Ayu Galuh Anggraini

Malaysia: Johor Premium Outlet dan Legoland

In Jalan-jalan, Malaysia on October 21, 2012 at 8:11 pm

Trip singkat ini tidak direncanakan sebelumnya, dan bisa dibilang nekat karena saya hanya punya waktu beberapa jam saja sebelum pulang ke Indonesia. Tetapi, karena penasaran jadilah saya dan suami bertekad bulat untuk mewujudkan rencana yang agak tidak masuk akal ini. Mengingat saya dan suami pernah punya pengalaman buruk ketinggalan pesawat.

Kami meninggalkan hostel di Singapura pagi hari dan sarapan dahulu. Setelah itu kami menuju stasiun MRT terdekat untuk menuju ke Johor untuk melakukan “amazing race” ke johor bahru. Sepertinya memang lebih dekat ke Johor bahru via Singapura loh dan cara kesanaya mudah sekali. Berikut ini cara saya menuju kesana dan apa saja yang saya lakukan disana.

Pertama

Saya membeli tiket MRT menuju ke stasiun Kranji. Turunlah di stasiun tersebut dan keluar menuju ke tempat pemberhentian bus. Ikuti saja papan petunjuknya. Jangan lupa tukar uang anda di money changer yang tersedia di sana.

Kedua

Cari SBS Bus No 170 (yang akan membawa kita ke Imigrasi Singapura di Woodands) atau bisa juga dengan menggunakan Bus 160. Bisa juga dengan menggunakan Bus Causeway Link CW1 ke JB sentral. Biasanya sekitar SGD 0,8.

Ketiga

Mengantrilah di Imigrasi Singapura dan setelah selesai carilah bus yang sama untuk menuju ke Imigrasi Malaysia. Saya tidak perlu mengisi kartu kedatangan. Bangunannya keren sekali dan megah. Beda dengan imigrasi singapura. Konon sih baru saja direnovasi. Petugasnya pun banyak sekali jadi kita tidak mengantri terlalu lama.

Keempat

Setelah lepas dari Imigrasi Malaysia kita ikut penunjuk arah yang bertuliskan “JB Sentral” dan cari tempat pemberhentian bus. Naiklah bus yang bertuliskan JPO1 dengan biaya sekitar 3,5RM. Nah, berhubung saya terburu-buru waktu jadi saya memilih naik taxi saja dengan biaya 40RM untuk menuju ke Johor Premium Outlet (JPO). Untuk info lengkap cara menuju kesana versi website mereka bisa cek disini.

JOHOR PREMIUM OUTLET

Tempat ini merupakan surganya para shopaholic, walaupun rasanya perjalanan saya menuju kesana naik taxi berasa jauh banget. Sampai-sampai saya sempat tertidur di dalam taxi. Kemudian saya disuguhi pemandangan yang membuat saya bergumam: “where are we exactly? It’s in the middle of nowhere”. Yup, sepertinya JPO ini berlokasi cukup terpencil karena didirikan di wilayah yang baru saja dibuka lahannya. Jadi kalau kita melihat sekelilingnya, masih belum ada bangunan-bangunan lain dan tentu saja gersang.

jpo

jpo 1

Memasuki area JPO saya tertarik dengan konsep store-nya. Seperti pusat perbealanjaan yang eksklusif dari luar, walaupun jika kita masuk ke dalam masing-masing outletnya ada yang disetting seperti di dalam factory outlet biasa. Semakin terkenal brand-nya, semakin keren display-nya.

Sederetan nama brand-brand fashion terkenal di dunia menyapa anda dan merayu anda untuk masuk kedalam dan membuat kantong anda langsung bolong. Betapa tidak, penawarannya diskon-nya cukup menarik. Jika dibandingkan, harganya bisa jadi setengah dari sale barang serupa di Singapura. Anda akan menemukan outlet Burberry, Lacoste, Coach, CK, DKNY, dan Versace. Sekitar ada 30 outlet fashion designer dan sportwear. Sedangkan untuk produk sepatu, bisa mampir di Charles and Keith atau Vincci (saya beli sandal vincci Cuma 60 ribu saja). Ada juga outlet khusus jewelry, fine leather, cosmetics semacam body shop (disc up to 50%), bahkan ada juga produk kebutuhan rumah tangga. Jika lapar, ada beberapa resto yang juga berlokasi di dalam komplek JPO ini, jadi anda benar-benar bisa berbelanja dengan aman, nyaman, tenang dan santai. Daftar lengkap outlet-ouletnya bisa klik disini.

jpo 2

jpo 3

jpo 4

Saat suami belanja (situasi terbalik yah), saya lebih memilih untuk duduk-duduk di bangku yang banyak tersedia disana dan walaupun tanamannya belum banyak tetapi suasananya benar-benar enak. Jadi, kalau anda ingin berkunjung bersama keluarga besar terutama  anak-anak, tempat ini termasuk dalam kategori rekomended.

