Ayu Galuh Anggraini

Backpacking ke Shenzen: surganya belanja

In Jalan-jalan, shenzen on August 8, 2012 at 11:58 pm

Rute perjalanan saya kali ini adalah Macau – Hongkong – Shenzen. Karena tempat menginap saya di daerah Tsim Tsa Tsui, maka untuk menuju perbatasan saya cukup naik KCR ke Lo Wu dari stasiun Tsim Tsa Tsui (jika anda punya peta MRT dan KCR lihat jalur biru muda/East Rail Lane). Saya berangkat dari hostel sekitar pukul 9 pagi, hal ini untuk antisipasi antrian panjang di imigrasi. Sesampainya di perbatasan antrian imigrasi keluar Hongkong tidak terlalu panjang, sambil menunggu teman yang masih tertinggal dibelakang saya iseng-iseng ikutan survey untuk wisatawan yang berkunjung ke Hongkong di musim dingin. Bicaranya cepat sekali dan menggunakan gadget canggih. Wah Indonesia kalah jauh soal begini.

Saya membawa uang sekitar 300 yuan. Tidak banyak-banyak karena targetnya bukan berbelanja. Jujur agak sedikit takut mendengar cerita-cerita rekan-rekan yang tertipu uang palsu di China. Teman saya yang kenal di hostel bercerita kalau rekan seperjalanannya tertipu saat ke shenzen. Jadi dia menukarkan uang USD dengan RMB dia di Bank. Tentunya uang itu asli, nah ketika sampai di shenzen dan naik taxi, saat membayar taxi uang itu ditolak. Supir taxi mengatakan uangnya palsu. Setelah bersitegang akhirnya supir taxi menerima pembayaran. Nah, dia akhirnya pergi berbelanja beberapa barang, yang terjadi adalah uangnya ditolak karena palsu. Rupanya saat supir taxi tadi mengembalikan uang itu, dia menukar uang yang asli dengan yang palsu. Sungguh kasihan. Tips yang saya peroleh juga dari teman yaitu usahakan menawar dengan pecahan yang bulat, untuk menghindari kembalian dengan uang palsu.

Setelah melewati imigrasi Hongkong anda tinggal berjalan lurus menuju imigrasi China. Suasananya langsung berbeda. Padahal masih satu bagian ruangan loh. Nanti anda akan tau maksud saya kalau sudah kesana. Penting bagi anda untuk membawa peta shenzen terutama yang lengkap dengan aksara Chinanya karena tanda-tanda penunjuk arah disana tidak dilengkapi dengan bahasa inggris. Jadilah anda akan bermain “tebak-tebak buah manggis”. Waktu itu antrian tidak terlalu panjang karena memang masih pagi. Destinasi saya ke shenzen adalah Luohu Commercial City, Dogmen Shopping Street dan Huaqiang Bei.

Luohu Commercial City (LCC)

Untuk menuju kesana anda tinggal keluar dari area imigrasi, karena lokasi LCC ini tepat diatas perbatasan Lo Wu antara Hongkong dan Shenzen. Ini merupakan destinasi berbelanja yang pertama. Ingat.. jangan habiskan uang anda disini dahulu. Melihat-lihat bolehlah. Para pekerja disini paham bahasa Inggris standart dan jangan heran kalau anda disapa dengan sapaan khas Indonesia seperti yang saya alami dan membuat saya tersenyum-senyum geli sendiri. “Kakak… Mulah-mulah… Sepatu mulah, tas mulah” atau “Mali masuk.. selatus tiga..” atau “kakak cantik… dali Indonesia.. masuklah kakak”. Sungguh mengangumkan, membuktikan kalau turis Indonesia memang tukang belanja.

Dongmen Shopping Street (DSS)

Untuk menuju ke DSS anda harus naik Metro (sebutan untuk MRT di China). Berhubung uang saya dalam pecahan besar, maka saya menukarkan uang tersebut dengan pecahan kecil di petugas yang ada disana. Mereka bisa berbahasa Inggris (bersyukurlah). Mesin pembelian tiketnya juga dilengkapi bahasa Inggris, sehingga tidak menyulitkan. Bentuk tiketnya adalah seperti gambar dibawah ini, seperti token untuk main game. hehe…

Anda tinggal turun di Metro Laojie Station kemudian keluar di Exit A. Entah salah keluar atau bagaimana saya keluar memalui sebuah mall dan kemudian berjalan kearah kiri mengikuti jalan besar sampai menemukan plang besar dengan tulisan “dong men” dalam aksara cina. Karena bingung saya menanyakan dalam bahasa mandarin sambil menunjuk peta. Ternyata tempatnya tidak jauh dr tempat saya bertanya. Patokannya adalah tiga buah pilar bertuliskan “dong men” seperti gambar dibawah ini.

Jangan panik wahai kaum wanita penggemar belanja. Tarik nafas dalam-dalam dan berjalanlah pelan-pelan. Ah… tidak usah dijelaskan panjang lebar. Pokoknya ucapkan selamat jalan pada uang anda. Pekerja-pekerja disini juga menguasai bahasa Inggris standar. Tawar menawar biasa dilakukan dengan kalkulator, kalau tidak ada kalkulator sediakan kertas dan alat tulis. Jadi anda tidak rugi kalau-kalau anda lebih bayar karena salah dengar.

Huaqiang Bei (HB)

Kalau Dongmen itu area shopping yang berhubungan dengan fashion maka HB ini berhubungan dengan computer dan alat-alat elektronik lainnya. HB merupakan pusat perdagangan elektronik diseluruh China. Untuk menuju kesana bisa menggunakan Metro turun di Huaqiang Lu Exit A. Suasananya seperti berada di wilayah Mangga Dua. Persis sekali. Anda tinggal berpindah-pindah antara Mall yang satu dengan yang lainnya. Berhati-hatilah pada barang bawaan anda karena ramai sekali, dan berhati-hatilah menyeberang jalan karena tidak ada lampu merah. Ini lumayan membuat saya agak syok. Tapi memang lengkap sekali, apa saja ada disini. Tidak heran kalau saya pernah membaca seorang petani di China mampu membuat robot, karena bahan-bahan dan suku cadangnya, bisa diperoleh dengan mudahnya. Sungguh iri saya.

Note:

• Untuk kaum wanita saya sarankan membawa tisu toilet sendiri dan juga harus tahan jijik, karena toiletnya sungguh-sungguh tidak direkomendasikan. Tidak usah saya jelaskan panjang lebar karena bisa menimbulkan mual-mual massal.
  • Jika ingin melanjutkan ke Ghuangzhou, anda tinggal berjalan membeli tiket kereta di Luohu Railway Station yang terletak dibawah sebelah kiri Luohu Commercial City.
  • Untuk makan, saya makan di KFC di wilayah dongmen. Tinggal tunjuk paket menunya tapi tidak disediakan saus yah. Kalau ingin makan pakai saus sambal, bawalah dari Indonesia. Hehehehe… beginilah tampang menu makan siang saya di Sehnzen.

Pulang kembali ke Hongkong sekitar jam 5 sore dengan menggunakan Metro sampai ke Lo Wu dan dari Lo Wu naik KCR kembali ke East Tsim Tsa Tsui Station.