Ayu Galuh Anggraini

Backpacking ke Shenzen: pengalaman pertama…

In Jalan-jalan, shenzen on August 8, 2012 at 11:50 pm

Shenzen adalah salah satu kota di China. Buat orang Indonesia, Shenzen terkenal sebagai surganya belanja selain Ghuangzhou terutama untuk penggemar elektronik atau gadget. Januari awal tahun ini saya berkesempatan untuk mengunjungi shenzen setelah sebelumnya berkeliling macau (again), Hongkong (yang kali ini waktu keliling-kelilingnya lebih lama). Beberapa teman meminta saya menuliskan pengalaman selama disana dan persiapannya apa saja. Berhubung saya harus terkapar selama beberapa hari karena flu (karena ngga tahan dingin), baru sekarang saya mencoba untuk sharing pengalaman. Banyak sekali referensi yang bisa diperoleh dari berselancar di dunia maya dan banyak pula buku-buku para petualang antar negara yang bisa dibaca sebelum anda bepergian keluar negeri. Semoga yang saya tuliskan disini bisa bermanfaat.

Tentang Visa
Sebelum berangkat ke Shenzen, atau bagian manapun dari wilayah china atau biasa disebut sebagai China mainland yang terpenting adalah VISA. Ini mutlak karena tanpa visa, anda tidak bisa memasuki wilayah cina bagian manapun kecuali anda datang dengan diam-diam melalui jalur antah berantah masuk ke cina. Kalau lewat imigrasi yah jelas-jelas tidak mungkin. Untuk mengurus visa cina tidaklah susah. Anda cukup datang ke PT China Visa Services Indonesia yang berlokasi di The East Tower 2nd floor Unit 6. Jalan Lingkar Mega Kuningan Block E.3.2  Kav 1 Jakarta.

Saya tidak mengalami kesulitan apapun dalam mengurus visa ke cina. Sebelumnya saya sudah mendowload formulir visa yang bisa diunduh di sini. Jangan lupa sertakan foto diri 4×6 dengan latar belakang terang serta paspor yang masih berlaku. Saya memilih sudah mengisi formulir dirumah karena untuk mempercepat prosesnya, dan benar saja, sampai disana saya tinggal mengambil nomor antrian, menyerahkan formulir dan paspor kepada petugas. Mbak-mbak petugas akan melakukan pengecekan ulang terhadap formulir yang kita isi itu, dan jika ada yang belum kita isi karena belum jelas, dia akan menanyakan kepada kita data-data yang kurang dan mengisinya. Setelah itu dia akan menyerahkan secarik kertas untuk mengambil visanya. Visa bisa diambil setelah 6-7 hari kerja dan kita membayar biaya visa sewaktu pengambilan dan bukan bayar diawal.

Banyak yang bilang kalau kita akan ditanyai tentang dokumen-dokumen seperti tiket pesawat, atau bukti booking hotel atau bahkan bukti rekening bank kita. Semua itu tidaklah dibutuhkan saat saya mengajukan visa untuk berkunjung ke cina. Jadi janganlah khawatir yah. Tidak seseram yang dipikirkan.

Single entry atau multiple entry?
Saya dalam hal ini memilih single entry. Kenapa? Karena saya memang tidak berniat untuk keluar masuk wilayah shenzen berulang-ulang. Kalau misalnya anda stay di hongkong kemudian ingin ke shenzen tapi tidak menginap disana, kemudian keesokan harinya anda ingin balik lagi ke shenzen maka yang anda butuhkan adalah multiple entry visa. Jangan salah memilih yah. Harga yang dikenakan kepada visa single entry dan multiple entry pun beda.

Mata uang
Berhubung shenzen itu tempatnya berbelanja, bawalah dana yang cukup sekiranya anda bisa membeli barang-barang yang diinginkan. Anda bisa menukarkan mata uang rupiah dengan mata uang china di Indonesia. Anda juga bisa menukarnya di Hongkong. Tapi saya tidak menyarankan anda untuk menukar dollar anda atau mata uang lainnya di china, karena terkenal dan sudah banyak yang memiliki pengalaman buruk dengan uang palsu. Saya pribadi membawa USD dari Jakarta dan menukarnya dengan mata uang china di Hongkong secukupnya. Soal pengalaman uang palsu ini akan saya tuliskan bagian tulisan saya yang lain.

Rute ke Shenzen
Untuk menuju shenzen tidak harus melalui Hongkong, tetapi anda bisa langsung dari macau ke shenzen menggunakan Ferry. Jadi anda tinggal menuju Macau Ferry terminal dan membeli tiket ferry ke shenzen. Saya tidak tahu berapa biaya ferrynya. Waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 2-3 jam perjalanan tergantung cuaca. Info ini saya dapat hasil nguping di dalam shuttle bus menuju macau ferry terminal. Lumayan ada berguna juga hasil susah payah saya kursus mandarin.
Jika via Hongkong, anda tinggal naik MTR menuju perbatasan luohu tinggal berjalan sebentar, mengantri imigrasi dan sampailah anda di shenzen.

Perhitungan waktu
Kalau anda hanya sekedar ingin berpuas-puas belanja di Shenzen sebenarnya tidak cukup hanya sehari anda harus menginap di Shenzen. Tetapi jika ingin melakukan prinsip “shop and go” atau hanya sekedar pengen tahu seperti saya, artinya anda tidak menginap di shenzen maka dari hongkong anda harus pagi-pagi sudah bersiap. Sekitar jam 8 waktu hongkong, anda harus sudah dalam perjalanan. Hal ini untuk mengantisipasi antrian panjang di imigrasi, baik imirasi hongkong maupun imigrasi china. Ini juga hasil rekomendasi beberapa backpacker local dan internasional yang banyak bercerita tentang tidak enaknya berjubel antrian di imigrasi china. Keuntungannya juga waktu untuk melihat-lihat atau berkeliling Shenzen bisa lebih lama.

Cuaca
Berhubung waktu saya berkunjung adalah saat musim dingin, jadi pakailah pakaian yang sungguh-sungguh hangat yah. Karena musim dingin di China suhunya bisa drop tiba-tiba. Anda tentu tidak mau berakhir dengan tubuh membiru karena salah kostum kan? Sebelum berkunjung penting mengetahui cuaca tempat yang dituju bagaimana. Terutama karena bagi daerah-daerah 4 musim. Sedia obat-obatan darurat kalau-kalau anda jatuh sakit selama disana.

Happy traveling!

  1. Wahhh!! dari dulu saya ingin pergi ke shenzen namun selalu berkendala dengan waktu dan biayanya.

    Habis baca blognya sangat bermanfaat bagi kita world traveler yang minim biaya dan baru pertama kali ke shenzen.

    Terima kasih postnya🙂

Leave a Reply

