek ngejar mending berhenti dulu di pasar bedugul, makan strawberry dan jagung rebus. Nyum!!! Strawberry bedugul manis loh. Kalau mau beli tawar saja 15 ribu untuk 4 pack strawberry (ukuran mika sedang).Happy traveling!