LEGOLAND MALAYSIA (LM)

Setelah puas melihat-lihat (dan shopping sedikit) di JPO, saya kembali naik taxi untuk menuju ke LM. Biaya taxi dari JPO ke LM sekitar 25-30RM. Jika anda ingin naik bus maka caranya sebagai berikut:

  • Ikuti cara saya seperti diatas hingga sampai ke JB sentral atau JB CIQ (Custom, Immigration, and Quarantine Complex) dan carilah bus JPO2 yang rutenya JPO – Legoland.
  • Kalau anda dari JPO ingin ke LM maka dari JPO anda bisa langsung naik bus ini untuk menuju ke LM
  • Dari JB CIQ ke LM biayanya sekitar RM2, tetapi jika dari JPO ke LM maka biayanya RM3. Bus ini beroperasi 6x perhari, jadi perhatikan benar-benar jam beroperasinya yah.

legoland

LM ini terletak di wilayah Nusajaya, Johor, Malaysia. Menurut berbagai sumber, ada sekitar 40 permainan, show dan atraksi yang bisa dinikmati para pengunjung LM. Letak LM menurut saya tidak jauh beda dengan letak JPO, sama-sama di lahan yang baru saja dibuka. Sehingga seperti letaknya in the middle of nowhere. Saat saya berkunjung kesana, walaupun sudah siang menjelang sore antrian orang yang membeli tiket masuk masih saja mengular naga. Maklum lah ya, masih baru jadi masih antusias sekali.

lego2

LM buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga jam 6 sore. Harga tiketnya adalah RM 140 untuk dewasa (umur 12-59tahun) dan RM 110 untuk anak-anak dan senior (umur 60 tahun keatas). Harga tiket ternyata lebih murah jika kita membeli online yaitu RM 105 untuk dewasa dan RM 85 untuk anak-anak dan senior. Ternyata ketika saya iseng-iseng coba booking online untuk LM. Harga murahnya berlaku untuk hari-hari tertentu saja. Jadi menurut saya, lebih baik booking online saja karena bisa dapat harga lebih murah dan tidak perlu bermandi keringat untuk mengantri.

lego1

Menurut websitenya, ada 7 area di taman bermain ini yaitu: Miniland,  The beginning, Imagination, Lego Technic, Lego Kingdoms, Land of adventure dan Lego City. Saya sendiri hanya sempat berfoto-foto saja di pintu gerbang karena saya harus kembali ke Singapura tepat pada waktunya. Theme park yang satu ini masih dalam tahap pembangunan dan pengembangan yah. Jadi jika ingin berkunjung saya sarankan tahun depan saja, saat pembangunannya sudah selesai (menurut info di beberapa website). Mari kita mengenang masa kecil. Hehehe…

ayu at lego

Untuk kembali ke JB CIQ, saya kembali naik taxi. Biayanya sekitar RM 30 dan langsung mengantri di Imigrasi. Antriannya cukup panjang sekali. Rupanya banyak juga yang berkunjung ke JB yah. Mungkin juga mereka orang singapura yang bekerja di JB. Pertanyaan paling absurd hari itu dari petugas imigrasi yang wajahnya cukup imut adalah:

“what is Galuh?”

“pardon me?”

(garuk-garuk jilbab)

“your name, what is galuh means?”

(senyum sok imut)

“hmmm… it’s a Javanese and Balinese common name. Not sure what’s the meaning of it”

(duh apa ya artinya)

“are you Balinese?”

(masih senyum sok imut dan saya sudah kebelet pipis)

“nope, can I go now?”

(saya galak deh)

“oke, sure.. galuh”

Dhuar!!! Ini pengalaman yang absurd banget setelah dulu di macau muka saya dibilang mirip buronan kurus dan laki-laki pula.

Keluar imigrasi, saya mengikuti petunjuk arah untuk yang menuju ke woodlands yang ternyata bermuara pada tempat pemberhentian bus yang membawa kita ke singapura. Nah ternyata setelah cari mencari, saya menemukan kendaraan yang membawa kita langsung ke Changi dengan biasa RM7 per orangnya. Kendaraannya seperti minivan begitu dengan seat 1-2, nyaman sekali. Akhirnya saya sampai di change tepat pada waktunya dan bisa bersantai-santai dulu menunggu flight ke Denpasar.

Happy traveling!

Note:

saat masuk ke border singapura lagi jangan lupa isi kartu embarkasi yah. Jadi siapkan bolpoint dan dokumen-dokumen penunjangnya lagi untuk berjaga-jaga jika diminta menunjukkan dokumen-dokumen tersebut.

  1. mba,saya ada rencana mau ke legoland brgkt dr spore. saya msh bingung dgn bus 170 itu hanya sampai woodlands saja stlh itu ganti cari bus lain menuju JB sentral atau kita turun di woodland untuk imigrasi check saja stlh itu naik bus yg sama dengan yang tadi menuju JB sentral, dan kalo sdh turun bus untuk imigrasi check apakah bayar lagi ketika naik stlh selesai imigrasi check?

    • hi mba aci,

      waktu naik bus kan nanti ditanya turun dimana dan kita akan disuruh membayar sesuai rutenya. Keluar dari imigrasi woodland nanti mba cari bus yang sama. Tunjukkan tiket tadi yang sudah dibayar. Jadi tiketnya jangan dibuang.
      Catat juga mba tadi naik bus apa, supaya tidak salah mengantri. karena ada jalur antriannya sendiri tiap-tiap bus-nya.

      Thank you

  2. Dear.mba ayu…saya berencana ke legoland dari changi, mohon infonya mbak mengenai transportasi dan perkiraan waktunya. Mba ayu menuju changi ada kendaraan minivan langsung dari woodland, kalau dari changi apakah ada kendaraan yang sama menuju woodland? atau ada transportasi lain menuju LM dari changi. terima kasih sebelumnya. (dili)

    • Terima kasih sudah mampir mba.

      Transport dari Changi ke JB CIQ (check point) ada mba yang model mini van exclusive begitu.
      Biayanya pun murah.
      Untuk info lengkapnya bisa cek ke http://www.transtar.travel/crossborder/
      Disana bisa lihat jadwalnya, biaya serta pick up point dimana.

      Naik MRT dari changi juga bisa. Dari Changi naik MRT ke Woodland. Setelah itu tinggal ikuti seperti yang saya tulis di blog ini.
      Setelah sampai JB CIQ bisa naik shuttle bus atau naik taxi. Pilih taxi merah karena tarifnya lebih murah (tawar).
      Semoga bisa membantu

      Happy traveling!

  3. Halo Mbak Ayu,
    Saya berencana mau ke JPO setelah dari Sentosa (kira2 kelar dari Sentosa jam 5), dan naik kreta k KL jam 23.30an dari JB Sentral, kira2 bs muat gak waktunya ya?
    Trus klo dari JPO k JB Sentral bisa naik bus juga? Bus no brp mbak?
    Terimakasih banyak Mbak Ayu

    • bisa muat kok waktunya. Dari JPO ke JB Sentral ada bus tetapi tidak selalu on time. jadi misalnya ingin cepat ke JB Sentral bisa naik taxi. Taxi warna merah lebih murah daripada taxi warna biru.

  4. Dear Mbak Ayu,
    Saya & keluarga rencananya mau berangkat ke Legoland & JPO melalui singapore PP… Untuk penulisan kartu imigrasi singapore, di bagian kolom:
    Last City & Next City, saya menulisnya (jakarta & jakarta / jakarta & johor bahru)?
    Begitu juga sebaliknya, begitu saya pulang dari johor bahru ke singapore,. Di kartu imigrasi menuju singapore, saya menulisnya (jakarta & jakarta / johor bahru & jakarta)?
    Length Of Stay, dikartu imigrasi johor bahru ke singapore, saya menulisnya berapa hari? (Rencanya begitu pulang dari legoland saya langsung ke changi airport).
    Terimakasih Sebelumnya…

    • Last city : Jakarta, Next city: Johor Bahru begitu pula sebaliknya.
      Length of stay dikosongi aja atau (-) kalau ditanya dijawab aja transit. Sediakan bukti tiket pesawat yang membuktikan hanya transit.
      Biasanya kalau ada yang tidak sesuai kita diminta menyediakan bukti2.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,044 other followers

