Ayu Galuh Anggraini

Singapore Science Centre, tempat bermain dan belajar yang asik

In Jalan-jalan, Singapura on August 8, 2012 at 11:31 pm
Masih di seputaran Singapura yah, kali ini saya mau bagi-bagi cerita tentang destinasi unik lainnya di Singapura yaitu Singapore Science Centre (SSC). Yess I’m a Geek. Kalau di Indonesia SSC ini kurang lebih sama dengan Musium Science & Technology, di Taman Mini Indonesia Indah, yang membuktikan Indonesia ngga kalah keren dari Luar Negeri. Saat berada di LN itulah kita akan semakin kangen dan cinta Indonesia. Kangen bisa makan nasi, kangen apa aja ada disini dengan harga yang terjangkau, kangen ramahnya orang-orang Indonesia. Cinta banget ama negeri ini.Untuk ke SSC, bisa menggunakan trasportasi Bus atau MRT. Lokasi SSC ini ada di wilayah Jurong East yang juga terkenal dengan Bird Park-nya. Jadi silahkan cek di halte-halte bus, bus mana ajah yang melewati wilayah Jurong East. Kalau tidak ketemu jangan malu bertanya. Ada banyak spot-spot wisata di wiayah Jurong East yang jaraknya saling berdekatan. Misalanya Snow City (saya batal kesini karena kata blogger yang lain tidak terlalu bagus, mungkin mirip dengan yang ada di Ancol), Jurong Bird Park (katanya paling besar di Asia Tenggara, saya juga tidak bisa mampir karena waktu yang tidak memungkinkan), Chinnese Garden dan Japanese Garden (ini spot yang saya baru tahu). Ada juga Omni Theatre, nah yang ini jadi satu dengan SSC. Jadi waktu awal membeli tiket, bisa membeli tiket untuk SSC-nya saja atau jadi satu dengan Omni. Waktu saya kesana ada pemutaran Toys Story dari Pixar. Namun lagi-lagi karena waktu yang mepet jadi harus menahan hasrat.

Sesampainya di SSC, kami (saya, suami dan ika) sarapan dulu di McD SSC. Kangen sekali sama nasi. Berhubung masih pagi dan menu pagi McD hanya ada pancake dan burger, saya dan ika memilih pancake sedangkan suami memilih burger. Ngerinya membayangkan perut pagi-pagi sudah disodori junk food. Sebelum pintu masuk SSC ada area bermain untuk anak-anak, ada taman yang nyaman, ada kolam renang mini dengan permainan air yang unik.Memasuki gedung SSC, kita akan melewati sang penjaga gedung. Mahluk prasejarah yang doyan daging. Tapi tenang, dia hanya replika T-Rex yang digerakkan oleh mesin dan bisa bersuara layaknya T-Rex asli. Mengerikan! Coba kalau dia hidup beneran, saya pasti jadi sasaran empuknya soalnya daging saya banyak. Aaaaaa!!!!

Oyah, sediakan waktu yang cukup saat ke SSC, karena kalau semua bagian dikunjungi, dan semua permainan unik dicoba, bisa-bisa anda akan pulang kalau SSC sudah tutup. Pada waktu saya berkunjung ada eksbisi ilusi mata. Mata itu ternyata mudah sekali ditipu oleh trik-trik tertentu. Paling unik disini yaitu cermin yang bisa merubah muka (sayang ngga ada fotonya) dan “penggal kepala”. Bukan penggal beneran yah. Korban saya adalah suami sendiri, hi hi…
pokoknya disini menarik semua, ada foto yang bisa berkedip dan bergerak layaknya foto-foto dan lukisan di film harry potter, ada teknologi Nano yang bisa menjelaskan bagian terkecil dari manusia. Menakjubkan. Ada pohon virtual yang ternyata kabel-kabel itu berasal dari kabel-kabel komputer, super komputer mungkin. wow…
Ada juga magnet pasir yang bisa menari mengikuti irama lagu yang diputar, ada juga permainan yang menguji kepekaan nada, dan segudang lainnya. Mau liat bagaimana proses telur ayam yang menetas, bisa kita lihat real and live. Sayangnya, beberapa bagian terlihat kurang bersih, karena ada beberapa pegunjung yang kurang tertib, selain itu ada beberapa permainan yang rusak. Jadi kecewa tidak bisa memainkannya. Tapi overall… semuanya menakjubkan… simple science yang biasa kita pakai dan temui sehari-sehari dikemas menarik dan tidak membosankan.Have fun!!!Note:
Ada yang kelupaan yah…. berdasarkan website SSC, harga tiket masuknya adalah 6SGD dan omni theatre-nya 10SGD. Entah kenapa pada waktu saya kesana tiket masuknya adalah 9SGD. Kemungkinan kenaikan itu karena weekend atau memang websitenya tidak diupdate. (thanks buat mba orlane yg sudah bertanya harga tiketnya berapa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: